7 Penyebab Fluktuasi Traffic Blog Tidak Wajar

KemejingNet - 7 Penyebab Fluktuasi Traffic Blog Tidak Wajar. Traffic atau kujungan sebuah bolg/web cenderung akan tidak stabil alias selalu berubah-rubah setiap harinya. Ada beberapa penyebab yang menjadikan traffic blog/web berubah, baik itu dari segi waktu, dan juga kondisi hari, dan juga bulan. Untuk lebih lengkapnya mengenai fluktuasi traffic, silahkan baca artikel saya yang sebelumnya mengenai Fluktuasi Traffic Blog Berdasarkan Jam Hari Dan Juga Jenis Situs.

Fluktuasi traffic blog, terkadang juga tidak wajar, ada kalanya bisa naik secara signifikan namun adakalanya juga turun secara signifikan. Traffic tidak wajar tentu sering menjadikan kita binggung mengenai penyebabnya, apalagi bila traffic tiba-tiba naik secara signifikan, jangan-jangan ada sesuatu yang ganjil pada situs kita.

7-Penyebab-Fluktuasi-Traffic-Blog-Tidak-Wajar

Tentu perubahan traffic yang tidak wajar pasti ada penyebabnya, berikut ini 7 Penyebab fluktuasi trafik blog tidak wajar yang bisa Anda baca sebagai bahan referensi.

1. Perubahan ranking search engine
Ranking situs kita di Google mungkin telah berubah, dikarenakan berbagai sebab, misalnya perubahan algoritma Google, adanya kompetitor baru, perubahan backlink, perubahan konten, dan sebagainya. Amati perubahan ranking ini dengan layanan keyword monitoring seperti oleh moz.com .
2. Referal traffic
Jika terjadi kenaikan trafik secara signifikan, kemungkinan ada situs besar yang link ke situs kita. Cek di referal.

3. Liputan
Trafik referal dan organik tetap tapi direct traffic ke homepage naik signifikan? Kemungkinan bisa karena adanya liputan oleh situs besar, baik online maupun offline, yang tidak disertai dengan live link.

4. Social media
Konten viral bisa menyebabkan kenaikan trafik secara pesat.

5. Event atau trend
Sesuatu yang terjadi atau sedang trend di masyarakat bisa menyebabkan perubahan trafik secara signifikan. Misalnya setiap AirAsia mengumumkan sale, maka otomatis trafik dan pencarian hotel oleh pengguna web juga akan naik.

6. Website bermasalah
Jika semua sumber trafik (direct, organik, dan referal) turun secara bersamaan, kemungkinan ada gangguan pada akses situs. Bisa karena bug di situsnya sendiri, bisa karena kesalahan pada DNS, ataupun pada koneksi ke server.

7. Marketing effort
Jika kita melakukan marketing effort, baik online maupun offline, maka pastinya akan terjadi perubahan traffic. Online marketing (misalnya Adwords atau email marketing) umumnya mudah diukur, sedangkan untuk offline (misalnya iklan di koran) lebih sulit diukur.

Untuk memantau semua perubahan tersebut, diperlukan alat yang baik. Google Analytics menyediakan layanan statistik web secara gratis yang sudah menjadi de-facto standard karena kelengkapan fungsi dan kemudahan penggunaannya.

Itulah 7 Penyebab Fluktuasi Traffic Blog Tidak Wajar yang sering terjadi pada sebuah blo/web, semoga bermanfaat. Salam Blogger Happy Blogging.

Ada pertanyaan? Diskusikan dengan penulis atau pengguna lain
Tautan disalin ke papan klip!