logo blog
Selamat Datang Di Blog KemejingNet
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog KemejingNet,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Cara Mengurangi Ukuran File Gambar Tanpa Kehilangan Kualitas Gambar

KemejingNet - Cara Mengurangi Ukuran File Gambar Tanpa Kehilangan Kualitas Gambar. Adalah hal yang menyenangkan jika dalam sebuah artikel terdapat banyak gambar, karena gambar bisa sebagai sarana visual untuk menyampaikan apa arti dari artikel yang kita buat. Situs dengan tema traveling biasanya sangat membutuhkan banyak gambar sebagai pelengkap ulasan artikel tentang pariwisata.

Ukuran gambar yang besar memang sangat bagus bila dilihat didalam postingan, karena gambar akan terlihat jelas dan cerah, namun salah satu nilai negatifnya untuk sebuah situs adalah akan memperlambat reload halaman saat dibuka, hal itu dikarenakan gambar yang ada terlalu besar ukurannya, apalagi jika gambar lebih dari satu.

Alat-Kompres-Gambar

Jenis-Jenis Format Gambar Yang Digunakan Blog/Web 

Sebelum kita masuk ke beberapa cara menggurangi ukuran file gambar tanpa kehilangan kualitas gambar, ada baiknya kita mengetahui beberapa jenis format gambar yang sering digunakan oleh blog maupun website.

1. Format JPEG : Gambar dengan format JPEG sangat cocok bila digunakan untuk blog fotografi digital, bentuk gambar format ini adalah berjenis foto, gambar format ini sering digunakan blog wisata, travel, blog resep dll.

2. Format PNG : Gambar dengan jenis format PNG ini paling banyak di pakai oleh blog secara umum, jenis format gambar PNG dapat di edit dan di kompres sampai dengan ukuran yang paling rendah yaitu (sekitar 70 %) dan hal itu tanpa mengurangi kualitas gambar asli. Gambar dengan format PNG ini cocok digunakan untuk blog yang lebih mengutamakan performa dan kecepatan loading. Kebanyakan blog yang menggunakan format PNG adalah blog tutorial.

3. Format GIF : Jenis format ini biasanya mendukung ukuran gambar yang kecil, seperti logo dan semacamnya.

Dimensi gambar yang sesuai untuk blog

Dimensi atau ukuran gambar bisa disesuaikan dengan template yang digunakan, berikut ini ukuran gambar yang pas untuk jenis-jenis template blog.

Blog dengan template 1 kolom gunakan gambar dengan ukuran 700 x 360 pixel atau 600 x 400 pixel
Blog dengan template 2 kolom gunakan gambar dengan ukuran 600 x 400 pixel atau 600 x 320 pixel
Blog dengan template 3 kolom gunakan gambar dengan ukuran 300 x 250

Bagaimana jika ukuran dimensi gambar tidak sesuai dengan ukuran di atas? Kita bisa mengedit gambar tersebut menggunakan softare gambar editor seperti photoshop atau Microsoft Office Picture Manager atau software editor gambar lainnya, buat size yang sesuai dengan template anda.

Ukuran Gambar Yang Bagus Untuk Blog

Posting gambar dengan ukuran ideal tidak hanya menghemat ruang di server, akan tetapi juga bermanfaat dalam meningkatkan kecepatan loading blog. Oleh karena itu, kebanyakan pengguna serta web master memilih untuk mengurangi ukuran gambar untuk menyimpannya disaat posting gambar secara online. Adapun ukuran gambar yang ideal adalah 65 – 115 kb. Lebih kecil juga akanlebih bagus asal kualitas gambar tetap jelas untuk dilihat.

Jika Anda ingin mencari cara untuk mengurangi ukuran file gambar tanpa menggurangi kualitas gambar, berikut ini beberapa aplikasi perangkat lunak yang bisa membantu Anda mengurangi ukuran gambar tanpa harus kehilangan kualitas. Anda dapat memilih layanan yang cocok untuk Anda gunakan.

1. Photoshop.
Photoshop memang salah satu aplikasi yang khusus untuk digunakan untuk mengolah jenis file gambar. dengan photoshop kita bisa meng-edit berbagai macam gambar dengan berbagai teknik. Selain itu photoshop juga bisa digunakan untuk menggurangi ukuran gambar yang tanpa harus takut untuk kehilangan kualitas gambar aslinya.

Silahkan baca :  Cara Mudah Mengkompres gambar Dengan Photoshop

2. Microsoft Office Picture Manager
Microsoft office picture manager adalah aplikasi bawaan windows, dalam setiap windows pasti terdapat aplikasi ini. Walupun terlihat sederhana, namun aplikasi ini sangat bagus bila digunakan untuk mengkompres gambar, selain untuk mengkompres gambar, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk edit gambar yang lainnya, seperti crop, roasi dll.

Silahkan baca :  Cara Mengkompres Gambar Dengan Microsoft Office Picture Manager.

Kompresi Gambar Secara Online

Bila Anda kesulitan untuk mengoperasikan 2 aplikasi diatas berikut ini saya rekomendasikan beberapa situs online yang bisa Anda kunjungi untuk mengkompres gambar tanpa harus kehilangan kualitasnya.

1. Kraken.io.
Ini adalah sebuah aplikasi online yang sangat baik untuk mengurangi ukuran gambar tanpa kehilangan kualitas. Mendukung semua format gambar yang besar. Situs ini juga menawarkan ekstensi Chrome dan Firefox yang sangat membantu.

2. jpegmini.com
jpegmini.com adalah layanan yang mudah namun sangat intuitif untuk mengurangi ukuran gambar tanpa kehilangan kualitas. Anda juga dapat memasukkan URL gambar untuk kompresi cepat dan mudah. Juga, meng-upload dari komputer Anda secara mudah dengan.jpegmini.

3. Tinypng.org.
Inilah alat paling mudah di web untuk mengurangi ukuran gambar Anda. Mendukung 20 gambar sekaligus dan menawarkan file dalam bentu  zip untuk di download.

4. Imageoptimizer.net
Jika Anda ingin kontrol atas kualitas rasio kompresi, aplikasi web ini adalah yang cocok untuk Anda. Anda dapat sedikit mengubah rasio kompresi yang sesuai dengan kebutuhan Anda dengan imageoptimizer ini.

Demikian Cara Mengurangi Ukuran File Gambar Tanpa Kehilangan Kualitas Gambar, semoga bermanfaat, bagi kita semua didalam menunjang kegiatan berselancar di dunia online terutama ngeblog. Salam blogger and happy blogging.
Enter your email address to get update from KemejingNet.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

6 komentar

sip gan, bolehlah ane coba..

Balas

saya biasa pake photoshof, dan diusakan ukuran dibawah 100kb. itu saya sih mas

Balas

Saya juga paling sering pakai photoshop mas, apalagi kalau untuk buat gambar ilustrasi.

Balas

Ws pokoknya sip gitu lah mas Ifrod :)

Balas

lgsg aku buru mas situs onlinenya...hehe
makasih mas sharenya^^

Balas

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda yang sesuai dengan topik, mohon maaf bila kadang telat berkunjung balik.

Maaf link hidup tidak akan tampil disini, berkomentar yang baik itu salah satu cara mendapatkan backlink yang baik.

Copyright © 2016. KemejingNet - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Modification by KemejingNet Proudly powered by Blogger