logo blog
Selamat Datang Di Blog KemejingNet
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog KemejingNet,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Cara Membuat Gambar Kartu Lebaran Sederhana Dengan Photoshop

KemejingNet - Cara Membuat Gambar Kartu Lebaran Sederhana Dengan Photoshop. Tidak terasa bulan ramadhan 2016 ini sudah memasuki hari ke 15 itu artinya 2 minggu lagi kita semua umat muslim akan merayakan lebaran.

Hara Raya Idul Fitri atau Lebaran sangat identik dengan saling meminta maaf, baik itu dengan keluarga, sanak saudara, kerabat mapun sesama teman kerja hal tersebut dilakukan dengan saling kunjung kerumah masing masing.

Namun bagi yang terpaut oleh jarak, biasanya moment lebaran sering dilakukan dengan saling kirim kartu lebaran. Dijaman yang semakin canggih ini berkirim kartu lebaran tidak perlu lewat kartu pos lagi tapi lebih simple dengan mengirik gambar kartu lebaran BBM.

Cara Membuat Gambar Kartu Lebaran Sederhana Dengan Photoshop

Banyak gambar kartu lebaran yang bisa di download di dunia maya untuk sekedar saling kirim gambar lewat BBM, tapi akan lebih menarik jika kita bisa membuatnya sendiri. Membuat gambar kartu lebaran sendiri tentu gambar yang kita punya tidak akan ada duanya karena gambar kita desain sendiri, dan hal itu bisa dilakukan sesuka hati kita dalam membuatnya.

Berikut ini KemejingNet akan berbagi, bagaimana cara membuat gambar kartu lebaran sederhana dengan photoshop.

Bahan dan Alat  :

1. Aplikasi photoshop, terserah mau CS3,CS4,CS5,dan CS6 juga sama saja.
2. Gambar yang nantinnya sebagai background kartu lebarannya.
3. Gambar ketupat format PNG. Silahkan Download DISINI

Langkah Pertama
Setelah bahan-bahan siap, silahkan buka aplikasi photoshop Anda dan buat lembar kerja baru dengan cara klik file -> New atau CTRL+N, Sebelum Anda membuat lembar baru sebaiknya sesuaikan background colornya dengan gambar yang akan Anda gunakan. Jika gambar yang Anda gunakan mempunyai background hitam silahkan seting pada foreground dan bigroundnya seperti berikut. Klik foureground color - > pilih warnanya, lihat gambar dibawah.

Cara Membuat Gambar Kartu Lebaran Sederhana Dengan Photoshop

Setelah mengatur foreground dan backgrounya seperti gambar diatas, silahkan buat lembar kerja baru, caranya seperti yang telah saja jelaskan diatas. Atur setingannya seperti gambar berikut.

Cara Membuat Gambar Kartu Lebaran Sederhana Dengan Photoshop

Langkah Kedua
Setelah lembar kerja terbuat, kini saatnya memasukkan gambar yang akan di jadikan background kartu lebarannya. Sebagai bahan disini saya menggunakan gambar daun yang ada embunnya dan memiliki background hitam. Silahkan klik file -> Place -> pilih gambar di komputer Anda lalu pace.

Masih dilangkah kedua, setelah gambar masuk ke lembar kerja, sesuaikan lebar dan tinggi gambar dnegan cara klik dan tahan pada ujung gambar lalu tarik perlahan, sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Setelah sesuai lalu klik kanan dan place.

Cara Membuat Gambar Kartu Lebaran Sederhana Dengan Photoshop

Langkah Ketiga
Pada langkah ketiga ini adalah memeberi efek pada gambar background yang nantinya akan menjadi kartu lebaran.
I. Pilih efek yang dibutuhkan.
II. Klik kanan pada layer gambar lalu klik Blending Option.
III. Seting Blending Option, Hilangkan tanda centang pada Gradient Overlay, dan beri centang pada Drop Shadow, Outer Glow dan Inner Glow.

Cara Membuat Gambar Kartu Lebaran Sederhana Dengan Photoshop

Langkah Kelima
Sebelum kita memasukkan kata dalam gambar agar menjadi kartu lebaran potong terlebih dahulu gambar dengan menggunakan Crop Tool sehingga hasilnya seperti berikut ini.

Cara Membuat Gambar Kartu Lebaran Sederhana Dengan Photoshop

Langkah Keenam
Langkah keenam adalah saatnya membuat kata-kata ucapan, caranya silahkan klik huruf T pada bilah samping menu, pilih Horisontan Type Tool, lalu klik dan tahan pada gambar dan tarik untuk membuat lembar tulisan.

Langkah Ketujuh
Disini saatnya untuk menambahkan gambar ketupat, caranya klik file -> place pilih gambar ketupat dengan format PNG yg telah Anda download, sesuaikan lebarnya seperti saat Anda memasukkan gambar background.

Baca Juga  : Cara Membuat Banner Iklan Animasi Dengan Photoshop

Tambahkan teks lagi bila perlu di bagian bawah, dan hasil akhirnya bisa Anda lihat pada gambar nomor satu dalam artikel ini. Selamat mencoba, bila Anda melakukan langkah-langkah diatas dengan benar, pasti gambar kartu lebarannya akan lebih bagus dari yang saya buat. selamat mencoba. Salam blogger.

Enter your email address to get update from KemejingNet.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

11 komentar

mantap mas keren hasilnya nih, wih udh postingan tentang Lebaran aja. :)

Balas

Sangat Creatife dan membantu

Balas

wah hasilnya keren banget itu mas, bisa saya coba praktekin nie mas, cuma saya photoshopnya masih versi jadul mas photoshop 7 bisa gak yah?

Balas

Bisa aja Kang Marnes, silahkan dicoba, lama ndak jumpa di dumay yah, gimana kabar Mas.

Balas

Wah hasilnya keren mas. Sayang sampai saat ini saya masih belum bisa menggunakan potosop. Cuma di install di laptop, tapi gak pernah dipakai. gak bisa pakainya hehehe

Balas

Maksih kang, masih dalam tahap belajar juga saya. Saya aja modal otodidak Kang belajar photoshop sambil nyari referensi di blog lain dan dipraktekkan.

Balas

Ok, bisa pesan kok, gambar kartu lebarannya :D

Balas

Matur suwun, moga bermanfaat.

Balas

Saya juga idem dengan Mas Dwi Yulianto; ada programnya tapi belum bisa mengoperasikan. Bismillah, semoga ada waktu buat belajar otodidak seperti Mas Isrofi. :)

Balas

kemarin nyobo belum kalar,hari ini nyoba akhirnya bisa, dapet elmu potosop lagi

Balas

membuat kartu seperti ini butuh konsentrasi dan ketelatenan yang penuh kang agar mendapat hasil yang maksimal :) kang Isrofi kreatif :)

Balas

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda yang sesuai dengan topik, mohon maaf bila kadang telat berkunjung balik.

Maaf link hidup tidak akan tampil disini, berkomentar yang baik itu salah satu cara mendapatkan backlink yang baik.

Copyright © 2016. KemejingNet - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Modification by KemejingNet Proudly powered by Blogger