logo blog
Selamat Datang Di Blog KemejingNet
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog KemejingNet,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Manisan Kolang Kaling Gula Aren

KemejingNet - Manisan Kolang Kaling Gula Aren. Kolang kaling adalah buah dari pohon aren/enau yang biasa dibuat utuk makanan olahan. Selain kaya akan manfaat untuk kesehatan, kolang kaling juga sangat enak untuk dikonsumsi. Biasanya buah ini sering dibuat manisan dan campuran es. Untuk lebih mengenal apa itu kolang kaling dan cara pengolahannya silahkan baca Kolang Kaling Dan Proses Pengolahannya

Manisan kolang kaling gula aren adalah salah satu dari sekian banyak olahan yang dihasilkan dari kolang-kaling ini. Ada berbagi jenis manisan yang bisa dibuat dari kolang kaling ini, namun disini saya akan berbagi bagaimana caranya membuat manisan kolang kaling gula Aren.

Seperti kita ketahui gula aren atau gula jawa juga dihasilkan dari pohon aren. Pohon aren adalah pohon yang serbaguna yang, dapat kita manfaatkan semua yang ada dari pohon aren. Mengenai pohon aren silahkan baca Mengenal Manfaat Pohon Aren.

Manisan Kolang Kaling Gula Aren


Ok langsung aja ini dia resep Kolang Kaling Gula Aren

Bahan-bahan  :
  • 1/2 kg kolang kaling, cuci bersih.
  • 200 gr gula jawa
  • 500 ml air
  • 4 lembar daun jeruk
  • 2 ruas jari kayu manis
  • 1/2 sendok teh garam 
Cara membuatnya  :
  • Cuci bersih kolang kaling.
  • Didihkan air lalu masukkan gula jawa, daun jeruk, kayu manis dan garam sampai gula larut.
  • Masukkan kolang kaling, aduk rata. Masak dengan api sedang sampai air habis dan larutan gula meresap.
  • Setelah matang , hilangkan dulu uap panas baru kemudian disimpan di lemari es. Lebih nikmat dinikmati dingin- dingin. 
Demikian cara membuat manisan kolang kaling gula aren. Selamat mencoba, jangan lupa kalau udah jadi kirimin saya ya, semoga bermanfaat.

Enter your email address to get update from KemejingNet.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

14 komentar

Bagi yang sudah masak jangan lupa kirimin tuh ke dewan juri :D
kayanya enak tuh manisan kolangkaling belum pernah nyobain, kalau di desa saya mah kolang-kaling biasanya suka ada dalam sajian kolak dibulan ramadhan mas. :)

Balas

He...he... siang-siang panas gini emang enak kalau makan yang dingin-dingin Mas, buat kolak juga bisa Mas Awan.

Balas

selain bulan puasa mah jarang ada kolang-kaling mas..heu
kemarau panjang tukang es laku keras :D

Balas

Tempat saya banyak tuh mas, sini kalau mau kolang-kaling

Balas

Saya suka kolang-kaling kang, banget malah. Kalau bulan puasa mudah didapet karena yang jual banyak dimana-mana :-D

Balas

Kirim-kirim juga dong kemari :D

Balas

Main ketempat saya kang Kips tak kasih gratis

Balas

wah nikmatnya nih manisan kolang kaling nya kang, apalagi bulan puasa jadi nikmat buat buka puasa nih :D

Balas

Cocok banget buat menu buka puasa ya gan :D

Balas

Hmm manisan kolang-kaling??? kayaknya jarang yang jual matang itu mas.... Biasanya istri memanfaatkan kolang-kaling hanya untuk campuran kolak saja. Mungkin kapan2 perlu dicoba juga ini. Apalagi momennya pas bulan Ramadhan, banyak yang jual mentahan di pasar.

Balas

sip, mantap.. inovasi kolang-kalingny keren.hmm, pake gara juga kah? setengah sendok garam memangnya kerasa ya kalau dicampur sama gula jawa gitu?

Balas

Melihat foto nya sungguh mengiurkan kolang-kaling ini. ap mungkin ini karena bawaan orang puasa ya ? Kolang-kaling ini juga bisa buat isi dari Es campur ya kang atau di buat kolak juga bisa :)

Balas

Wah, aku suka banget menu yang ada kolang-kalingnya, Mas... termasuk manisan kolang-kaling.

Balas

kolang kaling sangat identik dengan bulan puasa dimana makanan ini biasanya banyak didapati saat bulan puasa

Balas

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda yang sesuai dengan topik, mohon maaf bila kadang telat berkunjung balik.

Maaf link hidup tidak akan tampil disini, berkomentar yang baik itu salah satu cara mendapatkan backlink yang baik.

Copyright © 2016. KemejingNet - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Modification by KemejingNet Proudly powered by Blogger