5 Alasan Kenapa Penghasilan Adsense Kecil

Alasan Kenapa Penghasilan Adsense Kecil - Google AdSsense, sampai saat ini masih menjadi buruan bagi blogger untuk mendapatkan penghasilan secara online. Banyak dari para blogger yang masih berjuang untuk mendapatkan akun adsense blog yang semakin hari semakin susah saja untuk mendapatkan approve dari AdSense, terlebih untuk akun non hosted atau full approve.

Memang tidaklah mudah untuk mendapatkan Akun AdSense, terutama yang non hosted. Bagi yang sudah diterima dan punya akun AdSense pun, akan dihadapkan pada bagaimana caranya agar setiap harinya bisa mendapatkan penghasilan yang semestinya. Namun disinilah letak permasalahan yang terkadang bikin galau para publisher AdSense, termasuk saya yaitu penghasilan AdSense yang kecil.

Walaupun belum begitu lama menjadi publisher AdSense, berdasarkan pengalaman selama ini yang saya alami, ada beberapa faktor yang menyebabkan minimnya pendapatan yang diperoleh dari adsense. Beberapa faktor tersebut adalah sebagai berikut :

Alasan-Kenapa-Penghasilan-Adsense-Kecil

5 Alasan Kenapa Penghasilan Adsense Kecil

1. Jumlah Visitor Dan Pageview

Kenapa saya memasukkan alasan jumlah visitor dan pageview di urutan pertama penyebab penghasilan kecil. Seperti kita ketahui bersama kalau pendapatan Adsense dari blog adalah ketika artikel kita dibaca oleh orang dan bila orang tersebut melihat dan klik iklan yang ada di blog kita, maka barulah kita mendapatkan penghasilan entah itu berapa besarnya karena setiap klik memiliki nilai yang berbeda-beda.

Oleh sebab itu traffic dan juga pageview sangat menentukan jumlah pendapatan dan juga klik iklan. Terkadang blog yang memiliki jumlah traffic yang tinggi-pun belum tentu bisa mendapatkan penghasilan yang bayak, apalagi jika tumlah traffic dan pageview sangat minim. Untuk itu sebelum kita mencari permasalahan yang lain, kenapa penghasilan adsense kita kecil, alangkah lebih bijak kalau kita ketahui terlebih dahulu jumlah traffic dan pageview blog kita.

2. Penempatan Dan Ukuran Jenis Iklan

Penempatan dan ukuran unit iklan adsense didalam blog juga menentukan, kenapa penghasilan masih kecil karena tidak sedikit blog yang telah memiliki traffic tinggi namun dari segi penghasilan adsense masih minim. Kadang hal tersebut dikarenakan penempatan kode iklan yang kurang pas, sehingga pengunjung blog tidak bisa melihat atau berinteraksi langsung dengan tampilan iklan.

Untuk menentukan penempatan iklan yang pas yang bisa mendatangkan klik, kita bisa merotasinya secara berkala agar kita tau unit iklan mana yang memiliki kinerja yang lebih bagus didalam mendatangkan klik. Untuk lebih mudah mengetahui kinerja unit iklan, kita bisa membuat saluran khuusus per unit iklan.

Baca juga :  Cara Meningkatkan BPK Google Adsense 

3. Jenis Niche Blog

Jenis tema blog juga menentukan nilai sebuah klik iklan, blog yang memiliki tema dan juga kata kunci yang  HPK (High Paying Keyword) nya tinggi tentu akan memiliki peluang mendapatkan penghasilan yang tinggi juga. namun memiliki blog yang memiliki juga memiliki tingkat persaingan yang tinggi pula.

4. Loading Blog

Kenapa saya juga menempatkan loading blog kedalan alasan penghasilan adsense kecil?,...

Jawabannya adalah,... Loading blog sangat menentukan datangnya pengunjung. Blog yang memiliki loading yang cepat tentu akan disukai oleh pengunjung, bila sebuah blog mempunyai loading yang lambat terkadang pengunjung akan meninggalkan blog kita sebelum blog terload dengan sempurna karena pada umumnya pengunjung akan tidak sabar kalau harus menunggu lama.

Selain alasan diatas, unit iklan akan terload lebih cepat apabila blog memiliki loading yang cepat. Bila blog memiliki loading lambat pada umumnya unit iklan akan lama munculnya dan itu sangat merugikan kita, karena pengunjung telah hampis selesai membaca artikel kita, baru iklan bisa muncul.

Salah satu solusi cara untuk membuat loading blog yang dipasang adsense agar lebih cepat adalah dengan cukup memasang satu Sckrip Kode Asinkron Untuk Semua Unit Iklan Adsense yang dipasang. Adapun cara memasang dan fungsi kode asinkron, silahkan baca melalui link diatas. Adapun solusi lainnya adalah dengan memakai template yang punya loading ringan.

5. Jenis Browser Dan Asal Pengunjung Yang Klik Iklan

Seperti kita ketahui bersama, kalau ada salah satu browser yang memang sengaja memasang Adblock agar iklan tidak bisa tampil. UC Browser adalah salah satu browser yang paling tidak disenagi oleh para publisher adsense. Oleh karena itu jika ternyata pengunjung blog kita banyak yang memakai browser tersebut sudah barang tentu penghasilan kita akan minim.

Selain itu, berdasarkan apa yang pernah dikatakan oleh para master adsense dan juga berdasarkan apa yang telah saya baca di berbagai blognya para master, klik iklan yang didapat dari pengunjung yang datangnya dari sosial media katanya juga memiliki nilai BPK yang kecil. Namun dalam hal ini saya sendiri juga belum bisa memastikan, karena saya sangat jarang share artikel ke medsos lain, selain google plus.

5 Alasan Kenapa Penghasilan Adsense Kecil yang saya sebutkan diatas hanyalah analisa saja, namun belum tentu akan bisa diterapkan pada blog Anda, karena pada dasarnya besar kecilnya penghasilan adsense sangat dipengaruhi oleh besarnya nila BPK (Biaya Per Klik) karena hanya pihak google adsense dan para pemasang iklanlah yang tau berapa besar nilai biaya per klik pada unit iklan.

Namun setidaknya dengan menerapkan beberapa alasan diatas berdasarkan pengalaman selama ini sedikit demi sedikit penghasilan dari blog ini menjadi naik, walaupun tidak secara signifikan. Demikian apa yang bisa saya tulis, apabila Anda memiliki cara lain untuk meningkatkan penghasilan adsense, saya merasa senang apabila Anda mau berbagi dengan saya maupun pembaca lain melalui kolom komentar. Salam blogger and happy blogging.
Ada pertanyaan? Diskusikan dengan penulis atau pengguna lain
Tautan disalin ke papan klip!