Trik Membuat Foto Autofocus (AF) Dengan Photoshop

Trik Membuat Foto Autofocus (AF) Dengan Photoshop - Lama tidak utak atik photoshop, rasanya kangen juga he..he.. Di penghujung tahun 2016 ini, kembali saya akan mencoba melakukan trik agar foto menjadi Autofocus (AF) dengan bantuan photoshop. Sebagai bahan eksperimen saya menggunakan sebuah foto bunga yang saya ambil melalui kamera ponsel jadul saya yang tidak ada menu autofocusnya.

Sebelum masuk ke tutorial ini, sebaiknya kita fahami terlebih dahulu apa itu autofocus. "Autofocus (AF) adalah fungsi kamera untuk otomatis memfokuskan pada subjek sebuah benda yang akan kita ambil gambarnya. Sebagian besar kamera digital secara umum telah memiliki fungsi ini. Ada beberapa metode AF, yang tersedia, namun tentunya itu semua tergantung pada model kamera yang Anda miliki.

Untuk memiliki kamera yang ada fitur autofocus bagus, dibutuhkan budget yang tidak sedikit, karena kamera DLSR harganya cukup lumayan menguras kantong. Nah... bagi Anda yang belum mempunyai kamera yang ada Autfocusnya, kita bisa memanipulasi foto dengan menggunakan photoshop. Adapun cara untuk merubah suatu objek foto menjadi focus dengan photoshop adalah sebagai berikut, mari kita belajar sama-sama.

Trik Membuat Foto Autofokus (AF) Dengan Photoshop

Trik-Membuat-Foto-Autofocus-(AF)-Dengan-Photoshop
Sebelum Di Edit
  • Buka aplikasi adobe photoshop CS5 Anda.
  • Pilih file -> Open -> (Ctrl+O) Pilih foto yang ingin anda edit.
  • Setelah foto terbuka, buat duplicate foto dengan cara menekan Ctrl + J, 
  • Pilih Brush Tool (B) lalu klik Edit in Quick Mask Mode (Q) Lihat gambar dibawah
Trik-Membuat-Foto-Autofocus-(AF)-Dengan-Photoshop
  • Sapukan brush ke area objek foto yang akan difocuskan, hingga menjadi seperti gambar dibawah.
Trik-Membuat-Foto-Autofocus-(AF)-Dengan-Photoshop
  • Setelah semua area objek yang akan difocuskan tersapu brush, lalu klik lagi Edit in Quick Mask Mode (Q) fungsinya untuk mengembalikan ke mode semula, maka akan ditemui garis putus-putus, lihat gambar dibawah. 

Trik-Membuat-Foto-Autofocus-(AF)-Dengan-Photoshop
  • Lalu pada menu klik Filter => Blur => Grausian Blur.

Trik-Membuat-Foto-Autofocus-(AF)-Dengan-Photoshop
  • Lalu atur Radiusnya, untuk menjadikan objek foto yang tidak akan menjadi focus menjadi blur. Atur sesuai keinginan, lalu klik Ok.
Trik-Membuat-Foto-Autofocus-(AF)-Dengan-Photoshop
  • Hilangkan garis putus-putus dengan cara tekan Crl+D lalu simpan foto, maka jadi sudah sebuah foto yang seperti dihasilkan dari jepretan kamera yang memiliki Autofocus.
  • Adapun hasil foto yang saya edit adalah seperti berikut ini.
Trik-Membuat-Foto-Autofocus-(AF)-Dengan-Photoshop
Setelah Di Edi

Demikian Trik Membuat Foto Autofocus (AF) Dengan Photoshop, selamat mencoba, semoga apa yang saya bagikan bermanfaat, Salam blogger and happy blogging.

Trik Membuat Foto Autofocus (AF) Dengan Photoshop Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Isrofi Achmad

7 komentar

selalu saja kalau urusan photoshop tutorialnya jlimet dan puanjang, padahal pas prakteknya mah cuman kla-klik doang ya mang....katanya...da sayah mah nggak bisa maen photoshop-an teh

Kalau kualitas fotonya bagus malah jadi ala ala pake DSLR

Boleh juga nih kang ilmunya? langsung saya praktekan ah, biar kaya orang orang gitu upload foto blur dan hanya fokus pada diri kita hehehe

Ngomong ngomong itu sotoshopnya yang versi lama ya kang?

Ini pakai cs5 kang, cs4 cs6 jg bisa.

Ga biasa pake sotoshop... biasa pake photoscape ajah

Cuma lebih sering ngatur focus di kameranya saha. Lebih enak begitu

O ya satu lagi... fotonya bagusan yang sebelum diedit. Bunganya lebih jelas. Yang diedit, justru bunganya jadi agak kabur

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda yang sesuai dengan topik, mohon maaf bila kadang telat berkunjung balik.

Maaf link hidup tidak akan tampil disini, berkomentar yang baik itu salah satu cara mendapatkan backlink yang baik. Out Of Topic Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon