03/02/17

Tips Dan Strategi Bisnis Masakan Daerah

Tags

Tips Dan Strategi Bisnis Masakan Daerah - Di tengah gencarnya serbuan masakan asal luar negeri yang semakin menjamur, tentunya masih banyak juga orang yang menyukai masakan khas daerah Indonesia. Oleh sebab itu bisnis masakan daerah mempunyai prospek yang lumayan bagus untuk dijalankan.

Selain melakukan wirausaha, berbisnis kuliner daerah, sekaligus bisa mendukung pelestarian budaya Daerah Indonesia. Selain itu ber-bisnis masakan daerah tentu dalam tingkat persaingan jumlahnya sangat sedikit, karena jenis masakan daerah tentu sulit di dalam pembuatan-nya (bisa dikatakan tidak semua orang bisa).

Walaupun ber-bisnis masakan daerah mempunyai peluang yang bagus untuk dijalankan, tentu hal itu tidak lepas dari strategi yang harus dijalankan sebelum memulai bisnis kuliner ini. Berikut ini ada 3 tips serta strategi yang mudah-mudahan bisa membantu Anda yang kebetulan akan memulai bisnis kuliner masakan daerah.

Tips-Dan-Strategi-Bisnis-Masakan-Daerah

3 Tips Dan Strategi Bisnis Kuliner Daerah

1. Tips Pertama  :  Strategi Menentukan Target Market

Sebelum terjun dan menekuni suatu bisnis entah itu bisnis apapun, langkah awal yang sangat mendasar adalah menentukan target pasar konsumen. Karena konsumenlah yang nantinya akan menentukan suksesnya bisnis yang akan kita lakukan. Langkah untuk menetukan target market yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut  :
  • Tahap awal lakukanlah reset untuk mengetahui siapa nantinya yang akan paling banyak membeli dan juga mengkonsumsi masakan daerah yang Anda buat.
  • Target market yang bisa diamati secara langsung antara lain adalah target menurut usia, target menurut wilayah serta dari latar belakang profesinya.
  • Sebelum membuat produk, fahamilah terlebih dahulu apa jenis masakan daerah yang paling banyak disukai target market yang dituju.
  • Apabila target market telah ditentukan, pastikan jenis masakan daerah yang dijual sesuai dengan hasil pengamatan Anda terhadap citarasa yang disukai pembeli.

2. Tips Kedua  :  Strategi Menentukan Brand Merek Dagang

Tips kedua yang perlu dilakukan adalah dengan strategi menentukan merek dagang Anda. Merek dagang sangat penting, karena nantinya merek itulah yang akan diingat banyak orang. Langkah menentukan merek dagang adalah sebagai berikut  :
  • Memilih nama usaha sebagai brand yang tepat.
  • Pilihlah nama merek dagang yang singkat, jelas, unik, dan menarik serta mudah untuk diingat.
  • Jangan lupa untuk membuat logo untuk melengkapi merek dagang Anda.
  • Gunakan tagline yang menarik agar brand lebih mudah diingat.
  • Agar merek dagang Anda lebih populer, promosikan merek dagang Anda melalui berbagai media sosial yang Anda punya.

3. Tips Ketiga  :  Strategi Keunggulan Produk

Strategi ini adalah strategi yang paling menentukan di dalam berbisnis kuliner, yaitu strategi keunggulan produk. Seberapa banyak strategi yang Anda lakukan, rasanya tidak akan mempunyai pengaruh jika bisnis Anda tidak mempunyai keunggulan dibanding pesaing yang lain.

Dalam bisnis kuliner rasa adalah yang paling diutamakan dan di padu dengan tingkat higienis masakan yang Anda buat maupun dalam penyajiannya. Berikut ini beberapa strategi yang bisa dilakukan agar produk Anda mempunyai keunggulan  :
  • Rasa dan penataan sajian masakan. Rasa yang enak dengan dipadu dengan penataan yang cantik tentu akan menarik perhatian konsumen.
  • Inovasi penggunaan bahan. Gunakan bahan yang berbeda, namun mempunyai citarasa yang tetap enak untuk di konsumsi. 
  • Kegunaan tambahan pada produk Anda, misalnya menggunakan bahan organik, rendah kolesterol, sehingga saat menyantap, konsumen mendapatkan tambahan lebih.
  • Harga dan pelayanan mesti bisa menarik perhatian konsumen. Berikan harga yang bersaing dan pelayanan yang baik, hal tersebut tentu akan membuat usaha kuliner Anda akan lebih unggul.

Tips Tambahan  :  Strategi Pembuatan Brosur

Strategi pembuatan brosur ini bisa Anda terapkan sebagai strategi tambahan saja. Brosur bisa ditempatkan di meja konsumen yang bisa dibaca dan juga bisa dibawa pulang, selain itu brosur juga bisa ditambahkan dalam kemasan jika ada pelanggan yang membeli dalam bentuk oleh-oleh.

Dengan membuat brosur, tentu promosi akan semakin luas dengan banyaknya brosur yang telah tersebar saat dibawa oleh pembeli. Adapun strategi pembuatan brosur-nya adalah sebagai berikut  :
  • Siapkan jenis brosur yang dibuat dari kertas yang sesuai dengan anggaran Anda.
  • Pilihlah desain yang menarik sesuai dengan target market dan isinya membuat orang ingin membeli.
  • Pastikan kelengkapan isi brosur terpenuhi seperti, Alamat, Kontak, Foto produk, serta paket promosi sebagai penawaran yang menarik.
Beberapa tips dan strategi bisnis masakan daerah di atas hanyalah teori saja yang tidak akan pernah terwujud jika Anda tidak melakukan-nya dengan tekun. Setelah melakukan perencanaan usaha yang matang serta persiapan tahap selanjutnya yang mesti Anda lakukan adalah Action dengan tekun dan siap untuk berproses. Hal itulah yang nantinya akan menunjang bisnis masakan daerah Anda, sehingga bisnis Anda akan tetap eksis sampai tahun-tahun berikutnya. Selamat ber-wirausaha.

Butuh Referensi Tentang Aneka Masakan,? Silahkan klik ling berikut Aneka Kuliner

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda. Maaf link hidup tidak akan tampil disini, berkomentar yang baik itu salah satu cara mendapatkan backlink yang baik.
EmoticonEmoticon