logo blog
Selamat Datang Di Blog KemejingNet
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog KemejingNet,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

4 Fakta Konten Berada Dihalaman Pertama (Page One)

4 Fakta Konten Berada Dihalaman Pertama (Page One). Halaman pertama/Page One, terutama mesin pencari Google, tentu menjadi incaran para blogger agar konten yang telah dibuat bisa menempati posisi tersebut. Manfaat memiliki konten yang bisa berada di halaman pertama adalah bisa mendatangkan traffic yang banyak kedalam situs/blog yang dikelola.

Dan fakta telah membuktikan hal tersebut, setiap kita browsing untuk mencari sebuah informasi melalui search engine, terutama Google, pasti akan kita dapati hanya 10 artikel yang berada di halaman pertama mesin pencari. Dan sudah barang tentu pula dari kesepuluh artikel tersebutlah yang akan kita klik, terutama yang berada di urutan paling pertama terlebih dahulu.

Ada beberapa fakta yang sering saya jumpai ketika saya membaca sebuah konten yang berada di halaman pertama. Dari segi situs dan pemilik, fakta menunjukkan konten yang berada di halaman pertama banyak dikuasai oleh situs dan pemilik yang telah memiliki nama dan tentu juga pengalaman dibidang SEO yang mumpuni.

Adapun fakta dari segi konten yang ada di halaman pertama, menurut pengamatan mata newbie saya ada beberapa kriteria. Dalam artikel ini saya akan mengulas 4 Fakta Konten Berada Di Halaman Pertama tersebut.

4 Fakta Konten Berada Dihalaman Pertama (Page One)
Sumber Gambar :  www.autoeagear.com

1. Konten Dihalaman Pertama Google Rata-Rata Memiliki 2000 Kata Lebih

Fakta yang pertama adalah, konten yang memiliki jumlah kata yang banyak akan mempunyai kesempatan besar nagkring dihalaman pertama google. Dengan jumlah kata yang banyak tentu akan semakin banyak pula keyword yang ada di konten tersebut. Itulah faktanya kenapa konten dengan jumlah yang banyak bisa berada di halaman pertama.

Namun konten dengan jumlah kata yang banyak disini, tentu merupakan konten yang memang mempunyai kualitas, bukan hanya sekedar banyak kata saja namun dari segi penyampaiannya pun mudah dipahami dan tidak berbelit-belit.

Sebagai contoh konten dengan jumlah kata yang banyak dan berada di halaman pertama google adalah konten dari blog PanduanIM. Blog ini, kebanyakan kontennya merajai halaman pertama google, bahkan kontennya bisa sampai 5000 kata, bila Anda tidak percaya silahkan klik link artikelnya dibawah ini.

Baca :  5 Cara Untuk Masuk Ke Halaman Pertama Di Google Dengan Keyword Apapun

2. Konten Dihalaman Pertama Google Memiliki Link Out Lebih Banyak

Link keluar pada sebuah konten terkadang diperlukan, apalagi sebuah link yang menuju ke sebuah halaman yang relevan dengan konten yang sedang dibahas. Menaruh link keluar pada sebuah konten tentu tidak boleh asal-asalan, karena hal itu akan mempengaruhi posisi konten itu di halaman search engine.

Menaruh link keluar menuju kesebuah halaman yang terkait dengan bahasan konten yang ada, tentu akan mempunyai manfaat bagi pembaca konten tersebut. Karena terkadang pembaca membutuhkan informasi yang terkait dengan artikel yang sedang dibacanya. Untuk itu membuat link keluar menuju konten yang relevan tentu akan semakin memperkuat posisi artikel untuk masuk di halaman pertama.

3. Konten Dihalaman Pertama Google Terdapat Struktur Tulisan Dengan Bullet List

Konten dengan struktur tulisan menggunakan bullet maupun numbering, sering dipakai beberapa blogger dalam penulisan artikel. Bullet dan numbering mempunyai fungsi untuk memperjelas point-point yang disampaikan dalam artikel.

Selain untuk memperjelas maksud dari artkel yang sedang dibahas, metode penulisan dengan bullet dan numbering akan semakin membuat tulisan lebih rapi dan enak untuk dibaca. Dan hal itu kemungkinan besar juga menjadi salah satu kriteria dari google untuk menempatkan konten tersebut di halaman pertama.

Sebagai contoh konten yang memiliki struktur tulisan dengan bullet list maupun numbering list yang banyak adalah konten miliknya Mas Sugeng di blognya Sugeng .id. Selain struktur tulisan dengan bullet dan numbering dalam artikel ini juga banyak link out yang keluar seperti fakta yang telah saya sebutkan dalam point kedua, bahkan salah satu linknya mengarah ke blognya Linda Ikeji, salah satu blogger sukses dari Nigeria. Anda bisa membaca artikelnya disini

4. Konten Dihalaman Pertama Google Mudah Dipahami 

Fakta yang terakhir ini adalah kesimpulan dari ketiga fakta yang telah saya sebutkan diatas, konten yang mudah dipahami tentu merupakan konten yang user friendly, dan Google sendiri sangat menyukai sebuah konten yang user friendly, hal inilah yang menjadi pertimbangan Google untuk menempatkan sebuah konten untuk berada di halaman pertama.

Sedikit flasback ke point yang pertama, kedua dan ketiga, sebuah konten dengan jumlah kata yang banyak tentu akan semakin memperjelas apa yang disampikan pada konten tersebut asalkan pembahasannya gamblang, dengan begitu pembaca akan lebih paham apa yang disampikan. Sedangkan merujuk pada point yang kedua, dengan memberikan link keluar tentu pembaca akan semakin memahami lanjutan dari artikel yang dibacanya. Sedangkan struktur bullet dan numbering, juga mempunyai manfaat agar artikel yang dibuat bisa dipahami dengan point-point yang biasanya ditulis dengan struktur bullet maupun numbering.

Baca juga :  7 Faktor Blog Bisa Bersaing Di Serp

Itulah 4 Fakta Konten Berada Dihalaman Pertama (Page One) menurut pengamatan saya yang masih pemula ini. Tentunya masih banyak faktor-faktor lain yang bisa mendukung bagaimana sebuah konten itu bisa berada di halaman pertama Google. Sebagai blogger tentu kita harus mempelajari berbagai faktor tersebut agar konten yang kita buat bisa bersaing menembus halaman pertama. Semoga bermanfaat, Salam Blogger And Happy Blogging.
Enter your email address to get update from KemejingNet.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

26 komentar

Hampir ke 4 fakta di atas benar

Balas

Sepertinya saya harus belajar lebih keras nih untuk memahami artikel yang SEO on page agar bisa masuk sepuluh besar di page satu, memang susah yang mas kalau artikel yang kita buat itu masuk page satu.

Balas

berlomba lomba untuk dpt peringkat pertama di laman google itu impian ya mas, hehe. tpi apa daya tingkat kesulitannyaa duuh. blog panduanIM emng keren jg, rata-rata msuk laman pertama.
makasih ilmu sharingnya mas :)

Balas

apakah menyertakan link keluar ada batasan kang ? sharing yang cocok banget buat saya yang ngejar posisi pertama dalam kata kuci :) terimakasih mas

Balas

Sepanjang yg saya ketahui, 2-3 itu dah cukup mas, tp jg tergantung pada jumlah kata yang ada dlm artikel.

Balas

Iya, halaman pertama memang menjadi incaran banyak blogger, agar posisi blog semakin mantap di search engine.

PanduanIM emang jos, walau kadang membacanya perlu waktu, tapi bisa ditangkap dengan jelas.

Balas

Blogger memang harus belajar SEO, namun membuat konten yang bermanfaat itu juga salah satu strategi SEO.

Balas

Ini hanya analisa saya mas, pasti masih banyak faktor-faktor lain yang mendukung.

Balas

saya mah nggak pernah mikir konten ada di halaman pertama deh mang, karena memang pikiran saya mah nggak ada...eh

Balas

Setiap orang pasti punya strategi yang berbeda-beda dalam mendatangkan traffik kang, kalau Mang lembu kayaknya strateginya dengan sesering mungkin update artikel yah :D

Balas

Kalau begitu, harus kita pelajari ya mas.. kalau memang serius ingin blog kita 'nangkring' di halaman pertama google..

Balas

Setidaknya memahami dasar-dasar SEO nya mas.

Balas

setelah membaca artikel ini ane jadi semangat ..., semakin mengerti cara ngeblog.... , thanks kang isrofi

Balas

Artikelu sangat dibilang pendek, rata-rata tiga paragaraf. Mungkin dibawah dua ribuan kata. Tapi bisa menempati halaman pertama. Dan bisa bertahan lama. Mungkin karena mudah dipahami.

Balas

Betul mas Jangkaru, artikel yang simple dan mudah dipahami juga sangat disukai google. Mungkin itulah alasanya walau artikel pendek namun mampu bertahan di halaman pertama.

Balas

Terus semangat mas untuk berbagi hal-hal yang bermanfaat.

Balas

saya lebih memperhatikan poit 4 mas....biar bagaimanapun unik dan banyaknya karakter pada teks artikel kalau pengunjung nya bingung tanpa bisa mengambil kesimpulan dari artikel tersebut saya rasa percuma iya kan?...jadi kalau menurut saya teks artikel yang begitu banyak bahkan sampai 2000 karakter ini cenderung pembaca akan memotong teks yang ia baca....

di akui saja saya sendiri lebih suka artikel singkat padat berisi...

Mohon maaf lahir batin mas....terlambat gak masalahkan kan..?

Balas

Iya, seperti yg saya jelaskan di atas, Artikel panjang akan percuma saja bila penyampaiannya bertele-tele

Ndak ada kata terlambat mas,. Saya jg mengucapkan minal aidzin wal Faizin mohon maaf lahir dan batin

Balas

Iya, seperti yg saya jelaskan di atas, Artikel panjang akan percuma saja bila penyampaiannya bertele-tele

Ndak ada kata terlambat mas,. Saya jg mengucapkan minal aidzin wal Faizin mohon maaf lahir dan batin

Balas

Betul mas, dengan mengetahui dasar-dasar SEO, kedepannya kita akan lebih mudah memahami Trik SEO yang sesungguhnya. Selamat Idul Fitri ya mas, Mohon maaf lahir & batin

Balas

konten yang biasa-biasa saja tetapi di sukai pengunjung, pengunjung merasa terbantu dan mendapatkan informasi penting yang mereka cari, ini lah artikel berpeluang besar menduduki numberone di shearch pencari...begitu ya mas...kira-kira...

Balas

SEO mah agak susah mas. Meski aku pernah ikut worksopnya...sedikit tau SEO on page...

Share social media juga ngaruh ke tingkat viralitas...
klo sya nulis arata2 1000 kata...

Alamak 2000-5000 kata...akayak mau bikin cerpen aja...
Bukannya klo artikelnya terllau panjang orang males baca,,,ya kecuali orang butuh banget informasi mengenain artikel tsb...

Nice sharing mas :D

Balas

wah bisa 1000 kata mah itu sudah luar biasa mbak Arinta, kalau saya paling banyak 600-an kata.

Balas

#Arinta : Betul SEO emang susah, apalagi bagi yg belum benar-benar mengetahuinya.

Share ke medsos kalau emang konten viral, pasti akan ngaruh tapi kalau konten biasa, susah kalau mau dapat klik.

#Kang Maman : saya paling banter juga 700 kata kang, susah kalau mau buat artikel panjang, jadinya malah hanya muter-muter aja.

Balas

Yes kira-kira gitu Kang Trik.

Balas

Girl Beaty

ik like it... makasih atas infonya mas...!!!!

Balas

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda yang sesuai dengan topik, mohon maaf bila kadang telat berkunjung balik.

Maaf link hidup tidak akan tampil disini, berkomentar yang baik itu salah satu cara mendapatkan backlink yang baik.

Copyright © 2016. KemejingNet - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Modification by KemejingNet Proudly powered by Blogger