logo blog
Selamat Datang Di Blog KemejingNet
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog KemejingNet,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

11 Negara Ini Memiliki Waktu Puasa Terlama Di Dunia

KemejingNet - 11 Negara Ini Memiliki Waktu Puasa Terlama Di Dunia. Tidak terasa bulan ramadhan tahun 2016 ini sudah memasuki hari ke 7. Bagaimana dengan puasa Anda semua, maslih lancarkah?. Semoga masih lancar dan tetap sehat sampai lebaran tiba.

Taukah Anda kalau di beberapa Negara di eropa waktu puasanya lebih lama dibandingkan di Negara kita Indonesia. Di Indonesia waktu puasa kurang lebih 13 jam. Namun di beberapa negara eropa ada yang memiliki waktu puasa sampai 22 jam.

Berikut ini 11 Negara yang memiliki waktu puasa terlama di dunia yang berhasil kemejingnet kumpulkan dari berbagai sumber :

Masjid Termegah Di Rusia


1. Islandia - 22 Jam
Negara pertama yang memiliki waktu puasa terlama adalah Islandia. Umat muslim di Islandia harus makan sahur pada pukul 2 dini hari dan baru berbuka pada tengah malam pukul 00. Menurut liputan6.com, saat ini umat muslim yang ada di Islandia hanya beranggotakan 770 orang. Hal tersebut membuat negara kepulauan yang berada di jantung Atlantik itu sebagai negara dengan penduduk muslim terkecil di dunia.

2. Swedia - 20 Jam
Urutan kedua ditempati oleh Swedia. Umat muslim di swedia  termasuk yang paling kuat di dunia. Saat bulan Ramadan jatuh pada musim panas, maka mereka harus berpuasa selama lebih dari 20 jam. Jumlah umat muslim di Swedia sekitar 500.000 orang, atau sekitar 5 persen dari total populasi yang ada. Warga negara di Swedia termasuk sangat toleransi terhadap umat muslim. Di Swedia tercatat ada 16 jumlah Masjid yang tersebar di berbagai kota besar.

3. Denmark - 20 Jam
Denmark juga memiliki waktu puasa lama yaitu 20 jam. Denmark dan Islandia adalah negara-negara yang terletak di bumi belahan utara sehingga memiliki panjang siang malam bervariasi. Hal inilah yang membuat waktu berpuasa di Denmark mencapai 20 jam.

Jika bulan puasa tiba di musim panas, matahari Denmark akan terbit pada pukul 02.15 dan baru akan terbenam pada pukul 22.00. Untuk itu, jika Anda kebetulan berpuasa di Denmark, Anda harus siap bersantap sahur pada pukul 01.00 dan baru boleh berbuka pada pukul 21.00 malam. bagaimana Anda Sanggup?

4. Rusia - 19 Jam 57 Menit 
Bagi umat muslim Indonesia tentu menjadi hal yang berat jika harus berpuasa di Rusia. Salah satu provinsi yang memiliki umat muslim terbesar di Rusia adalah Provisi Provideniya. di provinsi ini, Anda akan bangun dan santap sahursahur pada pukul 01.46 dini hari.

Waktu puasa di rusia hanya selisih 3 menit dari waktu di Denmark. Saat berpuasa di Rusia, Umat muslim harus menahan lapar dan dahaga selama 19 jam 57 menit. Itu artinya Anda baru boleh berbuka puasa saat adzan Maghrib berkumandang pukul 21.43 malam.

5. Alaska - 19 Jam 45 Menit
Umat muslim di Alaska terdapat sekitar 3000. Alaska merupakan Negara bagian AS. Umat muslim di Alaska kebanyakan bermukim di Anchorage. Sebenarnya umat muslim Alaska memiliki waktu berpuasa sekitar 19 jam jika menggunakan waktu lokal. Namun sebagian umat muslim disana menjalankan puasa dengan berkiblat pada waktu Arab Saudi, yang berarti baru akan berbuka pada pukul tujuh malam.

6. Jerman - 19 Jam
Umat muslim d Jerman berjumlah jutaan, kebanyakan muslim di Jerman berasal dari Afrika Utara dan juga Turki. Umat muslim di Jerman akan berpuasa selama 19 Jam, yaitu dari pukul setengah empat pagi hingga jam sepuluh malam. Karena kebanyakan umat musli di Jerman berasal dari Turki tradisi makanan sahur dan berbuka di sini hampir mirip dengan di Timur Tengah. Seperti halnya negara-negara lain umat muslim di Jerman akan melaksanakan sholat tarawih setelah berbuka puasa.

7. Inggris - 18 Jam 55 Menit
Inggris memiliki jumlah penduduk muslim sekitar 2,7. Negaranya Ratu Elizabeth ini juga memiliki waktu terlama dalam berpuasa yaitu 18 jam 55 menit. Karena Inggris termasuk memiliki waktu lama dalam berpuasa, Komunitas muslim disana bahkan menganjurkan kepada umatnya untuk selalu menjaga kesehatan agar puasanya tetap lancar.

8. Kanada - 17 Jam 7 Menit
Kaum muslim di Kanada akan mulai berpuasa jam tiga pagi, warga muslim di Kanada harus kuat bertahan selama 17 jam 7 menit sebelum saat berbuka puasa tiba. Jumlah umat musli di Kanada Saat ini tercatat ada sekitar satu juta. Umat muslim di Kanada kebanyakan bermukim di kota Toronto, sehingga menjadikan kota tersebut sebagai kota dengan tingkat kepadatan penduduk muslim terbesar di Amerika Utara.

9. Turki - 17 Jam 5 Menit
Negara yang berada di benua Asia dan Eropa ini juga memiliki waktu yang lama dalam berpuasa yaitu 17 jam 5 menit. Karena masih berbau Asia, bulan Ramadhan di Turki memiliki suasana yang hampir mirip di Indonesia.

Baru saat menjelang berbuka warga akan terbiasa berkumpul di restoran dan Masjid yang berada di setiap suduk kota Turki. Seperti halnya di Indonesia, pada saat jelang sahut tiba akan ada banyak orang yang berkeliling membangunkan sambil menabuh bedug.

10. Amerika Serikat 16 jam 
Waktu berpuasa di Amerika Serikat juga lebih lama bila dibandingkan dengan di Negara kita Indonesia. Di negara paman sam ini, umat muslim akan melaksankan ibadah puasa selama  16 jam.

11. Jepang 15 Jam 37 Menit 
Umat muslim yang berada di negara matahari terbit, akan melaksanakan ibadah puasa selama 16 jam 37 menit. Selain memiliki waktu berpuasa yang cukup lama, bagi Anda yang akan berpuasa di Jepang, biasanya akan cukup kesulitan untuk menemukan restoran yang menjual makanan halal.

Baca juga : 10 Pulau Terbesar Di Dunia 3 Diantaranya Di Indonesia

Jika Anda kebetulan menjalani puasa di Jepang, Anda akan memulai puasa pada pukul 03.11. Kalau di Indonesia jam segitu kita baru akan memulai santap sahur. Setelah imsak terdengar saat dini hari, Anda akan menahan lapar dan dahaga sampai menjelang Isya di Indonesia yakni pada 18.47 malam.

Nah, itulah 11 Negara yang memiliki waktu puasa terlama di dunia. Masih beruntung kita di Indonesia hanya akan menahan lapar dan dahaga selama 13 jam, bisa dibayangkan kalau kita berpuasa di Islandia dan Swedia juga Denmark yang sampai 20 Jam.

Untuk itu, laksanakanlah ibadah puasa dengan ikhlas, dan kita juga patut bersyukur karena hidup di Negara dengan waktu berpuasa yang tidak terlalu lama. Demikian Salam.

Sumber  :

  • tribun-timur.com
  • liputan6.com

Enter your email address to get update from KemejingNet.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

11 komentar

Aamiin. Alhamdulillah kabar kami baik dan sehat mas Isrofi.
Wah, berarti kita beruntung ya mas, puasanya hanya sekitar 13 jam?.

Balas

Alamdulilah Mas Syamsu kalau sehat.
Iya mas, Coba kalau kita berpuasa di Islandia atau Swedia, kalau belum terbiasa pasti klenger mas. Tapi semua juga tergantung niat yah.

Balas

Ahaaa, kan kalau memang kita terlahir di sana kayaknya ya ga jadi masalah ya mas?. Yang jadi persoalan kita lahir di sini tapi puasa di sana. Berbeda jika kalau orang sana puasa di Indonesia, wah kayaknya mereka merasa ringan banget dalam menjalankan ibadah puasa Ramadhan.

Balas

Bisa dibayangin kaya apa ya....jika warga muslim Indonesia ngikutin waktu puasa seperti ummat muslim pada negara tersebut diatas...mungkin pada jatuh pingsan...kali ya mas....

Balas

Seberapa lama waktu puasa yang telah di tetapkan kita tetap harus mampu menjalaninya...karna ibadah yang kita jalani akan berbuah manis kelak amiin...

Balas

loh rupanya beneran ya mas, kmren sih adik cerita aku nya kurang percaya. haha :D
oemsyong, kuat bgt ya mreka sampai 22 jam..
org eropa kan badannya tinggi", tegap, besar dan bugar" ya mas mgkn faktor daya tahan tubuh mreka sanggup hingga selama itu ya.

Balas

Haduhh saya saja sebagai orang indonesia dengan waktu puasa kurang lebih 13 jam sudah kewalahan apalagi hari pertama rasanya lemes banget :( gimana kabarnya kalau saya tinggal di negara lain ya yang waktu puasanya nyampe 20 jam :D

Balas

Patut kita syukuri mas kita hidup di Indonesia dengan lama waktu puasa hanya 13 jam.
Tp kalau di Islandian dan juga Swedia mungkin mereke juga udah terebiasa.

Balas

Selain faktor daya tahan tubuh yang kuat, faktor biasa juga menentukan. Coba kalau kita yang puasa disana.

Balas

Semua tinggal dari kebiasaan mas, mungkin kalau dah terbiasa juga akan tetap enjoy aja :D

Balas

Wahhh... tak kebayang gimana rasanya berpuasa di negara yang waktu puasanya sangat lama, ya, Mas.
Tapi, kalau tidak salah, ada fatwa juga bagi muslim yang berada di negara2 dg waktu puasa yg sangat panjang, bisa mengikuti waktu puasanya syari'at di turunkan, yaitu mengikuti Mekah atau Madinah.
Terlepas dari hal itu, kita patut acungi jempol untuk mereka yg berpuasa di negara2 itu, ya, Mas...

Balas

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda yang sesuai dengan topik, mohon maaf bila kadang telat berkunjung balik.

Maaf link hidup tidak akan tampil disini, berkomentar yang baik itu salah satu cara mendapatkan backlink yang baik.

Copyright © 2016. KemejingNet - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Modification by KemejingNet Proudly powered by Blogger