Cara Menjaga Akun Media Sosial Agar Tetap Aman

KemejingNet - Cara Menjaga Akun Media Sosial Agar Tetap Aman. Pada era yang serba digital saat ini, siapa sih yang tidak mempunyai akun media sosial, entah itu akun google, facebook, twitter ataupun yang lainnya. Bagi Anda yang memiliki akun medsos, prioritas yang perlu Anda perhatikan adalah keamanan. Pada situs Google Webmaster nya, Google mengatakan, selama tahun lalu Google telah melihat peningkatan sebesar 180% jumlah situs yang mendapatkan hacked.

Untuk menjaga agar akun media sosial anda tetap aman dari hal-hal yang saya sebutkan diatas, sebaiknya Anda selalu mengontrol kemanan akun Anda secara teratur, terutama jika Anda menemukan ada perubahan pada akun yang tidak Anda lakukan.

Cara-Menjaga-Akun-Media-Sosial-Agar-Tetap-Aman

Berikut ini beberapa tips dasar yang perlu diterapkan untuk menjaga akun agar tetap aman.

1. Gunakan Kata Sandi yang Rumit.
Membuat password yang sulit ditebak atau crack sangatlah penting untuk melindungi situs media sosial Anda. Misalnya, kata sandi Anda mungkin berisi campuran huruf, angka, simbol, atau menjadi passphrase. Kata panjang adalah penting. Semakin panjang password Anda, semakin sulit akan ditebak.

2. Selalu Lindungi Kata Sandi Anda.
Jangan pernah memasukkan kata sandi setelah mengikuti tautan pada email dari situs tidak yang tidak tepercaya. Selalu buka langsung mail.google.com atau accounts.google.com/Login.

3. Terapkan Verifikasi 2 Langkah.
Anda juga harus mengaktifkan Verifikasi 2 langkah untuk semua akun media sosial yang Anda miliki. Hal ini dapat meningkatkan keamanan akun Anda dan melindungi Anda dari berbagai serangan akun. menambahkan lapisan keamanan ekstra ke akun dengan mengharuskan masuk ke akun Anda dengan kode (sandi Anda) yang dikirimkan ke nomor ponsel Anda yang telah terdaftar.

4. Lakukan pembaruan sistem operasi dan browser secara teratur.
Salah satu cara yang paling umum bagi hacker untuk berkompromi di situs media sosial Anda adalah melalui perangkat lunak yang tidak aman di situs Anda. Lakukan pemeriksaan secara berkala pada situs Anda untuk selalu memperbarui perangkat lunak yang telah kadaluwarsa. Pastikan Anda telah menyetel komputer untuk memperbarui secara otomatis sistem operasi dan browser Anda. Jika Anda menerima pemberitahuan untuk memperbarui, segera laksanakan.

5. Jika Anda mengunakan komputer secara publik, ada baiknya lakukan langkah-langkah berikut ini  :
  • Selalu keluar dari akun media sosial. Cukup klik nama atau alamat email di bagian atas laman, dan pilih Keluar 
  • Hapus formulir, sandi, cache, dan cookie di browser scra teratur 

Baca juga  :  Cara Mengganti Nama Profil Facebook Sebelum Batas 60 Hari

Sebaiknya lakukan langkah-langkah ini sesering mungkin, apalagi jika Anda memperhatikan ada perilaku yang mencurigakan di komputer, misalnya komputer Anda lambat. Untuk kiat selengkapnya tentang keamanan saat online, silahkan kunjungi Pusat Keamanan Google. Semoga Bermanfaat.

Ada pertanyaan? Diskusikan dengan penulis atau pengguna lain
Tautan disalin ke papan klip!