logo blog
Selamat Datang Di Blog KemejingNet
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog KemejingNet,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Jaringan 4G LTE Smartfren Ternyata Bisa Menjangkau Daerah Terpencil

KemejingNet - Jaringan 4G LTE Smartfren Ternyata Bisa Menjangkau Daerah Terpencil. Dengan diketoknya Peraturan Menkominfo tentang Penataan Pita Frekuensi Radio 800 MHz maka operator telekomunikasi Code-Division Multiple Access (CDMA) harus pindah frekuensi ke GSM sebelum Desember 2016. Untuk itu Smartfren yang merupakan salah satu operator yang menggunakan CDMA akhirnya mempersiapkan jaringan 4G LTE.

Dan pada tahun 2016 ini jaringan 4G LTE smartfren sudah bisa digunakan. Jaringan 4G LTE dari smartfren saat ini telah mencakup banyak tempat, baik itu diperkotaan maupun di daerah terpencil. Saya sendiri sebagai pengguna smarfren telah merasakan hal tersebut, walaupun tempat saya tinggal termasuk daerah pegunungan tapi jaringan 4G LTE dari smartfren bisa saya nikmati.

Smartfren 4G LTE


Satu keunggulan yang dimiliki oleh smartfren adalah jangkauan 4G nya yang langsung bisa dinikmati oleh para penggunanya. Berbeda dari operator jaringan lain, walupun mereka sudah memiliki jaringan 4G namun jangkauannya belum bisa seluas Smartfren.

Dari hasil googling yang saya dapatkan, kebanyakan jangkauan 4G operator selain smartfren hanya dapat dinikmati di daerah perkotaan saja, itupun tidak semuanya bisa, terutama di kota-kota kecil apalagi di daerah terpencil.

Jangkauan Jaringan Smarfren 4G LTE

Smartfren adalah operator pertama yang menggelar jaringan 4G LTE A di beberapa kota kecil dan bahkan daerah terpencil, hal ini tentu akan sangat membantu pengguna yang tidak dijangkau jaringan 4G GSM. Jaringan 4G GSM kebanyakan hanya mendukung di kota besar di Pulau Jawa saja. Dan bahkan di kawasan Jawa Tengah jaringan 4G GSM belum tersedia.

Dalam hal ini, Smartfren menawarkan yang berbeda dengan mendukung jaringan 4G LTE A banyak kota kota kecil. Jaringan 4G Smartfren menggunakan 2 frekuensi gabungan berbasis frekuensi 850 Mhz mendukung kecepatan 2 - 20 Mbps dan 2300 mhz mendukung kecepatan 2 - 100 Mbps atau yang lebih dikenal Carrier Aggregation.

Gabungan kecepatan tersebut dapat meningkatkan kecepatan 4G LTE hal ini tentunya smartphone juga harus sudah mendukung dengan kedua frekuensi tersebut. Syarat untuk menikmati jaringan super cepat 4G LTE A smarphone harus mendukung frekuensi 850 Mhz dan 2300 Mhz ( Data Only ) atau 2300 Mhz saja.

Kartu Khusus Internet Smartfren 4G LTE

Sepeti dilansir pada situs resmi smartfren.com. Kartu khusus internet smartfren 4G LTE adalah kartu yang dapat di gunakan pada perangkat yang mendukung jaringan LTE 850Mhz & atau 2300Mhz. Kartu ini untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang ingin merasakan koneksi internet Smartfren 4G LTE dengan menggunakan Handset/perangkat non Andromax.

Menurut beberapa situs ada beberapa smartphone yang bisa dipasang kartu khusus internet smartfren 4G LTE ini, namun saya sendiri juga belum pernah mencobanya. Kabar dari situs smartfren sendiri hanya ada 3 smartphon yang bisa langsung dipasang kartu ini tanpa harus mengatur setingannya (plug and play)

Adapaun ketiga smartphon tersebut adalah  :

  • Samsung Galaxy Tab S2
  • Samsung Galaxy S6 Edge+
  • Samsung Galaxy Note5
Ketiga Smartphone tersebut bisa langsung suport kartu khusus internet smartfren 4G LTE tanpa harus diseting terlebih dahulu. Adapun mengenai info smartphone lain yang bisa dipasangi kartu khusus internet 4G LTE smartfren, Anda bisa mengunjungi gerai smartfren terdekat di kota Anda.

Demikian info mengenai jaringan 4G LTE Smartfren, bagi Anda yang kebetulan lagi mudik di daerah terpencil. kayaknya 4G LTE smartfren bisa menjadi solusi dan semoga bisa membantu Anda yang punya aktifitas sangat mobile melalui internet. Semoga bermanfaat.

Enter your email address to get update from KemejingNet.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

21 komentar

Tak di sangka ya ternyata sudah sampai segitunya hehehehe
joss lah smarfren 4G...

Balas

Smartfren makin hari makin memperbahrui kenerjanya operator nya...maklum sekarang masing masing operato bersaing seru...

Balas

saya dulu sering beli kuota Smartfren mas..tetapi sekarang jarang karna deket rumah saya ada wifi free dari warkop he...he....

Balas

Setelah mencoba beberapa operator,
Smartfren lah andalan saya di Indonesia.

Masih saya simpan nih, kelak jika mudik akan saya aktifka lagi.

Wuih keren juga bisa menjangkau daerah terpencil. Cocok nih kalo ane mudik ke kampung nenek yang jauuuuh dari perkotaan.

Terimakasih mas ,

Balas

saya pake modem dg jaringan ini mas, lumayan kenceng meski didesa

Balas

Wah makin maju saja nih ya smartfren jadi pengen coba nih tapi waktu dulu mah saya pake smartfren ke daerah terpencil aduh keselnya minta ampun lagi dibutuhin malah tidak berguna.

Balas

beruntung ya pke smartfren mas..hehe
saya bs dpt jringan edge aja udh bersyukur bgt mas, :D

Balas

Smartfren mencoba untuk bebenah. Biar pelanggan puas. Terpencil atau terpensil ? mirip denganku yang sering salah ketik.

Balas

Hebat nih smartfren dengan 4G LTE nya mampu menjangkau daerah terpencil :) Sayang nya saya masih kekurangan yang hanya bertahan di 3G saja :)

Balas

He..he.. saya malah baru menyadarinya mas Jangkaru kalau ketik pada judul, makasih mas, dah ngingetin.

Balas

Persaingan ketat sesama operator salah satu pemicunya mas, hal ini tentu untuk kenyamanan pelanggan smartfren.

Balas

Lebih mantap tuh mas Trik, kalau ada wi-fi disekitar rumah, Sangat betul mas sekarang semua operator berebut pelangan, siapa yg memberi lebih lebih pasti yg akan dipilih.

Balas

Sama Mbak, dari dulu saya juga tetap setia pada smartfren.

Iya mbak, cocok bagi yang lagi mudik dan kebetulan berada di daerah pelosok.

Balas

Tos mas Wong, kita sama-sama pengguna smartfren :D

Balas

Sekarang kayaknya dah beda mas Nurul, apalagi sejak smartfren meluncurkan 4G LTE nya, ngenet jadi lebih kenceng.

Balas

Bisa dicoba kok, bila hp android nya dah suport tinggal beli kartu khusus internet 4G LTE smarfren aja, atau bisa juga beli modemnya dan bisa dipakai lewat sambungan wi-fi.

Balas

Bisa dicoba mas Effendi smartfren 4G lte nya, moga aja bisa membantu.

Balas

Temanku nyobain smartfren di pelosok Gunungkidul katanya bsa terjangkau Mas...

Tapi aku blm mencobanya...
Klo di Kota besar kayak jogja mah jaringan cepet udah biasa ya :)
Klo di desa itu sesuatu bgt

Balas

Saya juga pernah pake Smartfren buat modem, cukup bagus kinerjanya tapi semenjak ganti laptop, ganti juga operatornya dengan operator tetangga dengan pertimbangan lbh ekonomis, hehe...

Balas

Semua memang menyesuaikan kebutuhan Kang, mungkin di tempat saya smartfren bagus tapi ditempat lain belum tentu. Yg penting mana yang ejoy buat kita aja. Happy Blogging Kang.

Balas

Semua memang menyesuaikan kebutuhan Kang, mungkin di tempat saya smartfren bagus tapi ditempat lain belum tentu. Yg penting mana yang ejoy buat kita aja. Happy Blogging Kang.

Balas

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda yang sesuai dengan topik, mohon maaf bila kadang telat berkunjung balik.

Maaf link hidup tidak akan tampil disini, berkomentar yang baik itu salah satu cara mendapatkan backlink yang baik.

Copyright © 2016. KemejingNet - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Modification by KemejingNet Proudly powered by Blogger