Kata "Mudik" Dan Tradisi Mudik Di Indonesia

KemejingNet - Kata "Mudik" Dan Tradisi Mudik Di Indonesia. Kata mudik berasal dari kata "udik" yang artinya selatan/hulu. Itu artinya kata mudik bisa diartikan kembali ke asalnya atau kehulunya. Ada juga yang mengatakan "Udik" itu Desa, maka tidak salah kalau mudik adalah dimana orang-oang yang merantau kembali ke desanya atau asalnya.

Dalam Minggu ini kata Mudik tentu sudah ratusan bahkan ribuan kali diucapkan, karena mulai tanggal 1 Juli 2016 gelombang mudik Idul Fitri mulai berlangsung. Semua jalan-jalan terutama di Jawa dan Sumatera dipadati gelombang pemudik yang ingin kembali ke kampung halamannya.

Kata "Mudik" Dan Tradisi Mudik Di Indonesia


Tradisi Mudik Di Indonesia

Tradisi mudik di Indonesia identik dengan tradisi tahunan yang berlangsung menjelang hari raya besar keagamaan misalnya menjelang Lebaran. Pada saat itulah para migran berkesempatan untuk berkumpul dengan sanak saudara yang tersebar di perantauan, selain tentunya juga sowan dengan orang tua.

Sebagai Negara yang mempunyai penduduk Muslim terbesar didunia, tentu Indonesia memiliki jumlah pemudik yang terbesar dibandingkan negara-negara lain. Selain itu banyak yang mengatkan kalau tradisi mudik yang unik memang hanya ada di Indonesia.

Jumlah pemudik terbesar di Indonesa yang terbesar adalah di Jawa dan Sumatera, karena memang dua pulau itulah yang merupakan paling padat penduduknya.

Berbagai alat transportasi baik itu pesawat, kereta api, bus dan juga sepeda motor maupun kendaraan pribadi menjadi pilihan bagi para pemudik. Bahkan tidak jarang ada cara unik yang dilakukan para pemudik saat kembali ke kampung halaman, misalnya mudik dengan sepeda ontel seperti yang dilakukan oleh berbagai orang tahun ini.

Google Doodgle Pun Bertema Mudik

Hari ini Senin 4 Juli 2016 Tema Google Doodgle pun bertemakan mudik lebaran. Dalam gambar tersebut, ada seorang pria menggunakan kendaraan bermotor untuk pulang kampung sambil membawa kotak dengan huruf G. Lalu ada keluarga yang berjalan membawa dua kotak huruf O dan Satu keluarga lagi sedang menunggu Bus. Bila digabungkan beberapa huruf pada kotak tersebut akan menjadi tulisan Google

Mudik memang telah menjadi tradisi tahunan yang dilakukan masyarakat Indonesia terutama yang Muslim. Tradisi ini tentu membawa berkah tersendiri bagi setiap orang, baik itu yang muslim maupun non muslim.

Hal yang patut diwaspadai saat mudik adalah keselamatan, karena pada intinya orang mudik karena ingin bertemu dan bersilaturahmi dengan keluarga, untuk itu sebaiknya keselamatan adalah menjadi prioritas utama. Akhir kata, selamat mudik, semoga selamat sampai tujuan.

Ada pertanyaan? Diskusikan dengan penulis atau pengguna lain
Tautan disalin ke papan klip!