Sumber Datangnya Pengunjung (Traffic) Blog Yang Bisa Dimaksimalkan

Sumber Datangnya Pengunjung (Traffic) Blog Yang Bisa Dimaksimalkan. Pengunjung atau traffic blog yang melimpah tentu sesuatu yang sangat didambakan oleh para pemilik blog maupun website. Dengan jumlah pengunjung yang melimpah tentu sebuah blog akan mempunyai reputasi yang bagus, apalagi kalau blog tersebut telah dimonetisasi dengan iklan, baik itu AdSense maupun iklan-iklan yang lain, traffic yang melimpah tentu akan berdampak positif bagi penghasilan yang akan diperoleh.

Ada banyak sumber yang bisa mendatangkan pengunjung yang sebenarnya bisa dimaksimalkan, baik pengunjung organik yang datang dari search engine maupun pengunjung yang datang dari sumber-sumber lain. Walaupun banyak sumber yang bisa mendatangkan traffic, namun semua itu tidaklah akan maksimal jika tidak dilakukan dengan konsisten dan benar.

Sumber Datangnya Pengunjung (Traffic) Blog Yang Bisa Dimaksimalkan

#1. Sumber Pengunjung Langsung
Pengunjung langsung atau sering juga disebut (Direct Visitor) adalah pengunjung yang secara langsung mengunjunggi sebuat situs blog/web dengan tanpa referensi sumber manapun. Pengunjung seperti ini biasanya langsung mengetikkan nama alamat URL suatu blog/web di browser yang digunakan. Ada juga pengunjung langsung ini telah menyimpan alamat blog atau telah mem-bookmark sebuah halaman tertentu pada browser yang mereka pakai.

Untuk memaksimalkan pengunjung langsung ini, tentu sebuah blog/web telah memiliki reputasi yang bagus dimata pembaca. Dengan banyaknya artikel yang bermanfaat bagi pembaca di sebuah blog, tentu pembaca tidak tidak akan segan-segan untuk mem-bookmarknya agar pada kemudian hari dapat dengan mudah untuk mengunjunginya kembali. Pengunjung yang seperti ini bisa dikatakan adalah pengunjung setia

#2. Sumber Pengunjung Organik Dari Mesin Pencari (Search Engine)
Pengunjung organik adalah pengunjung yang datang secara langsung dari mesin pencari (search engine). Pengunjung seperti ini adalah pengunjung yang menemukan blog kita dengan menggetikkan kata kunci (keyword) tertentu yang sesuai dengan artikel yang telah kita posting. Pengunjung jenis ini merupakan dambaan setiap blogger, karena dengan banyaknya traffic yang datang secara organik dari mesin pencari, itu menandakan artikel yang kita buat banyak dibutuhkan orang.

Untuk mendapatkan pengunjung secara organik tentu dibutuhkan optimasi yang baik pada blog yang dikelola terutama dalam hal optimasi SEO (search engine optimation). Dengan tehnik SEO yang baik, entah itu dari template yang digunakan telah seo friendly maupun dari penulisan artikel yang juga seo tentu sebuah halaman akan mendapat peringkat yang baik dalam hasil pencarian.

Dengan semakin banyaknya artikel yang memiliki posisi yang baik di mesin pencari (halaman pertama) atau sering juga disebut page one, tentu peluang untuk memiliki pengunjung yang banyak akan semakin terbuka lebar. Namun tidak semua artikel yang ada di page one itu bisa mendatangkan traffic, hanya artikel yang benar-benar dibutuhkan dan bisa menjawab permasalahan yang dicari pembacalah yang akan bisa mendatangkan pengunjung secara berkelanjutan.

#3. Sumber Pngunjung Dari Social Media
Sosial media juga salah satu yang bisa dijadikan sumber datangnya pengunjung blog. Seperti kita ketahui kalau sekian dari sosial media yang ada memiliki fitur yang bisa digunakan oleh para penggunanya untuk berbagi apa saja termasuk link yang menuju website tertentu.

Dengan adanya fitur sharing ini, tentu banyak dimanfaatkan oleh para blogger untuk menarik pengunjung. Sosial media disini juga sudah termasuk forum-forum online yang banyak digunakan oleh para komunitas online, namun ada juga komunitas online tertentu yang tidak memperbolehkan untuk memasang link aktif.

Share sebuah artikel ke media sosial untuk mendapatkan pengunjung tentu juga harus dilakukan dengan tepat, artinya share link artikel ke media sosial juga disesuaikan dengan minat dan kesenangan yang sering dibahas didalam forum tersebut, jika kita salah untuk memilih topik yang kita share tentu hasilnya juga tidak akan maksimal.

#4. Sumber Pengunjung Dari Iklan dan Promosi Online
Untuk menjaring pengunjung dari iklan dan promosi online ini tentu dibutuhkan modal yang cukup lumayan. Sumber datangnya pengunjung ini merupakan sumber pengunjung dimana pengunjung mengunjungi sebuah website atau blog dikarenakan pengunjung tersebut melakukan klik pada iklan yang dikirim pemilik website atau blog pada pihak penyedia iklan.

Banyak website yang menyediakan ruang iklan yang bisa saja dipasanggi iklan, namun tentunya kita perlu membayar dengan ketentuan yang telah di tetapkan oleh penyedia ruang iklan. Di Social Media seperti facebook biasanya juga menyediakan ruang iklan yang bisa dimanfaatkan pemilik website untuk meningkatkan kunjungan ke website dari iklan.

#5. Sumber Pengunjung Dari Affiliasi
Dalam dunia internet sering kita jumpai beberapa website yang kerap kali menawarkan serta menjuat suatu produk dan juga jasa. Dalam hal ini website-website tersebut sering menetapkan sitem afiliasi pada setiap anggotanya. Dalam hal Ini para anggota diwajibkan untuk menyebarkan link Affiliasi mereka kepada publik agar mendapat share ataupun komisi dari produk yang mereka jual. Dalam hal ini tentunya sangat bermanfaat bagi pemilik website untuk meningkatkan kunjungan.

#6. Sumber Pengunjung Dari Website Referensi
Website referensi adalah sebuah website yang kita titipi link, link tersebut pada umumnya dimaksudkan untuk mendapatkan backlink. Namun pada prakteknya link tersebut sering kali bisa menjadi sumber pengunjung apabila ada yang mengngekliknya.

Link-link semacam ini biasanya dilakukan ketika blogwalking, maupun sebagai guest blogging di blog lain, serta bisa juga melalui website review, maupun cara sejenisnya yang juga sering dilakukan pleh pemilik website dan blog agar mendapat banyak backlink dari website referensi.

#7. Sumber Pengunjung Dari E-mail dan Chat
E-Mail dan Chat fungsinya hampir sama dengan sosial media yaitu untuk berkomunikasi. Dengan menggunakan emali dan chat disini kita bisa menyisipkan link URL yang menuju website atau blog tertentu. Disini nantinya pengguna yang menerima email maupun chat, jika mereka tertarik dengan apa yang kita bagikan melalui link yang kita sisipkan tentu mereka akan meng-kliknya. Pada umumnya sistem ini sering dipakai pemilik produk toko online untuk mendapatkan pelanggan tetap.

Tentunya masih banyak sumber  pengunjung yang bisa datang dari lain-lainnya terlepas dari 7 sumber yang saya sebutkan diatas untuk dijadikan sumber datangnya pengunjung. Beberapa sumber datangnya pengunjung lain misalnya melalui RSS feed atau fitur berlangganan artikel pada suatu website atau blog juga dapat menjadi sumber pengunjung tetap sebuah website atau blog.

Demikian Sumber Datangnya Pengunjung (Traffic) Blog Yang Bisa Dimaksimalkan, tentunya hal tersebut perlu kerja keras yang harus kita lakukan untuk mewujudkan apa yang kita inginkan. Demikian semoga bermanfaat. Salam blogger and happy blogging.
Ada pertanyaan? Diskusikan dengan penulis atau pengguna lain
Tautan disalin ke papan klip!