Cara Cek Kemampuan Seo Blog

Search Engine Optimimization (SEO) merupakan suatu cara untuk mempengaruhi sebuah situs web atau blog agar bisa muncul di hasil pencarian organik mesin pencari dengan kata kunci tertentu tanpa ada bantuan iklan atau promosi. Seperti kita ketahui, ketika kita mengetikkan kata kunci di pencarian google pasti akan muncul 10 hasil pencarian teratas, dan itulah kata kunci yang memenangkan persaingan SEO.

Sebatas pengetahuan yang saya tau, ada beberapa kriteria yang sangat mendukung kemampuan seo sebuah blog dan diantaranya adalah (Jika ada yang salah silahkan dibetulkan)
  • SEO On page dan SEO Off Page.
  • Template/Theme
  • Penempatan Kata Kunci
  • Umur Blog.
Dalam kesempatan ini, saya tidak akan membahas keempat kriteria kemampuan SEO blog yang telah saya sebutkan diatas, namun lebih spesifik kepada bagaimana cara cek kemampuan seo sebuah blog, baik dari blognya sendiri maupun dari penulis blognya.

Untuk mengecek kemampuan seo blog sebenarnya boleh dibilang gampang, karena kita tinggal membuat artikel yang mempunyai nilai persaingan yang tinggi di hasil pencarian. Ketika artikel yang kita buat dengan kata kunci yang mempunyai persaingan yang tinggi dapat masuk di 10 besar teratas itu artinya kemampuan seo blog kita bisa dibilang sudah cukup mumpuni.

6 Cara Cek Kemampuan SEO Blog
  1. Cari kata kunci dengan persaingan tinggi.
  2. Silahkan buat artikel yang sama namun dengan gaya bahasa Anda sendiri (Dilarang copy paste)
  3. Buatlah artikel yang lebih lengkap pembahasannya dari pesaing yang sudah ada.
  4. Silahkan publish artikel Anda.
  5. Jika artikel yang Anda buat bisa masuk 10 besar dan bersaing dengan blog-blog para senior, itu artinya kemampuan SEO blog Anda sudah bisa diandalkan dan tinggal bagaimana Anda mengoptimasinya.
  6. Namun, jika artikel yang Anda buat tidak muncul dan entah nyungsep di halaman berapa, itu artinya masih banyak PR yang harus Anda kerjakan, entah itu dari SEO On Page, SEO Off Page, penempatan kata kunci atupun template yang Anda gunakan.
Dengan semakin banyaknya blog-blog baru yang muncul, tentu persaingan akan semakin ketat, untuk itu mau tidak mau, sebagai blogger kita juga harus semakin belajar bagaimana mengoptimasi blog dan juga belajar bagaimana menulis sebuah artikel yang enak untuk dibaca dengan penempatan kata kunci yang tepat tanpa harus kehilangan makna akibat kebanyakan kata kunci.
Ada pertanyaan? Diskusikan dengan penulis atau pengguna lain
Tautan disalin ke papan klip!