logo blog
Selamat Datang Di Blog KemejingNet
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog KemejingNet,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Kriteria Memilih Template Blog Yang Baik Untuk Digunakan

Dalam mengelola sebuah blog hal terpenting adalah konten yang berkualitas. Namun ada hal yang perlu juga untuk diperhatikan, yaitu tampilan blog atau template yang digunakan. Sebagus apapun konten yang dibuat akan tetapi tampilan blog atau template yang digunakan berantakan tentu pengunjung akan bosan melihatnya.

Kriteria Memilih Template Blog Yang Baik Untuk Digunakan bisa dibilang gampang-gampang susah, disinilah yang nantinya akan menjadi faktor penentu image dari sebuah blog. Blog yang sering bergonta-ganti template tentu kurang bagus dan tidak memiliki image yang bagus, baik itu dimata pengunjung maupun search engine.

Kriteria-Template-Yang-Baik

Untuk itu sebelum menentukan untuk memakai sebuah template, sebaiknya pertimbangkan terlebih dahulu apakah template yang dipilih adalah template yang benar-benar baik atau tidak. Ada tiga kriteri yang bisa digunakan untuk menentukan sebuah template itu baik atau tidak. Tiga kriteria template yang baik untuk blog adalah Responsive, User Friendly, dan juga Fast Loading.

Silahkan baca juga :  4 Blog Dengan Gudang Template Terbaik

Sekarang kita bahas sama-sama ketiga kriteria template yang baik tersebut

1. Responsive
Template responsive adalah template yang bisa menyesuaikan tampilan di semua layar. Seperti kita ketahui saat ini sebagian pengguna internet telah banyak yang menggunakan smartphone dan tablet, untuk itu tampilan sebuah halaman yang responsive sangat diperlukan agar kita tidak kehilangan pengunjung yang menggunakan perangkat mobile.

Sebelum kita download sebuah template dan kita gunakan untuk blog kita, ada baiknya template dicek terlebih dahulu apakah resposive atau tidak. Ada beberapa situs yang bisa kita gunakan untuk menentukan sebuah template tersebut responsive atau tidak.

Untuk mengecek sebuah tempalate rsponsive atau tidak kita bisa menggunakan situs troy.labs.daum.net. Disini kita bisa mengecek template dengan berbagai tampilan perangkat mobile yang ada saat ini.

Kriteria-Template-Yang-Baik


Dari google sendiri kini telah hadir tool testmysite.thinkwithgoogle.com dimana kita bisa mengecek mobile friendly sebuah template dan juga kecepatan loading sebuah template sekaligus, apabila nilai yang didapat semua dalam angka diatas 80 an keatas itu artinya template tersebut layak untuk dipilih dan digunakan.

Namun terlepas dari itu hasil yang didapat dari tool-tool tersebut, semua tergantung pada pribadi blogger masing-masing dalam memilih sebuah template.

2. SEO Friendly Dan User Friendly.
Tempalte SEO friendly adalah template yang memiliki struktur data yang bagus, template jenis ini akan mempunyai pengaruh yang besar dalam menentukan posisi sebuah blog di SERP. Untuk mengecek SEO sebuah template Anda bisa mengunjungi situs chkme.com/page-seo-tools.

Silahkan ketikkan url blog Anda dan klik chek. bila seo skor template 100% itu artinya template tersebut memiliki struktur data yang bagus.

Kriteria-Template-Yang-Baik

Template User Friendly adalah template yang memiliki tampilan yang simpel dimana template memiliki warna yang tidak membuat mata pengunjung sakit melihatnya. Selain itu template user friendly juga sangat disukai oleh google, template user friendly biasanya memiliki tampilan yang sederhana dan enak dipadang serta rapi sehingga pengujung akan betah di blog Anda.

3. Fast Loading
Salah satu kriteria SEO sebuah template adalah dari segi loadingnya. Template yang memiliki loading yang cepat sangat bagus bila digunakan. Sebuah halaman yang bisa di load dengan cepat tentu akan membuat pengguna tidak menunggu lama dan juga hemat kuota.

Sudah bisa dipastikan apabila pengunjung akan menutup sebuah halaman  jika halaman web tersebut tidak bisa di load dalam waktu kurang dari 3 menit. Untuk itu dalam memilih sebuah template yang baik, perhatikanlah segi loadingnya.

Ada beberapa tool yang bisa digunakan untuk mengecek speed sebuah template dan salah satunya telah saya sebutkan dalam point pertama yaitu tool dari google testmysite.thinkwithgoogle.com. Dan satu lagi tool yang bisa Anda gunakan untuk mengetes speed sebuah template yaitu GTmetrix.com.

Apabila skor template adalah A itu berarti kecepatan loading template tersebut sangat bagus, bila skor template B template tersebut juga masih memiliki kecepatan yang bagus dan layak untuk digunakan.

Kriteria-Template-Yang-Baik

Kesimpulannya
Memang sebuah template sangatlah mendukung kinerja sebuah blog, baik itu dimata pengunjung maupun dimata mesin pencari, namun hal yang paling utama dalam sebuah blog adalah konten, karena seperti para master bilang "Konten Adalah Raja" TAPI "Template Adalah Permaisurinya" Demikian semoga bermanfaat. Salam Blogger And Happy Blogging.

Enter your email address to get update from KemejingNet.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

15 komentar

template memang juga sangat berpengaruh terhadap trafik blog ya mas, karena pernah saya mencoba sebuah template, dan ternyata dalam beberapa hari trafik blog bisa meningkat, dan setelah saya ganti lagi templatenya ternyata trafik blog saya langsung turun setengahnya

Balas

Owh... ternyata ada istilah baru nih, kalau template adalah permaisurinya...
BTW Template lamanya di kemanain Kang...?
Padahal saya sempat naksir loh...
Sukses deh buat template barunya...
Salam,

Balas

wah mas isrofi ganti template...hmm,,saya pun sama dengan mas dedy,,,sempat naksir dengan template sebelum ini...

semoga sukses dengan template barunya...

salam

Balas

Artikel menarik, saya setuju dengan semua penjelasan diatas tapi ada satu hal yang harus di perhatikan juga, yakni font size (ukuran font). Ukuran Font yang ideal dapat memanjakan mata pembaca. :D Salam kenal, bro semoga sukses selau.

Balas

Itu template punya Kang Adhy Suryadi yg saya modif, kenerjannya memang bagus mas.

Tapi Itulah saya paling ndak betah pakai template.

Yang ini cuma nyoba aja sih kalau ngefek bagus ya lanjut, tp kalau tidak paling kembali ke template lama.

Balas

Template yang kemarin disimpa dulu Kang.
Paling besok-besok saya juga kembali ke template lama mas
Maksih mas, yah dicoba dulu gimana kinerjanya template ini.

Balas

Memang betul mas, asal kita bisa memilih template yang bagus.

Template blog emang berpengaruh dalam traffic, mempunyai pengaruh bagus ketika template baru mempunyai struktur dan SEO lebih bagus dari template sebelumnya. Begitupun sebaliknya.

Balas

betul mas ukuran font yang terlalu kecil kadang membuat mata pembaca cepat lelah.

Template inipun menurut saya ukuran fontnya jg kurang besar, tp masih ndak ada waktu untuk merubahnya.

Balas

Salam kenal juga mas bro, makasih atensinya, sukses juga buat mas Gu Agu

Balas

wuih keren sukeren pisan template yang dipakai kemejingnet ini mah euy...100 persen dan nilainya B semuah tah

Balas

He..he.. Ada Mang Lembu, template blog Desa Cilembu juga punya loading yang bagus tuh.

Balas

Mas aku butuh referensi template putih tapi gratis, carinya dimana ya
Ngegantinya juga gimana

Balas

Tempalte putih yang kayak gimana non, bisa hangout aja atau lewat facebook biar lebih enak ngobrolnya.

Balas

Mantebb bgt mas angka seo nya 100%..
Aku nyoba chek lg ah..manatau ad perkembangan,wkkw :D
Ehmm, soal template. Saya pngen nyoba variasi bru tpi kelemahannya hrus modif" lg yg btuh wktu lama jdnya..

Balas

Modif sekalian belajar kode html

Balas

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda yang sesuai dengan topik, mohon maaf bila kadang telat berkunjung balik.

Maaf link hidup tidak akan tampil disini, berkomentar yang baik itu salah satu cara mendapatkan backlink yang baik.

Copyright © 2016. KemejingNet - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Modification by KemejingNet Proudly powered by Blogger