Cara Membuka Kata Sandi Smartphone Android Yang Lupa

KemejingNet - Cara Membuka Kata Sandi Smartphone Android Yang Lupa. Bagi pengguna smartphone android, memberi kunci pada gadget yang dimiliki tentu hal ini sering dilakukan, baik itu menggunakan pola maupun sandi. Hal ini dilakukan untuk mencegah orang lain bisa membuka smartphone dan mengacak-acak data pribadi yang tersimpan. Ada beberapa sandi yang sering digunakan di smartphon baik itu pola ataupun dengan angka yang bisa dibuat.

Mengaktifkan kata sandi pada smartpone android memang banyak manfaatnya, namun terkadang hal itu juga bisa menjadi bumerang ketika pengguna lupa akan kata sandi yang telah dibuat. Bila hal ini terjadi, tentu akan berakibat dengan tidak bisa dibukanya smartphone.

Bagi pengguna yang kebetulan mengalami lupa akan kata sandi, baik itu pola maupun angka tentu akan kebingungan karena perangkat tidak lagi bisa diakses. Nah,.. berikut ini beberapa cara yang bisa digunakan untuk membuka kunci android yang lupa.


Cara Membuka Kata Sandi Smartphone Android Yang Lupa

1. Dengan Menggunakan Fitur Forgot Password

Cara ini bisa digunakan ketika smartphone telah dibuka secara paksa, baik itu oleh Anda sendiri maupun orang lain. Memasukkan kata sandi yang salah secara berulang-ulang tentu akan mengakibatkan hal ini. Dalam hal ini cara yang harus digunakan untuk membuka kata sandi adalah dengan mengeklik Forgot Password atau Pattern.

Menggunakan cara ini, pastikan smartphone Anda telah terkoneksi ke internet, baik melalui paket data ataupun koneksi Wi-Fi. Silahkan masukkan username dan juga password akun Google Anda kemudian tekan Sign in.

2. Dengan Cara Melakukan Panggilan Telephone

Apabila cara yang pertama tidak bisa dilakukan karena tidak ada jaringan internet, Anda masih bisa megatasi masalah kata sandi yang lupa dengan cara melakukan panggilan telephone. Buat panggilan telephon dari perangkat lain ke perangkat smartphone android yang tidak bisa dibuka.

Langkah selanjutnya adalah, jawablah panggilan telephone tersebut dan jangan ditutup. Tekan tombol home kemudian masuklah ke menu setting, lalu aktifkan data internet agar Anda bisa masuk kembali. Dalam menu setting Anda bisa membuat kata sandi yang baru, baik menggunakan pola maupun angka.

3. Dengan Cara Factory Data Reset

Factory data reset ini adalah pilihan terakhir apabila kedua cara diatas belum bisa membuka kata sandi yang lupa di android Anda. Dalam hal ini Anda bisa melakukan reset melalui android recovery.

Adapun langkah untuk mereset android yang tidak bisa dibuka adalah, pastikan perangkat android anda telah dalam keadaan mati, lalu tekan dan tahan tombol home, volume up, dan tombol power secara bersamaan (home+volume+home). Setelah kira-kira 5 detik lepaskan secara bersamaan. Setelah terbuka pasti akan Anda temui sederet menu dalam mode recovery.

Untuk mengarahkan pilihan ke Factory data reset, gunakan tombol volume dan kemudian tekan tombol power untuk melakukan eksekusi. Silahkan Anda tunggu sampai proses selesai, biasanya memerlukan beberapa menit. Setelah selesai, lalu klik Reboot system now dan selesai, perangkat android Anda akan hidup lagi seperti saat pertama kali Anda membelinya dan Anda bisa masuk tanpa harus menggunakan kata sandi.

Dari ketiga cara diatas, cara ketiga telah saya buktikan pada Adroid Advan T1J dan berhasil. Namun cara diatas juga bisa dilakukan pada perangkat android merk, Asus Zenfone, Advan, Lenovo, LG, Oppo, Samsung Galaxy, Sonny Xperia dan yang lainnya.

Ada pertanyaan? Diskusikan dengan penulis atau pengguna lain
Tautan disalin ke papan klip!