Hiperemesis Gravidarum Gejala Pada Ibu Hamil Muda

KemejingNet - Hiperemesis Gravidarum Gejala Pada Ibu Hamil Muda. Pada dasarnya suatu kehamilan adalah hal yang sangat didambakan oleh pasangan suami istri. Sebuah kehamilan akan sangat menjadi sebuah kebahagiaan bagi pasangan suami istri, manakala tidak terjadi sesuatu pada kehamilan tersebut, walaupun kehamilan sebenarnya adalah sesuatu yang wajar, namun terkadang juga bisa terjadi masalah yang membuat kita menjadi gelisah.

Pada kesempatan ini saya akan berbagi sebuah pengalaman saat memeriksakan istri saya yang hamil, kebetulan ada sedikit keluhan yang dirasakan istri saya yaitu mual dan sering muntah pada pagi hari. dan berikut ini penjelasan yang saya dapat dari Dr. Hidayat. Seorang dokter spesialis kandungan di daerah saya. Menurut bahasa medis, mual dan muntah dinamakan Hiperemesis Gravidarum.

Hiperemesis Gravidarum Gejala Pada Ibu Hamil Muda

Hiperemesis Gravidarum adalah suatu keadaan dimana wanita hamil pada trimester satu mengalami perasaan, mual dan muntah yang sering terjadi pada pagi hari atau kadang timbul setiap saat atau malam hari. Keadaan ini terjadi 60-80 % pada wanita hamil pertama dan 40-60 % pada kehamilan selanjutnya.

Penyebab dari keadaan ini adalah karena meningkatnya kadar hormon Estrogen dan HCG dalam serum, atau mungkin karena sistem saraf pusat pengosongan lambung yang berkurang. Faktor psikologi akan lebih dominan. Gejala ini bagi yang berat bisa berlangsung hingga 4 bulan, keadaan ini terjadi 1 diantara 1000 wanita hamil.

Gejala-gejala dan tanda Hiperemesis Gravidarum ada 3 tingkatan

Tingkat I
  1. Muntah terus-menerus dan mempengaruhi keadaan umum.
  2. Merasa Lemah.
  3. Nafsu makan tidak ada.
  4. Berat badan menurun.
  5. Nyeri pada daerah lambung.
  6. nadi meningkat sekitar 100/menit.
  7. Tekanan darah kadang menurun.
  8. Turgor/kelenturan kulit mengurang.
  9. Lidah mengering dan mata cekung.
Tingkat II
  1. Wanita hamil tersebut tampak lemas dan apatis.
  2. Turgor kulit lebih mengurang.
  3. Lidah kering dan tampak kotor.
  4. nadi kecil dan cepat, tekanan darah menurun.
  5. Berat badan turun dan mata cekung.
Tingkat III
  1. Keadaan umum lebih parah.
  2. Muntah berhenti.
  3. Kesadaran menurun.
  4. Nadi kecil cepat, tekanan darah menurun.
  5. Bisa terjadi komplikasi pada pusat susunan saraf akibat kekurangan vit. B.
Baca Juga  :  Ramuan Herbal Untuk Kelancaran ASI
Menurut Dr. Hidayat. untuk mendiaknosa Hiperemesis Gravidarum dapat dilihat dari gejala wanita hamil sering munta-muntah dan mual-mual terus menerus sehingga sanggat mempengaruhi keadaannya. Hiperemesis Gravidarum yang terus menerus dapat menyebabkan kekurangan makanan yang dapat mempengaruhi perkembangan janin, sehingga pengobatan perlu segera diberikan.

Pencegahan Hiperemesis Gravidarum dapat dilakukan dengan
  1. Mengubah pola makan dengan porsi kecil tapi sering.
  2. Pada saat bagun pagi usahakan jangan segera turu dari tempat tidur, usahakan makan roti kering dan teh hangat.
  3. Menghindari makanan berlemak dan berbau.
  4. Makanan disajikan saat panas atau sangat dingin.
  5. Diajutkan makanan yang mengandung gula untuk mengindari kekuranga karbohidrat.
  6. Pengobatan dengan vitamin B1 dan B6. Kalau Hiperemesis Gravidarum lebih berat sgeralah dibawa kerumah sakit.
  7. Kebutuhan cairan sekitar 2 liter perhari harus tercukupi dengan cara minum, makam sop, air tajin, jus buah dan lainnya.
Sangat disarankan bagi wanita yang mengalami Hiperemesis Gravidarum pada tingkat awal disarankan untuk segera periksa ke tempat ppelayanan terdekat, baik itu poliklinik, puskesmas atau tempat-tempat pelayanan dokter dan bidan praktek yang ada. Kalu memang diperlukan bisa langsung dilakukan rujukan perawatan di rumah sakit.

Perlu pembaca ketahui, disini saya bukanlah seorang ahli kesehatan, ini saya sampaikan berdasarkan pengalaman pribadi saya, dan atas petunjuk yang saya terima dari dokter spesialis kandungan. Demikian yang bisa saya sampaikan tentang Hiperemesis Gravidarum, semoga bisa bermanfaat.

Ada pertanyaan? Diskusikan dengan penulis atau pengguna lain
Tautan disalin ke papan klip!