Strategi Jitu Meningkatkan Traffik Blog Dengan Sedikit Artikel

KemejingNet.com - Sebelum masuk ke topik mengenai Strategi Jitu Meningkatkan Traffik Blog Dengan Sedikit Artikel, sebaiknya Anda tanyakan pada diri Anda terlebih dahulu, apa sebenarnya tujuan dari ngeblog Anda, jika tujuan dari ngeblog Anda hanya untuk iseng atau hanya ingin menyimpan catatan pribadi Anda, tentu traffic tidaklah terlalu penting, mau ramai ataupun sepi tidaklah masalah.

Namun akan sebaliknya jika tujuan ngeblog Anda adalah untuk menghasilkan uang dari blog yang Anda kelola, sudah barang tentu traffic menjadi hal penting yang harus Anda pikirkan.

Tak bisa di pungkiri kalau setiap pemilik blog pasti menginginkan blognya ramai dikunjungi banyak orang. Banyak strategi yang bisa dioptimalkan untuk menjaring pengunjung baik itu share artikel di media sosial, blogwalking dan juga dengan mengoptimalkan artikel supaya bisa berada dihalaman pertama mesin pencari.

Bila ketiga dari ketiga cara yang saya sebutkan diatas yaitu share ke media sosial, blogwalking dan pengoptimalan agar artikel berada di halaman pertama google belum juga berhasil, Anda perlu berfikir keras dimana letak masalah yang terjadi.

Strategi-Jitu-Meningkatkan-Traffik-Blog-Dengan

3  Hal Kenapa Artikel Sepi Pengunjung

1. Blog Masih Baru.
Jika blog masih baru, jangan berharap terlalu banyak untuk mendapatkan pengunjung. Blog yang baru setidaknya memerlukan waktu 6 bulan untuk benar-benar bisa di crowl oleh mesin pencari secara sempurna. Untuk itu blog yang baru tentu artikel yang ada akan kalah bersaing dengan blog lama yang telah mempunyai rangking di google.

2. Topik Kurang Diminati.
Walupun artikel yang kita buat bisa nangkring di halaman pertama, namun jika topik yang kita bahas tidak banyak diminati oleh orang, itu akan sama saja tidak bisa meningkatkan traffik blog kita, karena artikel yang kita buat tidak ada yang mau membaca.

3. Kurang Strategi SEO.
Memang, sebagai blogger kita tidak dituntut untuk menjadi ahli SEO secara detail, karena SEO itu terlalu njlimet. Namun setidaknya kita juga harus memahami dasar-dasar SEO, terutama dalam penulisan artikel, SEO Onpage dan juga SEO Offpage.

Strategi Jitu Meningkatkan Pengunjung Blog

Strategi Pertama  :
Buat blog dengan domain TLD, blog dengan domain TLD akan memiliki kekuatan dan mampun bersaing di search engine. Jika terdapat artikel dengan topik yang sama antara beberapa blog, domain tld akan lebih kuat posisinya, tapi dengan catatan artikel yang ada memang benar-benar punya nilai serta blog dioptimasi dengan benar.

Disini saya tidak mengatakan kalau blog dengan domain gratis tidak bisa bersaing, karena pada kenyataanya banyak blogspot yang artikelnya bisa nangkring di page one-nya google. Tapi bila dicermati blogspot yang mampu berasaing rata-rata pemiliknya adalah para master yang telah berpengalaman di dunia SEO, jadi tidak salah jika blog tersebut selalu merajai halaman pertama google, seperti strukturkode.blogspot.co.id miliknya mas Didin Ajidin.

Strategi Kedua  :
Pilihlah topik yang benar-benar banyak diminati oleh banyak orang, salah satunya adalah bisa dengan menggunakan Google Trend. Dimana disitu kita dapat menemukan apa yang benar-benar lagi trend menurut waktunya. Namun dalam hal ini tentu harus disesuaikan dengan minat dan juga kemampuan yang kita punya.

Selain bisa dengan google trend, beberapa topik yang selalu ramai dikunjungi oleh banyak orang adalah tentang Bisnis online, lifesyle, blogging, hiburan, travelling dan masih banyak lagi topik yang bisa dipilih terutama yang berpotensi bisa mendatangkan pengunjung.

Stategi Ketiga  :
Strategi yang ketiga adalah didalam cara penulisan, SEO dasarnya adalah menempatkan kata kunci yang tepat didalam artikel, agar artikel mudah untuk ditemukan orang di search engine. Namun yang perlu diperhatikan disini adalah, jangan terlalu banyak mengulang kata kunci, usahakan buat kata kunci secara natural agar artikel juga enak dibaca, karena pada intinya artikel itu untuk dibbaca oleh orang bukannya mesin.

Dalam penulisan artikel, gunakan bahasa yang umum dan mudah difahami, menentukan jumlah baris dalam setiap paragraf juga perlu agar artikel enak dibaca dan mudah difahami. Jumlah baris yang sedikit dalam setiap paragraf akan enak dipadang dan tentu pembaca akan lebih cepat memahami apa arti kalimat yang ada dibandingkan dengan paragraf dengan baris yang panjang.

Kesimplannya  :
Pada kesimpulannya, untuk mendapatkan pengunjung yang banyak membaca artikel blog kita, kunci utama terletak di diri pengelola blog itu sendiri, bagaimana memaksimalkan strategi dan peluang yang ada didilam penulisan artikel, adapun untuk optimasi SEO yang lain itu hanyalah sebagai pelengkap saja.

Jika memang didalam blog kita terdapat artikel yang bermanfaat, serta gaya penulisan dan penyampaian kita juga enak, bukan tidak mungkin para pengunjung akan kembali lagi dan juga menunggu update artikel terbaru dari blog kita. Selain itu kunci lain didalam ngeblog adalah, pantang menyerah dan mau belajar, itu saja menurut saya.

Demikian postingan kali ini tentang Strategi Jitu Meningkatkan Traffik Blog Dengan Sedikit Artikel, semoga bisa difahami, terutama bagi blogger pemula. Akhir kata, tetap semangat dan happy blogging.
Ada pertanyaan? Diskusikan dengan penulis atau pengguna lain
Tautan disalin ke papan klip!