Sumber Makanan Pencegah Osteoporosis

Sumber Makanan Pencegah Osteoporosis. Osteoporosis atau kekeroposan tulang adalah keadaan dimana masa tulang menjadi tipis, rapuh, keropos dan mudah patah yang antara lain disebabkan oleh kekurangan kalsium. Faktor penyebabnya antara lain, usia, jenis kelamin, atau penyakit sekunder.

Wanita memiliki resiko terkena osteoporosis yang lebih tinggi daripada pria. Hal ini berkaitan dengan masa menopouse yang dialami wanita. Masa menopouse ini dipengaruhi oleh faktor hormonal. Masa menopouse merupakan kondisi dimana seorang wanita sudah tidak mengalami siklus haid lagi.

Kondisi menopouse ini terjadi pada wanita 45 tahun. Wanita yang telah mengalami menopouse tubuhnya tidak dapat memproduksi hormon esterogen lagi, sehingga resiko terkena osteoporosis akan meningkat karena salah satu faktor yang membantu pertumbuhan tulang telah hilang.

Sumber-Makanan-Pencegah-Osteoporosi


Jenis - Jenis Makanan Pencegah Osteoporosis

Untuk mencegah osteoporosis, asupan gizi yang sangat penting untuk diperhatikan bagi kesehatan tulang adalah kalsium. Apabila kita kekurangan kalsium, tubuh akan mengambil kalsium dari dalam tulang. Lama kelamaan kalsium dalam tulang akan habis, sehingga tulang menjadi tipis dan mudah patah walau terkena benturan ringan.

Memperbanyak konsumsi kalsium merupakan cara terbaik menjaga kesehatan tulang. Dengan demikian, sebaiknya kita mencukupi kebutuhan kalsium harian dengan mengkonsumsi makanan berkalium tinggi. Hal ini penting karena kalium merupakan zat gizi yang tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh kita.

Selain susu dan produk susu seperti keju, kalium dapat diperoleh dari berbagai jenis makanan seperti, susu, daging, buah-buahan, sayur-sayuran dan biji-bijian. Namun fakta menunjukkan bahwa produk susu merupakan sumber kalium yang paling baik karena kandungan kalsiumnya yang paling tinggi dibandingkan dengan jenis makanan lainnya.

Selain itu, susu tidak mengandung zat yang dapat menghambat penyerapan kalsium, sehingga kalsium pada susu mudah dicerna. Dari berbagai penelitian yang dilakukan, asupan kalsium yang cukup sepanjang hidup, sangat berperan penting dalam membantu mencegah osteoporosis.

Kolagen juga adalah salah satu jenis protein yang merupakan pembentuk tulang selain kalsium. Kolagen juga merupakan bahan dasar pembentuk jaringan kulit dan tulang rawan, Kolagen bisa didapat dari makanan seperti, ceker ayam, kaki sapi, agar laut, rumput laut dan lain-lainnya.
Ada pertanyaan? Diskusikan dengan penulis atau pengguna lain
Tautan disalin ke papan klip!