logo blog
Selamat Datang Di Blog KemejingNet
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog KemejingNet,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Manfaat Jamu Kunyit Asam Untuk Kesehatan

KemejingNet - Manfaat Jamu Kunyit Asam Untuk Kesehatan - Sudah tidak dipungkiri lagi bahwa alam Indonesia ini memang kaya dengan tanaman yang sangat beraneka ragam, diantaranya tanaman rempah dan herbal sebagai bahan pembuatan jamu tradisional. Dari sekian banyak rempah-rempah yang ada di Indonsia Kunyit (Kunir bahasa jawa) adalah salah satu rempah yang sering dibuat sebagai bahan jamu tradisional yang terkelnal yaitu Jamu Kunyit Asam (Kunir Asem, bahasa jawa)

Jamu kunyit asam adalah salah satu ramuan alami yang diperaya secara turun-temurun, sesuai dengan namanya jamu ini memiliki bahan utama berupa rimpang/akar kunyit dan buah asam ditambah dengan daun sinom (daun asam jawa yang masih muda). Kandungan dari jamu kunyit asam itu sendiri ialah terdapat zat kurkumin yang sangat tinggi, selain itu juga mengandung vitamin C, minyak astiri, protein, karbohidrat dan beberapa mineral seperti kalsium, fosfor dan zat besi.

Manfaat Jamu Kunyit Asam

Manfaat Jamu kunyit asam adalah untuk melanmcarkan dan mengurangi nyeri saat menstruasi, selain itu juga jamu kunyit asam juga berkhasiat sebagai pelangsing tubus secara alami, jamu ini merupakan anti oksidan dan kaya senyawa aktif yang mampu melindungi tubuh dari mutasi sel penyebab kangker, selain itu juga untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Sejak dulu ramuan kunyit asam diminum untuk memperlancar haid. Secara ilmiah mulai terungkap bahwa kunyit memiliki kemampuan mendorong hati supaya lebih menghasilkan empedu pemecah lemak, dan asam jawa mampu memacu denyut jantung agar peredaran darah menjadi lancar.
Dengan demikian kombinasi kunyit dengan asam jawa akan lebih mempermudah proses metabolisme tubuh (peredaran darah lancar, lemak terbuang, dan oksigen segar mudah mengalir dalam tubuh). Konsumsi kunyit asam yang teratur dapat pula menjaga keseimbangan berat badan (melangsingkan tubuh).

Cara membuat jamu kunyit asam  :

Bahan :

1/2 Kg Kunyit1/4 Gula jawa1/2 Kg asam jawa2 Liter AirSepucuk Sendok teh garam

Cara Membuat :
  1. Bersihkan kunyit lalu diparut atau blender. Kemudian kunyit yang telah halus di saring dan diambil sari/airnya.
  2. Rebus air perasan kunyit dengan menambahkan asam, gula dan garam sampai campuran benar-benar mendidih (sambil di aduk-aduk).
  3. Bila telah mendidih, angkat dan dinginkan.   
  4. Jamu kunyit asem siap untuk diminum, bisa juga ditambahkan es batu.
Jamu kunyit asam ini juga bisa didapat dari penjual jamu gendong yang ada di pasar-pasar tradisional maupun yang keliling.
Enter your email address to get update from KemejingNet.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

1 komentar:

Banyak sekali manfaat yang terkandung dalam jamu kunyit ini mas :) btw disini sudah jarang banget tuh yang dagang jamu gendong kaya gtu, biasanya kalau ada dia suka di panggil dengan nama Ayu :) sekarang banyak nya dalam kemasan yang harus kita seduh sendiri

Balas

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda yang sesuai dengan topik, mohon maaf bila kadang telat berkunjung balik.

Maaf link hidup tidak akan tampil disini, berkomentar yang baik itu salah satu cara mendapatkan backlink yang baik.

Copyright © 2016. KemejingNet - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Modification by KemejingNet Proudly powered by Blogger