Manfaat Memakai Top Level Domain Dibanding Sub Domain


Manfaat Memakai Top Level Domain Dibanding Sub Domain. Ketika pertama kali orang membuat blog, kebanyakan dari mereka pasti menggunakan sub domain gratisan, entah itu di blogspot.com maupun wordpress.com. Hal demikian sangatlah lumrah karena saya sendiri sebelum menggunakan Top Level Domain sendiri juga menggunakan fasilitas gratis di blogspot.

Namun perlu diketahui, bagi Anda yang benar-benar ingin serius dalam mengelola blog yang Anda miliki, memakai Top Level Domain akan terasa sekali manfaat yang akan Anda rasakan dibading saat menggunakan sub domain, baik itu blogspot maupun wordpress.

Manfaat-Memakai-Top-Level-Domain-Dibading-Sub-Domain

Apakah Top Level Domain Itu?

Bagi Anda yang kebetulan baru terjun ke dunia blogging mungkin belum begitu faham apa itu Top level Domain. Top Level Domain adalah domain tingkat atas yang ditandai dengan ekstensi seperti .com, .gov, .org, .co, .net.

Kebanyakan, blog yang telah memiliki alamat Top Level Domain adalah blog yang telah dikelola secara konsisten dengan berbagai motivasi baik itu uang, pengunjung, fans, ataupun hal lainnya. Di dalam optimasi SEO pun banyak pakar yang merekomendasikan untuk menggunakan Top Level Domain karena akan mendapatkan posisi lebih kuat pada SERP dan lebih mudah dalam hal branding.

Saat ini Top Level Domain bisa didapat dengan harga yang sangat terjangkau, dengan jumlah uang dikisaran Rp 100-125 ribu per tahun Anda sudah bisa memiliki blog dengan akhiran .com. .net, .org, .co.id dan yang lainnya. Bagi Anda pemakai blogspot, Anda cukup membeli domainnya saja karena hosting, kita masih bisa nitip pada blogspot yang notabene masih dalam kendali google.

Manfaat Memakai Top Level Domain

Dengan memakai Top Level Domain, Anda akan mendapat berbagai manfaat yang bisa Anda rasakan setelah memakainya, adapun sebagai gambaran berikut ini beberapa point manfaat ketika memakai Top Leve Domain.

1. Mudah Diingat Orang.
Dengan memakai top level domain, otomatis nama alamat blog Anda akan semakin pendek karena embel-embel blogspot atau wordpres menjadi hilang. Sebagai contoh :  www,mysite,blogspot,com dengan www,mysite,com, tentu orang akan lebih mudah untuk mengingat alamat yang nomor dua daripada yang pertama.

Nama domain yang semakin pendek dan unik, tentu mempunyai nilai plus tersendiri bagi sebuah blog, karena nama yang pendek dan unik akan mudah diingat, sebagai contoh website-website besar dengan nama unik dan banyak trafficnya seperti kaskus.com, merdeka.com dan masih banyak lagi yang lainnya.

2. Artikel Akan Lebih Mudah Mendominasi SERP.
Blog yang telah memakai domai TLD, artikel-artikelnya akan mempunyai potensi dan mampu besaing untuk menempati posisi teratas di mesin pencari dan bisa mengalahkan jenis artikel yang sama yang dibuat oleh blog dengan sub domain gratis.

Sebenarnya blog gratisanpun bisa bersaing di halaman pencarian google maupun yang lain, namun disitu perlu keahlian khusus terutama dibidang SEO agar artikel mampu bersaing. Rata-rata blog dengan domain gratis yang mampu bersaing adalah dengan menerapkan strategi SEO dengan artikel yang memiliki jumlah kata yang banyak.

Lain halnya bila telah menggunakan Top Level Domain, artikel dengan jumlah kata yang sedikitpun sudah mampu untuk bersaing dengan blog lain asalkan kata kunci yang dibidik tepat.

3. Mudah Di Monetisasi Iklan
Untuk memonetisasi blog dengan berbagai iklan, terkadang dari pihak pengiklan sendiri mengharuskan sebuah blog telah memakai Top Level domain, walapun tidak semua pengiklan menerapkan kebijakan itu.

Begitu juga dengan google adsense, google adsense juga menerapkan sebuah kebijakan, yaitu apabila akun google adsense yang dimiliki oleh seseorang masih hosted, kode iklan hanya bisa dipasang di blog yang ber sub domain blogspot saja.

Lain halnya bila Anda mendaftar google adsense dengan menggunakan blog yang telah berdomain TLD. Bila Anda mendaftar adsense dan diterima dengan blog yang telah memakai Top Level Domain, akun adsense yang akan anda dapat adalah adsense Non Hosted, yang artinya sudah full approve dan Anda bebas untuk memasang iklan Anda di blog manapun serta video youtobe Anda.

Sedikit gambaran saja, bila Anda berkeinginan untuk berganti domain TLD, sebaiknya bila Anda belum diterima Adsense, lebih baik mendaftar adsense setelah berganti domain TLD saja, karena bila Anda mendaftar dengan sub domain akun yang akan Anda dapat adalah akun hosted.

Ketika nanti ada mengubah domain anda menjadi Top Level Domain Anda harus mendaftar kembali untuk mendapatkan akun adsense non hosted dan itu prosesnya lebih sulit dan itu artinya Anda harus bekerja dua kali.

Silahkan baca  : Bedaya Akun Adsense Hosted Dan Non Hosted 

4. Terlihat Lebih Profesional.
Blog yang telah menggunakan domain TLD akan tampak lebih keren dan profesional, hal ini dapat meningkatkan branding dari blog itu sendiri, karena seperti yang telah saya katakan diawal, sebuah blog yang telah memakai domain TLD pasti blog tersebut telah dikelola secara konsisten.

Tentunya masih banyak lagi manfaat yang bisa didapat dari memakai top level domain, namun 4 poin itu saja yang bisa saya jelaskan disini. Namun setiap orang memiliki pasti memiliki pandangan yang berbeda mengenai hal ini. Ada yang yang tetap nyaman memakai sub domain, namun ada pula yang lebih senang memakai Top Level Domain.

Bagi Anda yang berkeinginan untuk memakai Top Level Domain sebaiknya segeralah untuk memakainya sebelum blog Anda mempunyai traffic yang lumayan dan juga alexa yang ramping. Karena ketika berganti domain dari sub domain ke top level domain itu sama saja seperti kita membangun blog dari nol lagi.

Sebagai Catatan Penting
Kesuksesan sebuah blog tidak bisa diukur dari blog tersebut memakai Top Level Domain ataupun yang masih memakai gratisan, semua tergantung pada si pemilik blog itu sendiri bagaimana dalam mengelola blog yang dimilikinya.

Banyak juga blog yang masih memakai domain gratis namun juga bisa sukses, sebagai contoh, blognya Linda Ikeji blogger Nigeria itu juga sukses dengan blospotnya walaupun kini juga telah memakai Top Level Domain. Anda penasaran dengan blog Linda Ikeji, silahkan kunjungi lewat link ini http://www.lindaikejisblog.com/

Satu lagi blog Indonesia yang masih setia dengan blogspot namun artikelnya selalu nangkring di halaman pertama google adalah blog strukturkode.blogspot.com miliknya Mas Didin Ajidin.

Demikian mengenai Manfaat Memakai Top Level Domain Dibanding Sub Domain, namun semua terkembali pada diri kita masing-masing, apakah masih akan setia memakai sub domain ataupun memakai Top Level Domain. Sekian, semoga ada manfaatnya. Salam blogger and Happy Blogging.
Ada pertanyaan? Diskusikan dengan penulis atau pengguna lain
Tautan disalin ke papan klip!