logo blog
Selamat Datang Di Blog KemejingNet
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog KemejingNet,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Cara Menulis Artikel Yang Enak Dibaca

KemejingNet - Cara Menulis Artikel Blog Yang Enak Dibaca. Setiap blogger atau penulis online pasti mempunyai gaya yang berbeda-beda dalam cara penulisan. Ada yang menggunakan gaya bahasa yang formal, dan ada juga yang menggunalan bahasa gaul dan bahkan ada juga yang menggunakan bahasa alay.

Sebenarnya memang tidak ada patokan khusus dalam menulis di media oline seperti blog, semua kembali pada style kita masing-masing dalam menggunakan gaya bahasa yang akan kita gunakan. Namun yang harus kita sadari adalah kita menulis bukan hanya untuk kita sendiri, melainkan untuk dibaca oleh orang lain.

Cara Menulis Artikel Blog Yang Enak Dibaca

Nah, karena kita menulis di blog itu bukan hanya untuk kita sendiri, alangkah baiknya apabila bahasa yang kita gunakan adalah bahasa yang umum saja sesuai dengan ejaan yang benar. Untuk membuat artikel yang enak dibaca, kuncinya hanya satu tempatkan diri kita sebagai pembaca bukan sebagai penulis.

Silahkan simak juga :  5 Manfaat Dari Menulis Artikel

Sekarang pertanyaanya adalah, seperti apa artikel yang enak dibaca itu?

Seperti apa yang telah saya katakan diatas, untuk membuat tulisan yang enak dibaca adalah dengan menempatkan diri kita sebagai pembaca bukan sebagai penulis. Sudah menjadi hal yang umum kalau budaya membaca di Negeri kita masih minim, oleh karena itu dalam membuat artikel harus diperhatikan ha-hal berikut  :

1. Buatlah Judul Artikel Yang Menarik
Judul yang menarik pasti akan membuat orang yang melihat menjadi tertarik untuk membaca artikel yang kita buat, maka buatlah judul artkel yang semenarik mungkin.

2. Isi Artikel Harus Relevan Dengan Judul
Point nomor dua ini sangat erat hubungannya dengan point no satu, Jangan pernah membohongi pembaca dengan membuat artikel yang heboh judulnya saja, namun isinya sangat tidak ada hubungannya dengan judul. Hal tersebut akan membuat pembaca merasa dibohongi dan itu sangat tidak baik buat situs kita karena pasti pembaca merasa kapok dan tidak akan pernah balik lagi membaca artikel kita.

3. Jangan Terlalu Panjang Membuat Kata Pengantar
Pada umunya orang browsing di internet adalah untuk mencari informasi sekaligus solusi tentang masalah yang dihadapi dengan cepat. Oleh karena itu hindari membuat artikel dengan kata pengantar yang panjang dan bertele-tele. Akan lebih bagus jika dengan kata pengantar yang sedikit dan langsung masuk ke inti persoalan.

4. Gunakan Paragraf Yang Pendek
Hindari menulis dengan paragraf yang panjang, maksimal empat, atau lima baris harus ganti paragraf. Paragraf yang panjang akan membuat mata pembaca menjadi cepat lelah dan juga membosankan. Bisa Anda banyangkan bila kita membaca artikel dengan jumlah kata 1000, namun ditulis haya dengan 3 paragraf saja, itu sangat membosankan untuk dibaca.

5. Gunakan Gaya Bahasa Yang Sederhana.
Gaya bahasa yang sederhana adalah gaya yang mudah difahami secara umum. Minimalkan pemakaian kata asing yang berlebihan kalau target pembaca kita adalah orang Indonesia. Pemakaian kata asing yang berlebihan malah akan membuat apa yang kita sampaikan sulit difahami oleh pembaca, karena belum tentu semua pembaca faham akan bahasa-bahasa asing.

6. Tulislah Artikel Dengan Rapi.
Ada beberapa poin yang  bisa kita lakukan agar artikel yang kita buat enak dipandang dan enak untuk dibaca, diantaranya : Buatlah Sub Judul, Gunakan Numbered List Atau Bullet List untuk point-point yang penting.

7. Sertakan Gambar Yang Menarik.
Sertakan gambar yang menarik untuk melengkapi artikel yang kita buat, menurut pendapat saya artikel tanpa gambar ibarat sayur tanpa garam, hambar rasanya.

Silahkan simak juga : 5 Situs Foto Gratis Untuk Download Gambar

8. Sertakan Link Menuju Artikel Lain Yang Relevan.
Menyertakan link tautan ke sebuah artikel lain pada artikel yang kita buat sangat bermanfaat bagi pembaca dan juga blog kita. Manfaat link tautan bagi pembaca adalah dapat membuat pembaca menemukan apa yang mereka cari dengan mudah. Selain itu dengan membuat link tautan ke artikel lain itu akan semakin membuat pembaca betah dan berlama-lama di blog kita.

9. Hindari Terlalu Banyak Kesalahan Ketik
Menghindari terlalu banyak kesalahan ketik juga akan sangat berpengaruh pada artikel yang kita buat. Memang kesalahan itu manusiawi namun bila terlalu banyak kesalahan ketik itu akan mempengaruhi makna dari apa yang kita sampaikan kepada pembaca.

Kesimpulan
Pada kesimpulannya kita membuat blog dan menulis itu untuk mendatangkan pengunjung untuk membaca artikel-artikel yang kita buat, oleh sebab itu sudah sepantasnya kita membuat artikel yang enak dibaca dan tentunya juga bermanfaat buat yang membaca.

Sebuah artikel yang terlalu mementingkan mesin pencari dan selalu mengulang-ulang kata kunci pasti akan terasa membosankan bagi yang membacanya.

Demikian beberapa point cara membuat artikel yang enak untuk dibaca, semoga apa yang saya sampaikan bisa bermanfaat terutama bagi pemula yang baru saja membuat blog dan belajar menulis secara online. Selamat berkarya dengan tulisab-tulisan yang bermanfaat.

Enter your email address to get update from KemejingNet.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

7 komentar

saya jd sadar kang. tulisan yg saya posting di blog kira" masuk kategori mana ya? alay, lebay, formal atau gauuul? :D haha
btw, tulisan mas rofi enak dibaca, santaii mengalirr apa adanyaaa

Balas

Bener juga ya kang ketika kita sedang menulis sebuah artikel anggap diri kita sebagai pembaca bukan sebagai penulis. dengan begitu kita akan tahu enak di baca atau engga? atau malah justru membosankan karena panjangnya tulisan ? terimakasih lho kang udah membuat saya sadar akan kesalhan yang satu ini :) semoga kedepannya bisa lebih baik lagi

Balas

yg sering aku alami itu poin yg no.3 mas, karena terlalu keasyikan nulis ehh, gak sadar kata pengantarnya terlalu panjang hehe

Balas

Kalau blog curhat gimana gan...

Balas

Alahmdulillah mas artikel di blog saya pada pendek paragrafnya bisa dibilang sih maksimalnya 5 baris dan tidak boleh lebih kalau saya mah, tapi alhamdulillah penemuan saya akhirnya okeh juga.

Balas

Nah, ini... saya baru belajar yang nomor 3, 4, dan 5. :)

Balas

Wah, saya masuk yang mana yak? Biasanya saya banyak pendahuluannya nih. Berarti belum bagus yak.

Balas

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda yang sesuai dengan topik, mohon maaf bila kadang telat berkunjung balik.

Maaf link hidup tidak akan tampil disini, berkomentar yang baik itu salah satu cara mendapatkan backlink yang baik.

Copyright © 2016. KemejingNet - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Modification by KemejingNet Proudly powered by Blogger