logo blog
Selamat Datang Di Blog KemejingNet
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog KemejingNet,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Cara Mudah Mengkompres Gambar Dengan Photoshop

Cara Mudah Mengkompres Gambar Dengan Photoshop. Pada artikel yang lain, saya juga pernah membahas bagaimana caranya mengkopres gambar atau mengecilkan gambar, namun menggunakan aplikasi microsoft office picture manager. Nah, pada kesempatan ini kembali saya akan share bagaimana cara mudah mengkompres sebuah gambar namun dengan menggunakan aplikasi photoshop.

Mengkompres atau mengecilkan gambar pada umunya digunakan pada gambar yang akan diposting kedalam artikel. Adapun fungsi dari mengkompres gambar adalah agar ukuran gambar menjadi lebih kecil, namun tidak menggurangi kualitas dari gambar itu sendiri.

Adapun manfaat gambar yang dikompres sebelum diposting sebagai pelengkap sebuah artikel adalah agar tidak terlalu memberatkan loading sebuah halaman ketika halaman tersebut dibuka. Banyak cara yang bisa digunakan untuk mengkopres sebuah gambar dan salah satunya dengan menggunakan aplikasi photoshop.

3 Langkah Mudah Mengkompres Gambar Dengan Photoshop

# Langkah Pertama
Buka aplikasi photoshop di komputer Anda, lalu klik file -> Open (Ctrl+O) pilih gambar dari komputer Anda yang akan dikompres.

# Langkah Kedua
Setelah gambar terbuka di lembar kerja photoshop, silahkan klik file -> Save for web (Alt+Shift+Ctrl+S), untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini.

Cara Mudah Mengkompres Gambar Dengan Photoshop

# Langkah Ketiga
Dalam langkah ketiga, adalah dimana kita akan mengkompres atau mengatur ukuran gambar nantinya, adapun dalam menu ini ada 2 menu utama yang perlu kita setting, untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar dibawah.

Cara Mudah Mengkompres Gambar Dengan Photoshop

Fungsi menu pilihan  :
  1. Pada menu pertama pilih jenis gambar yang nantinya akan Anda buat, misalnya, Jpeg, Gif, dan juga PNG. Menu selanjutnya adalah kualitas gambar, dalam menu tersebut ada pilihan, Low, Medium, High, Very High, dan Maximum. Pilihlah menurut kebutuhan Anda.
  2. Pada menu yang kedua, adalah ukuran gambar, silahkan rubah angka dalam percent untuk mengkompres atau mengecilkan gambar.
  3. Setelah Anda menentukan ukuran gambar silahkan klik save. dan selesai.
Catatan :  Dalam hal ini saya menggunakan photoshop CS6, adapun tampilan menu pada photoshop seri CS yang lain bisa saja berbeda walaupun funsinya tetap sama, untuk itu silahkan disesuaikan menurut seri photoshop Anda.

Adapun untuk setting kompres ukuran gambarnya Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan Anda. Demikian tutorial Cara Mudah Mengkompres Gambar Dengan Photoshop kali ini, semoga bermanfaat, selamat mencoba.

Baca juga  :

Enter your email address to get update from KemejingNet.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

18 komentar

blum pernh menerapkan cara ini..coba ah di PS CS3..hehe

Balas

Silahkan dicoba, moga hasilnya keren.

Balas

Silahkan dicoba, moga hasilnya keren.

Balas

cuman pny ps jadul (ver.7)

Balas

kirain di kompres itu pakai lap sama air anget ternyata yang di maksud disini kompres mengecilkan ukuran gambar ya mas :) cara nya cukup mudah juga ya tapi kalau untuk saya bisa jadi susah nih karena bukan ahlinya :)

Balas

Kalau saya mah belum pernah kang menerapkan cara yang satu ini, tapi saya mah suka langsung dipostingannya kang lebih simpel caranya dan sama juga kang tidak mengurangi kualitas gambarnya tapi cara yang satu ini boleh lah dicoba dulu.

Balas

Bisa juga yah, saya malah belum pernah menggunakan fitur ini untuk mengkompres gambar.. mengenai kualitas gambar, gimana mas, apakah hasilnya tetap bagus?

Balas

tapi di laman posting sudah tersedia opsi mas....ukurang gambar kecil,sedang dan besar....namun cara ini bisa buat alternatif mas...

Balas

Menurut pengetahuan saya opsi didalam posting hanya untuk tampilan gambarnya saja mas, tp untuk kb nya akan tetap sama,

Balas

kalau fitur potoshop kwalitasnya tidak diragukan lagi mas...pasti maknyus....

Balas

Opsi di postingan itu hanya untuk tampilan besar kecilnya gambar didalam postingan mas, sedangkan mengkopres atau mengecilkan gambar disini adalah memperkecil ukuran kb dari sebuah gambar. Gitu mas.

Balas

oh jadi lebih ke fungsi mengecilkan ukuran Kb nya ya....

Balas

Kualitas gambar akan tetap bagus mas, dan gambar dengan ukuran kb yg besar bisa dikecilkan dengan cara mengkopres gambar ini mas, dan manfaatnya gambar dengan ukuran kb yg kecil tidak akan terlalu memberatkan loading.

Balas

Yup betul mas.

Balas

makasih langkahnya mas, jadi bisa mengkompres gambar pake photosop

Balas

untuk gambar blog, saran mas adhy usahakan (kalo bisa) ukuran dibawah 100kb

Balas

neng ayu kebiasaan pake pake paint sih

Balas

Oh gituh ya kang kalau begitu muantappp kang infonya maklum soalnya saya tidak terlalu perhatian kang kalau ke hal yang seperti itu mah, gk gk gk.

Balas

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda yang sesuai dengan topik, mohon maaf bila kadang telat berkunjung balik.

Maaf link hidup tidak akan tampil disini, berkomentar yang baik itu salah satu cara mendapatkan backlink yang baik.

Copyright © 2016. KemejingNet - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Modification by KemejingNet Proudly powered by Blogger