Selalu Ditolak Adsense? Mungkin Ini Yang Harus Anda Lakukan

Selalu Ditolak Adsense? Mungkin Ini Yang Harus Anda Lakukan. Bagi para blogger yang kebetulan masih berjuang untuk mendapatkan akun adsense, pasti akan selalu mencari cara bagaimana agar permohonannya tidak ditolak lagi. Mungkin sebagian dari Anda malah binggung dengan banyaknya referensi yang Anda temukan.

Sebenarnya didalam email penolakan yang diterima dari google adsense sudah dijelaskan, kenapa blog yang didaftarkan belum memenuhi kriteria adsense. Terkadang disitulah hal yang kurang difahami oleh para blogger. Didalam email penolakan google menjelaskan apa-apa saja hal yang perlu diperbaiki sebelum mengajukan permohonan kembali.

Seperti yang saya sebutkan di awal artikel, Anda pasti  malah binggung ketika membaca banyak referensi yang Anda temukan, untuk itu sebaiknya Anda jangan percaya seratus persen tentang apa yang telah Anda baca, karena setiap blog belum tentu memiliki permasalahan yang sama mengenai kriteria penolakan.

Google Adsense

Berikut ini beberapa kriteria yang sering disebutkan diberbagai blog mengenai layak atau belum layaknya blog untuk daftar adsense.

1. Umur blog.
Banyak blogger yang mengatakan kalau untuk mendaftar google adsense blog harus sudah berumur lama. Apakah hal itu seratus persen benar? Jawabannya tidak juga, karena saat blog ini saya daftrakan ke google adsense umur blog ini baru 4 bulan lebih.

2. Jumlah Konten Yang Banyak.
Jumlah konten yang banyak juga menjadi salah satu kriteria yang sering disebutkan untuk daftar adsense. Namun itu juga ndak selamanya benar, karena blog ini diterima ketika kontennya baru sekitar 25 an.

3. Alexa Sudah Ramping.
Nilai alexa yang sudah ramping memang bagus untuk sebuah blog, namun untuk daftar google adsense kayaknya alexa juga tidak terlalu menjadi kriteria yang harus dipenuhi, buktinya blog saya ini diterima ketika angka alexanya masih diatas 1 jutaan lebih.

4. Jumlah Backlink Yang Banyak
Untuk memantapkan posisi blog di SERP, jumlah backlink memang sangat diperlukan, terutama backlink yang sehat, namun kalau untuk daftar adsense jumlah backlink rasanya juga tidak telalu berpengaruh. Buktinya saat daftar dan diterima jumlah backlink blog ini belum nyampai 10.

5. Jumlah Pengunjung.
Banyak yang mengatakan untuk daftar adsense blog harus banyak pengunjung terlebih dahulu, memang itu benar adanya terutama pengunjung organik yang datang dari seacrh engine bukan hasil dari blogwalking. Namun hal tersebut juga tidak harus dengan pengunjung yang mencapai 500 an lebih. Buktinya saat saya diterima blog ini hanya mempunyai pengunjung unik 50 dan kadang kadang 100 pengunjung, itupun tidak setiap hari.

Nah, dari kelima point diatas mungkin telah Anda temui artikelnya di blog lain yang juga membahas tentang bagaimana daftar google adsense. Kelima hal yang saya sebutkan diatas memang tidaklah salah, namun juga tidak seratus persen benar.

Lalu pertanyaanya, apa yang harus dilakukan agar permohonan tidak ditolak adsense?

Berikut ini ada beberapa point yang bisa Anda lakukan, ketika permohonan adsense Anda selalu ditolak. Namun saya juga tidak menjamin setelah Anda melakukan apa yang akan saya jelaskan dibawah lalu permohonan Anda akan diterima. Semua ini hanya sekedar referensi saja yang saya dapatkan ketika mendaftar adsense dan diterima.

1. Template Sederhana
Anda pasti tau kalau google itu suka akan kesederhanaan, untuk itu ketika akan mendaftar adsense sebaiknya gunakan template yang sederhana dan tidak terlalu banyak widget yang neko-neko pada blog Anda. Bila Anda ingin memasang widget cukup pasang profil G+ Anda, widget poplar pos dan juga arsip.

2. Artikel Original.
Point ini adalah hal yang harus benar-benar diperhatikan, jangan pernah buat artikel dari hasil copy paste dari web lain karena google tidak bisa ditipu. Selain itu artikel hasil copy paste apalagi yang tanpa diedit itu juga akan membahayakan blog Anda.

3. Optimasi On Page 
Optimasi on page adalah salah satu optimasi yang mesti dilakukan oleh blogger agar blog ramah dengan mesin pencar. Ada beberapa hal yang harus dilakukan diantaranya dengan memasang meta tag dan juga meta description. Mengenai Optimasi Onpage silahkan Anda baca artikel berikut ini Optimasi SEO Onpage Pada Blog.

4. Isi Situs Harus Layak Dan Mematuhi Kebijakan Google Adsense
Layak menurut google adsense adalah isi blog tidak melanggar kebijakan yang ada, misalnya pornografi, sara, serta hal-hal yang berbau narkoba maupun perjudian. Untuk itu jangan pernah mendaftarkan blog yang membahas tentang hal-hal yang saya sebutakan tadi.

5. Kesehatan Situs
Kesehatan itu penting, begitu pula dengan kesehatan sebuah situs, situs yang sehat adalah situs yang tidak memiliki penyakita, lalu apa penyakit sebuah situs itu?, Penyakit pada blog sering terjadi karena adanya error, yang sering terjadi adalah erro 404 situs tidak ditemukan dan juga terjadinya broken link.

Untuk mengecek kesehatan situs dan menghapus error 404 bisa dilakukan dengan membuka akun google webmastertool Anda dan menghapus error yang ada. Sedangkan broken link bisa terjadi dari sebuah komentar dari pengunjung Anda yang meninggalkan link di komentar blog. Bila link yang ditinggakan tidak akti maka akan terjadi broken link.

Mengecek kesehatan situs secara berkala itu sangat diperlukan, untuk itu usahakan minimal sebulan sekali kesehatan situs harus dicek, akan lebih bagus lagi bila dilakukan setiap 1 minggu sekali.

Silahkan baca :  6 Langkah Mudah Menghapus Error 404 Page Not Found

6. Perhatikan Masa Review
Masa review adalah masa dimana blog yang didaftarkan adsense akan ditinjau oleh tim google adsense. Pada masa ini usahakan untuk selalu update artikel yang segar dan juga original, alan lebih baik bila pada tahap ini Anda bisa update artikel lebih dari satu disetiap harinya sampai dengan permohonan Anda diterima.

Pada masa tahap review ini kebanyakan adalah hal yang kurang diperhatikan oleh banyak blogger. Usahakan pada saat tahap review Anda jangan mengutak-atik template Anda, apalagi sampai menggantinya dengan template yang baru.

7. Struktur Navigasi Blog Yang Baik
Dalam penolakan adsense sering juga disebutkan "Maaf permohonan adsense Anda ditolak, karena situs Anda tidak memiliki struktur navigasi yang jelas" Struktur navigasi blog adalah adalah alur atau rancangan yang ada pada sebuah blog yang saling berkaitan antara link yang satu dengan link yang lainnya.

Sebagai contoh stuktur navigasi adalah widget popular pos, arsip blog dan juga sub judul yang ada dalam setiap artikel. Dengan adanya struktur navigasi yang ada pada blog, pengunjung akan dengan leluasa untuk menjelajahi blog Anda.

Dari ketujuh point yang saya sebutka diatas, mungkin salah satunya yang menjadi penyebab belum diterimanya permohonan Anda oleh google adsense. Untuk itu Anda bisa mencoba untuk melakukannya seblum blog Anda didaftarkan kembali.

Seperti apa yang telah saya utarakan sebelumnya, semua hal tersebut tidaklah bisa menjadi patokan untuk diterimanya permohonan Anda, karena selain faktor luck, segala kebijakan diterimanya permohonan adsense adalah ditangan tim adsense itu sendiri.

Demikian apa yang bisa saya sampiakan mengenai Apa yang harus Anda lakukan saat ditolak adsense terus-menerus, semoga apa yang saya sampaikan bermanfaat, tentap semangat walau blog tanpa adsense. Salam blogger and Happy blogging.

Ada pertanyaan? Diskusikan dengan penulis atau pengguna lain
Tautan disalin ke papan klip!