Pesona Alam, Air Terjun Curug Silawe Dan Curug Sigong, Magelang

Curug Silawe Dan Curug Sigong, Pesona Alam, Air Terjun Magelang
Curug Silawe

Pesona Alam, Air Terjun Curug Silawe Dan Curug Sigong, Magelang
 - Menikmati libur panjang, akan sangat menyenangkan apabila bisa mengunjungi tempat-tempat wisata. Bagi Anda yang berada di seputaran Magelang, Purworejo, Wonosobo dan Temanggung, berikut ini kami bagikan salah satu Pesona alam air terjun yang ada di kabupaten magelang, yang tepatnya berada di lereng Gunung Sumbing dataran tinggi dieng dengan ketinggian 5.000 mdpl.

Curug Silawe ini berada di Dusun Kopeng Kulon, Desa Sutopati, Kecamatan Kajoran, Kabupaten Magelang. Jawa Tengah. Untuk menuju Curug Silawe ini, biladari Borobudur, Anda tinggal melanjutkan perjalanan ke jalur utama Magelang-Purworejo, begitu pula sebaliknya bila Anda dari Purworejo. setelah sampai pertigaan krasak, kalau dari magelang lalu belok kanan, kalau dari Purworejo belok kiri menuju kaliangkrik.

Anda tidak perlukhawatir akan tersesat, karena sebelum pertigaan menju ke arah Kajoran telah terdapat petujuk arah menuju Curug Silawe. Adapun kondisi jalan yang harus ditempuh sudah beraspal dan masih bagus. Sebelum sampai ke Curug Silawe dan Curug Sigong, selama perjalanan Anda disuguhi pemandangan alam khas perbukitan yang sangat menarik, disepanjang jalan terhampar ladang dan sawah yang indah serta asri khas pedesaan.

Artikel Terkait :

Yang lebih memukau lagi Anda akan disuguhi view Gunung Sumbing yang menjulang indah yang nampak saat Anda berkendara. Udara yang sejuk dan asri khas pedesaan inilah yang akan membuat perjalanan yang berkelok-kelok sejauh 15 km dari pertigaan Kajoran sampai dengan Curug Silawe dan Curug Sigong tidak akan terasa melelahkan.

Biaya Masuk Dan Fasilitas Yang Ada


Tiket masuk meunju Curug Silawe dan Curug Sigong hanya Rp. 6000 per orang dan sudah termasuk asuransi jasa raharja dan juga biaya parkir. Fasilitas yang ada ada disekitar lokasi antara lain, tempat parkir walaupun tidak terlalu luas, Toilet dan juga warung-warung makan serta jajanan. Jangan lupa tiket masuk jangan sampai hilang karena saat pulang nanti akan diminta lagi oleh petugas.

Dari tempat parkir kita hanya perlu berjalan kaki sepajang 200 meter untuk menuju lokasi, jalanan pun sudah tertata dengan rapi yang dibuat berundak karena sedikit menurun untuk sampai di kedua lokasi curug. Pemandangan pertama yang akan Anda lihat setelah sampai adalah air terjun curug silawe.

Curug Silawe Dan Curug Sigong, Pesona Alam, Air Terjun Magelang



Curug Silawe


Curug Silawe memiliki ketinggian sekitar 60 meter, curug ini memiliki debit air yang cukup besar, aliran air curug silawe sendiri adalah langsung dari lereng Gunung Sumbing, menurut sumber dari warga setempat Curug silawe ini tidak pernah kering walaupun saat musim kemarau, cuma kalau dimusim kemarau pasti debitnya saja yang berkurang.

Nama Silawe sendiri menurut sumber warga setempat didapat dari nama sarang laba-laba (yang dalam bahasa jawa disebut lawe). Kalau dicermati hempasang air yang terjun memang sekilas seperti sarang laba-laba atau lawe yang membentang. Didasar air terjun ini terdapat terdapat kolam (bahasa jawa kedung) yang tidak terlalu dalam. Disini pengunjung bisa mandi sambil berselfie risa dengan background view air terjun silawe.

Curug Silawe Dan Curug Sigong, Pesona Alam, Air Terjun Magelang
Curug Silawe

Curug Sigong 

Curug yang kedua adalah Curug Sigong, curug ini terletak tidak jauh dari curug yang pertama yaitu curug silawe. Untuk menuju curug sigong pengunjung hanya butuh melewati sebuah tembatan yang membentah dibawah curug silawe. Berbeda dari curug yang pertama, curug sigong memiliki debit air yang lebih kecil, namun yang lebih memikat dari curug sigong adalah bebatuan yang ada membuat air terjun yang ada lebih tampak menarik.

Curug Sigong memiliki tinggki sekitar 15 meter.  Curug ini dinamakan sigong karena pada dahulu kala pada malam-malam tertentu sering terdengar suara bunyi gong dari arah air terjun ini.  Untuk dapat bermain air disekitar limpahan dari air terjun SiGong ini, pengunjung harus menyeberang aliran Silawe dan menaiki anak tangga kembali kearah kanan dari Silawe

Curug Silawe Dan Curug Sigong, Pesona Alam, Air Terjun Magelang
Curug Sigong

Curug silawe dan curug sigong ini sebenarnya sudah sejak lama dibuka untuk obyek wisata, namun seiring dengan perkembangan jaman, kondisi tempatnya semakin baik, dengan penambahan fasilitas-fasilitas umum yang ada demi kenyamanan pengunjung. Bagi Anda yang ingin menikmati Curug Silawe Dan Curug Sigong, Pesona Alam, Air Terjun Magelang, silahkan saja untuk berkunjung, semoga menyenangkan.

Ada pertanyaan? Diskusikan dengan penulis atau pengguna lain
Tautan disalin ke papan klip!