logo blog
Selamat Datang Di Blog KemejingNet
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog KemejingNet,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Trik Dan Panduan Awal Membuat Blog Bagi Pemula.

KemejingNet - Trik Dan Panduan Awal Membuat Blog Bagi Pemula. Dunia blogging saat ini semakin ramai saja dengan bermunculannya blogger-blogger baru. Memang saat ini blog mempunyai daya tarik yang luar biasa bagi setiap orang, kemungkinan besar hal ini tidak lepas dari banyaknya berita yang mengangkat orang-orang yang sukses melalui blog.

Membuat sebuah blog itu sangatlah gampang, asalkan kita mempunyai email, komputer dan koneksi internet, dalam hitungan menit saja kita sudah bisa memiliki sebuah blog. Ada dua platform blog yang sering digunakan orang untuk membuat blog yaitu blogger dan wordpress, dari kedua platform tersebut orang bisa membuat blog secara gratis.

Memang membuat blog itu sangat gampang, segampang membalikkan telapak tangan, namun perlu diketahui bagi blogger pemula kalau yang susah itu merawat blog yang telah dibuat. Kenapa bisa dikatakan susah dalam merawat blog daripada membuatnya, karena kebanyakan pemula disaat membuat blog pasti tidak pernah terfikirkan akan dibawa kemana blog yang telah dibuatnya.

Panduan Awal Sebelum Membuat Blog Bagi Pemula


Maksud dari kata akan dibawa kemana nantinya setelah blog itu dibuat adalah, artikel yang bagaimanakah yang nantinya akan mengisi blog yang telah dibuat tersebut. Oleh sebab itu sebelum kita membuat blog agar nantinya sesampainya ditengah perjalanan kita tidak kebingungan dan blog menjadi terbengkalai alias mangkrak, Anda harus membuat planing terlebih dahulu akan diisi artikel jenis apakah blog yang akan Anda buat.

Berikut ini sedikit panduan yang mungkin bisa bermanfaat bagi pemula yang kebetulan tertarik untuk membuat sebuah blog.

1. Cari hal yang paling Anda kuasai dalam diri Anda.
Jangan pernah meniru orang lain, misalnya Anda membaca blog yang membahas tentang tutorial mengenai template blog ataupun tentang tutorial yang belum Anda fahami, karena ketika Anda meniru orang lain dalam membuat blog pasti ditengah perjalanan Anda akan macet ide karena Anda tidak menguasi topik yang akan dibahas.

Dalam hal ini saya menyarankan pada Anda, ketika ingin membuat blog, silahkan cari dalam diri Anda, apa yang benar-benar Anda kuasai. Sebagai contoh apabila Anda menguasai pengetahuan dibidang komputer, akan lebih baik blog yang Anda buat adalah blog yang membahas tentang ilmu komputer karena Anda akan tidak kesulitan untuk mengisi blog Anda dengan artikel-artikel tentang komputer.

2. Tentukan Tema blog Anda (Niche Blog)
Poin yang kedua ini masih erat hubungannya dengan poin nomor satu, setelah Anda tau apa yang benar-benar Anda kuasai barulah Anda bisa menentukan tema blog Anda dengan pokok bahasan yang Anda kuasai. Seperti apa yang telah saya sebutkan di point yang pertama, apabila Anda menguasai ilmu dibidang komputer disinilah nantinya Anda bisa menentukan tema blog Anda dengan hal-hal yang berbau komputer.

Walaupun dalam perjalanannya nanti blog Anda tidak semuanya membahas tentang komputer namun karena hal utama yang Anda kuasai tentang komputer alangkah akan lebih bagusnya apabila tema utama blog Anda adalah tentang ilmu komputer.

3. Jangan Pernah Copy Paste Artikel Orang Lain
Ini yang sering dilakukan oleh blogger pemula, copy paste, namun perlu Anda ketahui blog yang artikelnya adalah artikel copy paste, tidak akan pernah mampu bersaing dan bertahan lama di search engine, dan yang lebih sadis lagi blog bisa saja dihapus oleh google apabila sang pemilik artikel asli melaporkannya.

Satu hal lagi, blogger tukang copy paste, selamanya tidak akan pernah bisa membuat artikel yang original, karena tidak pernah mencoba untuk belajar menulis artikel dari hasil pemikiran sendiri. Membuat artikel itu perlu belajar, dengan seringnya belajar menulis artikel sendiri tentu lama-kelamaan kita akan menjadi terbiasa dalam merangkai kata agar menjadi sebuah artikel yang enak dibaca orang.

4. Jangan Berfikir Penghasilan Terlebih Dahulu
Tidak bisa dipungkiri kalau Google Adsense adalah salah satu magnet yang luar biasa yang membius banyak orang untuk membuat blog. Semakin menjamurnya blogger-blogger baru saat ini sangat dipengaruhi oleh google adsense yang konon katanya bisa mendatangkan uang dari blog.

Memang tidak salah kalau banyak blogger yang sukses lewat blog karena mengikuti program periklanan dari google adsense ini. Namun perlu Anda ketahui untuk menjadi blogger sukses, apalagi melalui google Adsense itu tidaklah mudah, diperlukan waktu yang tidak sebentar dan tentunya perlu sebuah perjuangan.

Oleh sebab itu ketika Anda memulai untuk terjun kedunia blogging, saya menyarankan untuk tudak berfikir terlebih dahulu mengenai penghasilan, lebih baik Anda fokus dalam membuat konten, ketika konten Anda sudah banyak dan pengunjung yang membaca artikel-artikel di blog Anda sudah banyak, barulah Anda berfikir bagaimana cara mendapatkan uang dari blog yang Anda kelola.

Ketika diawal membuat blog Anda sudah berfikir tentang penghasilan, hal ini akan sangat mempengaruhi Anda ketika pada kenyataanya apa yang Anda fikirkan tidak seindah dengan apa yang Anda bayangkan. Karena pada saat ini sangat sulit untuk mendaftar Adsense, dan adapun kalau bisa diterima belum tentu penghasilan bisa Anda dapatkan dengan mudah.

Itulah 4 hal yang perlu diperhatikan ketika akan membuat sebuah blog. Membuat blog memang mudah, namun yang sulit adalah merawatnya, karena dibutuhkan kekonsistenan agar blog yang kita kelola bisa tetap eksis di internet. Demikian selamat berkarya, semoga bermanfaat and happy blogging.

Baca juga  :

Enter your email address to get update from KemejingNet.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

7 komentar

itu kesalahan yg prnh terlintas di kepala saya mas :( :D

Balas

blogger itu jangan hangat hangat diawal, harus selalu hangat setiap hari, kalau tidak hangat semangatnya akan habis atau hilang. 3 point diatas kayaknya masih melekat di diri ini mas, kecuali yang adsense. belum ada minat kesana. :)

Balas

menurut saya seorang blogger harus bisa rajin menulis, karena dengan seringnya menulis maka kemampuannya akan semakin terlatih

Balas

Membuat blog sesuai minat dan kemampuan diri sendiri lebih diutamakan ya, mas..
Walaupun diawal hanya menulis alakadarnya, kalau terus dilatih dan diasah serta mau terus belajar, lambat laun akan menemukan ciri khas-nya sendiri...

Balas

Kalau adsense disetujui pasti tambah semangat deh mas...

Balas

Kesalahan yang mana tuh, non?

Balas

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda yang sesuai dengan topik, mohon maaf bila kadang telat berkunjung balik.

Maaf link hidup tidak akan tampil disini, berkomentar yang baik itu salah satu cara mendapatkan backlink yang baik.

Copyright © 2016. KemejingNet - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Modification by KemejingNet Proudly powered by Blogger