11/07/16

Bandeng Presto Oleh Oleh Khas Semarang

Tags

Bandeng Presto Oleh Oleh Khas Semarang. Bila Anda berjunjung ke Semarang Jawa Tengah, belum lengkap kayaknya kalau Anda pulang tidak membawa oleh-oleh yang satu ini. Selain Lumpia, Bandeng Presto juga merupakan oleh-oleh khas semarang yang sering dibeli oleh para turis yang datang ke Kota Semarang.

Bandeng presto adalah makanan yang dibuat dari ikan bandeng  yang dibumbui dengan bawang putih, kunyit dan garam. Saat ini bandeng presto sudah menjadi salah satu ikon Kota Semarang bahkan diberbagai daerah di Indonesia juga telah banyak yang mengembangkan bisnis kuliner yang satu ini.

Bandeng-Presto

Cara pembuatan bandeng presto sendiri dilakukan dengan memprestonya. Ikan bandeng yang masih segar setelah diberi bumbu kemudian dimasak pada alas daun pisang dengan cara presto. Presto adalah cara memasak dengan uap air yang bertekanan tinggi. Karena ikan bandeng terkenal memiliki banyak duri, dengan cara masak presto ini duri-duri yang ada dalam ikan bandeng akan menjadi sangat lunak

Ikan bandeng yang telah diletakkan di dalam panci yang dapat dikunci dengan rapat. Air yang berada di dalam panci ini kemudian dipanaskan hingga mendidih. Uap air yang timbul akan memasak bandeng yang  berada di dalam panci ini.


Bandeng Presto ditemukan pada tahun 1977 oleh Hanna Budimulya yang berkelahiran Pati. Pada awalnya Bandeng Presto dibuat dalam skala kecil untuk kalangan sempit saja. Namun karena digemari banyak orang, produksi Bandeng Presto semakin berkembang dan menjadi Oleh-oleh khas dari Kota Semarang.

Walupun bandeng presto telah menjadi ikon kuliner khas Kota Semarang, namun pada perkembangannya, saat ini bandeng presto bisa didapatkan di berbagai daerah selain Semarang. Namun karena pada awalnya yang mempopulerkannnya adalah Kota Semarang, maka oleh-oleh ini lebih terkenal dengan nama Bandeng Presto Khas Semarang.

1 komentar so far

Minal Aidzin Walfaidzin ya mbak,,
mohon maaf lahir & batin..
Wah kota Tetangga nih, ane Kendal :D
boleh nih dicoba kalau pas maen ke Semarang. Hehehe..

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda. Maaf link hidup tidak akan tampil disini, berkomentar yang baik itu salah satu cara mendapatkan backlink yang baik.
EmoticonEmoticon