logo blog
Selamat Datang Di Blog KemejingNet
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog KemejingNet,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Cara Optimasi Gambar Dengan Title Text Dan Alt Text Pada Postingan

Selamat sore, buat para blogger dan juga pembaca semuanya, setelah sekian lama tidak posting tentang blog, pada kesempatan ini saya akan coba membahas tentang salah satu optimasi SEO yang sering deterapkan oleh banyak blogger agar artikel yang dibuat lebih SEO Frendly, yaitu tentang cara optimasi gambar dengan title text dan alt text pada postingan.

Berbicara tentang optimasi blog dan berbagai tehnik SEO, sebenarnya saya sendiri juga masih awam dan kurang begitu faham. Karena pada dasarnya tehnik seo itu sangat kompleks dan junga fleksibel, karena setiap waktu bisa berubah seiring dengan perkembangan algoritma mesin pencari. Namun sebenarnya ada beberapa tehnik seo dasar yang masih relevan bila digunakan walaupun telah terjadi banyak perubahan algoritma mesin pencari, terutama google.

Salah satu optimasi SEO dasar yang masih relevan untuk digunakan sampai saat ini adalah dengan memanfaatkan title text dan juga alt text apabila artikel yang kita buat menyertakan sebuah gambar. Sebelum kita masuk ke cara membuat title text dan alt text, sekarang kita bahas terlebih dahulu apa fungsi dan manfaat dari title text dan alt text tersebut.

Cara-Optimasi-Title-Text-Dan-Alt-Text-Pada-Gambar-Postingan

Fungsi Title Text

Sepeti kita ketahui arti dari title adalah judul, untuk itu bila kita mengoptimalkan title pada sebuah gambar postingan tentu gambar akan mempunyai judul yang jelas. Title ini akan berfungsi saat sebuah gambar disentuh oleh kursor. Selain itu title text akan menambah kata kunci yang telah kita tempatkan pada artikel.

Fungsi Alt Text 

Alternative text atau biasa disebut alt text fungsinya sebenarnya hampir sama dengan title text yaitu untuk memberikan informasi tentang sebuah gambar. Namun perbedaanya adalah, alt text akan terlihat ketika gambar tidak bisa di load secara sempurna ketika koneksi jaringan internet sedang mengalami gangguan. Ketika gambar tidak muncul maka alt text lah yang akan terlihat.

Catatan :

Google maupun mesin pencari yang lainnya tidak akan melihat gambar berdasarkan dari bentuk visualnya seperti apa yang orang lihat. Oleh karena itu dengan menambahkan alt text dan juga title text mesin pencari akan dapat membacanya. Untuk itu, dengan cara optimasi title text dan alt text ini akan mempunyai pengaruh SEO terhadap artikel yang kita posting.

Baca juga : Tips Posting Gambar Hasil Download Dari Internet

Cara Membuat Title Text Dan Alt Text

Saya yakin, bagi para blogger tentu sudah tidak asing lagi cara membuat membuat title tex dan alt text ini, namun tidak ada salahnya kalau saya juga membagikannya, siapa tau masih banyak blogger yang belum mengetahuinya, terutama bagi blogger pemula.

Disini saya akan menjelaskan secara langsung saja tanpa harus dari awal mengungah gambar kedalam postingan, karena pasti semua sudah faham.

1. Klik pada gambar yang telah Anda unggah, kemudian pilih option, pada image properties, silahkan isi seperti gambar dibawah ini.

Cara-Optimasi-Gambar-Dengan-Title-Text-Dan-Alt-Text-Pada-Postingan

2. Isi title text dengan nama gambar yang tentunya sesuai dengan isi artikel.
3. Isi alt text dengan judul artikel Anda, agar semakin membantu kata kunci yang Anda targetkan.

Pada kesimpulannya, dengan menambahkan title text dan alt text pada gambar dalam postingan tentu gambar akan lebih SEO dalam hasil pencarian, selain itu dengan adanya title dan alt text artikel juga akan terbantu dengan adanya gambar.

Namun perlu diingat, sebanyak apapun teknik SEO yang kita lakukan, itu tak akan berguna apabila artikel yang kita buat tidak disukai oleh pembaca, untuk itu buatlah artikel yang benar-benar human friendly bukan search engine friendly, karena tujuan utama kita menulis adalah untuk dibaca orang dan juga bermanfaat, SEO hanyalah sebagai pelengkap agar artikel kita bisa dibaca lebih cepat oleh mesin pencari.

Demikian mengenai Cara Optimasi Gambar Dengan Title Text Dan Alt Text Pada Postingan, yang bisa saya sampaikan, kurang lebihnya mohon maaf. Semoga bermanfaat. Salam blogger and happy blogging.

Enter your email address to get update from KemejingNet.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

7 komentar

Optimasi ini hukumnya wajib biar menambah seo artikel.ALT TEXT dengan Alt tag sama nggak mas solanya kalau di Wp alt tag disi kata kunci

Balas

simple dan sangat berpengaruh, harus dibiasakan pake alt image. good

Balas

setelah itu jangan lupa untuk menghapus border="0" di bagian HTML postingan untuk valid HTML5 sih.

Balas

Saya juga sering kang kalau melakukan ini mah karena gambar juga memiliki peran yang penting untuk membantu agar nangkring di page 1 google kang.

Balas

sejak awal ngblog saya teh sudah melakukan seperti tutorial soal title text dan alt text diatas, tapi mati paham maksud dan tujuannya mah kang....maklum kalo otodidak mah kalo kata mastah begituh ya begitu sampai akhir hayat juga....hadeuh

Balas

ada satu lagi mang sebelum border="0" ada juga...lupa saya teh namanya pokoknya mah ada angka = "0" juga deh

Balas

kalau penulisannya terbalik berpengaruh gak mas, saya menulis judul artikel di title text :D

Balas

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda yang sesuai dengan topik, mohon maaf bila kadang telat berkunjung balik.

Maaf link hidup tidak akan tampil disini, berkomentar yang baik itu salah satu cara mendapatkan backlink yang baik.

Copyright © 2016. KemejingNet - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Modification by KemejingNet Proudly powered by Blogger