logo blog
Selamat Datang Di Blog KemejingNet
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog KemejingNet,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Nasi Kebuli Dan Resep Cara Membuatnya

Nasi Kebuli Dan Resep Cara Membuatnya - Pada kesempatan ini kembali Alya akan berbagi sebuah resep khas Nusantara. Setelah pada kesempatan sebelumnya Alya berbagi tentang nasi kuning. Simak juga Resep Nasi Kuning Khas Indonesia.

Nasi kebuli adalah hidangan nasi berbumbu yang bercitarasa gurih. Seperti halnya nasi kuning Nasi kebuli juga dimasak dengan berbagai macam bumbu rempah-rempah.Namun bedanya nasi kebuli ini dimasak bersama kaldu daging kambing, susu kambing, dan minyak samin, dan disajikan dengan daging kambing goreng dan terkadang ditaburi dengan irisan kurma atau kismis.

Resep-Nasi-Kebuli

Hidangan nasi kebuli ini sangat populer di kalangan warga Betawi, di Jakarta dan warga keturunan Arab di Indonesia. Nasi kebuli menunjukan pengaruh budaya Arab Timur Tengah dan India Muslim, tepatnya tradisi Arab Yaman. Nasi ini mirip dengan nasi Biryani.

Dalam budaya Betawi, nasi kebuli biasanya sering disajikan dalam perayaan keagamaan Islam, seperti lebaran, Idul Adha, Maulid Nabi Muhammad SAW. Nasi kebuli juga populer di kawasan kota yang banyak terdapat warga keturunan Arab, seperti Surabaya dan Gresik.

Nasi kebuli dibuat dengan cara menanak nasi bersama kaldu kambing dan susu kambing (bisa juga diganti dengan santan). Daging kambing ditumis dan dicampurkan ke dalam nasi dengan juga membubuhkan minyak samin untuk memberikan aroma yang khas.

Bumbu-bumbu yang dihaluskan dan ditumis bersama nasi ini adalah bawang putih, bawang merah, lada hitam, cengkeh, ketumbar, jintan, kapulaga, kayu manis, pala, dan minyak samin. Kemudian daging kambing dimasak bersama dengan nasi setengah matang ini hingga akhirnya benar-benar matang. Daging kambing ini bisa diiris kecil-kecil dan dicampurkan ke dalam nasi, atau digoreng dan disajikan terpisah. Nasi kebuli biasanya disajikan dengan asinan nanas, kadang juga ditambahi sambal goreng hati.

Berikur ini resep nasi kebuli yang bisa Anda coba. Namun resep berikut tidak menggunakan kaldu kambing dan juga susu. Namun resep berikut kaldu kambing diganti dengan santan. Berikut resepnya  :

RESEP NASI KEBULI

Bahan-bahan.
  • 6 mangkuk beras (1 kg).
  • 6 gelas santan.
Bumbu-bumbu
  • Ketumbar, jinten, merica, kayu manis, daun salam, laos, serai, dau jeruk purut (semua bumbu dihaluskan kecuali daun salam, laos, serai, dan daun jeruk purut)
Cara membuatnya
  • Cuci beras, campurkan semua bahan dengan bumbu. Tanak nasi hingga matang. Nasi kebuli bisa dihidangkan dengan tahu goreng, telur rebus goreng kemudian disambal, daun seledri dan ketimun.
Demikian mengenai nasi kebuli serta resep dan cara membuatnya, semoga bisa menambah khasanah kita tentang berbagai macam masakan Nusantara. Semoga bermanfaat.

Enter your email address to get update from KemejingNet.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

5 komentar

wah kayane enak bwanget, saya belum pernah curt cobain nasi kebuli ini, kapan rencana kirim ke JKT mas..hehe

Balas

Bisa di pesan mas, :D :D nanti dikirim...

Balas

kalo beli sih pasti enak mas, tapi kalo buat sendiri hahahaa udah jangan ditanya lagi :D
eh tapi mas kalo "6 mangkuk gelas (1 kg)" itu mksdnya apa yah?

Balas

merasakan nasi kebuli sewaktu di jawa aja. pas kekalimantan malah jarang. kalau ada toh harus pesan dulu. makanya... coba agan blog ini mau ngirimin saya. pasti tambah ganteng dah.

Balas

Pak kabar, Mbah Dinan lama ndak muncul, kemana aja,?....

Nanti tak kirimin mbah nasi kebulinya, tp baunya aja yah biar cepet nyampai Kalimantan. :)

Balas

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda yang sesuai dengan topik, mohon maaf bila kadang telat berkunjung balik.

Maaf link hidup tidak akan tampil disini, berkomentar yang baik itu salah satu cara mendapatkan backlink yang baik.

Copyright © 2016. KemejingNet - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Modification by KemejingNet Proudly powered by Blogger