13.3.17

10 Cara Meningkatkan Pendapatan Dari Google Adsense

Tags

10 Cara Meningkatkan Pendapatan Dari Google Adsense - Setiap blogger yang telah menjadi publisher Google Adsense, entah itu master maupun newbie seperti saya, pasti mempunyai keinginan dan bahkan ambisi yang sangat besar agar dari waktu-kewatu pendapatannya semakin meningkat. Berbagai cara pasti akan ditempuh asalkan masih dalam batas kewajaran dan tidak melanggar kebijakan google adsense.

Meningkatkan pendapatan dari google adsense itu tidaklah semudah membalikkan telapak tangan, dibutuhkan waktu dan juga fikiran bagaimana cara yang tepat supaya penghasilan semakin bertambah dari bulan ke bulan dan yang terpenting adalah bisa selalu gajian tiap bulannya. Walaupun sebenarnya saya masih newbie banget dan belum lama berkecimpung di dunia blog dan adsense, setidaknya ada beberapa hal yang bisa saya amati dan pelajari mengenai grafik peningkatan pendapatan dari adsense, terutama dari blog yang saya kelola.

Adapun beberapa faktor yang bisa menunjang peningkatan pendapatan adsense adalah sebagai berikut :

1. Traffic Pengunjung Yang Memadai

Traffic pengunjung yang memadai adalah faktor penunjang utama dimana earning yang akan kita dapatkan semakin meningkat. Bagaimana mau menapatkan klik iklan kalau pengunjung saja masih minim. Bisa dikatakan prosentase klik iklan itu adalah 100-1, itu artinya, jika blog kita dapat kunjungan 1000 prosentase akan mendapatkan klik adalah 10 klik saja dan itupun dengan nila BPK yang kecil bila blog Indo. Untuk itu walaupun nilai BPK kecil, namun jika jumlah traffic tinggi pasti pendapatan juga akan banyak.
Artikel Terkait : Mau Traffic Blog Meningkat?
2. Jangan Pernah Bosan Untuk Selalu Update Artikel Baru

Jika blog diibaratkan sebuah pasar, maka artikel adalah dagangannya. Oleh sebab itu bila dangangan kita sedikit secara otomatis pendapatan kita juga akan sedikit. Begitu pula dengan sebuah blog, jika artikel masih sedikit namun mengharapkan pengunjung yang banyak itu adalah hal yang sangat mustahil.  Untuk itu sebagai blogger, apalagi jika sudah bermain adsense kita dituntut untuk tidak bosan dalam membuat artikel-artikel baru, karena dengan semakin bertambah banyaknya artikel yang ada kemungkinan besar traffic blog akan semakin meningkat dan begitu pula dengan pendapatan adsensenya. Inti dari menjadi blogger adalah kita harus berinvestasi pada artikel yang sebanyak-banyaknya

3. Gunakan Template Responsive Dan Fast Loading

Pengguna internet saat ini bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun, dijaman yang semakin mobile ini perangkat smartphone android sagatlah banyak digunakan oleh banyak orang. Untuk itu sebagai blogger juga harus cerdas dalam menangkap hal ini. Menggunakan template yang responsive sangatlah dianjurkan agar situs web/blog kita bisa diakses menggunakkan perangkat apapun.

Memilih template yang mempunyai loading cepat juga sangat dianjurkan, karena iklan google akan mudah muncul jika kita menggunakan template yang mempunyai kecepatan tinggi. Semakin ceppat iklan muncul peluang untuk mendapatkan klik banyak juga semakin besar. Selain itu blog yang bisa diakses dengan cepat juga akan menggurangi rasio pentalan (Bounce rate)

4. Penempatan Iklan Yang Tepat

Penempatan iklan yang tepat juga merupakan salah satu faktor utama didalam menunjang pendapatan dari adsense. Unit iklan yang diletakkan didalam postingan akan mempunyai kinerja yang bagus karena pengunjung bisa langsung melihatnya. Selain itu dengan menempatkan kata kunci yang tepat didalam artikel akan memungkinkan iklan muncul sesuai dengan keywoard yang kita target.

5. Jangan Terlalu Banyak Pasang Unit Iklan

Walaupun saat ini google adsense tidak lagi membatasi berapa unit iklan yang boleh dipasang di setiap halaman, namun kita juga tidak boleh memasang iklan terlalu banyak. Terlalu banyak iklan yang dipasang belum tentu pendapatan akan semakin meningkat, meding memasang unit iklan yang sedikit tapi hasilnya lebih optimal.

Terlalu banyak iklan dalam halaman juga akan mempengaruhi loading blog yang semakin berat. selain itu banyak iklan yang berjubel juga akan membuat pengunjung menjadi kurang nyaman, dan itu menjadi salah satu penyebab rasio pentalan yang tinggi karena pengunjung merasa terganggu dengan banyaknya iklan.

6. Buatlah Saluran Khusus

Google adsense menyediakan saluran khusus untuk dibuat oleh para publisher, fungsi dari saluran khusus ini adalah, kita bisa menargetkan slot iklan yang terpasang pada pemasang iklan. Dengan membuat saluran khusus(Costum Chanel) para pengikllan bisa memilih dimana mereka akan memasang iklan mereka, dan ini adalah salah satu cara yang cukup mujarab untuk meningkatkan pendapatan.
Artikel Terkait : Cara Meningkatkan Nilai BPK Google Adsense
7. Pantau Perkembangan Unit Iklan

Memantau peningkatan perkembangan unit iklan sangat perlu dilakukan, dan disinilah fungsi dari poin ke 6 yang telah saya sebutkan diatas yaitu membuat saluran khusus (Costum Chanel). Selain bisa menargetkan unit iklan dengan saluran khusus kita bisa memantau bagaimana pendapatan dari unit iklan yang kita pasang di saluran khusus tersebut. Apabila ternyata unit iklan tidak berjalan baik, kita bisa menggantinya dengan unit iklan yang baru.

Dengan saluran khusus, kita bisa menempatkan iklan di jenis-jenis artiket tertentu saja, untuk lebih bainya tempatkan salluran khusus pada artikel yang mempunyai jumlah pengunjung yang banyak, karena hasil akan lebih optimal untuk meningkatkan pendapatan.

8. Konsisten

Konsisten adalah modal utama didalam meningkatkan penghasilan adsense, jangan hanya gara-gara pendapatan yang belum banyak kita jadi malas untuk membuat artikel, karena artikel adalah kunci utamanya seperti yang telah saya katakan di poin yang kedua diatas.

Konsisten yang kedua adalah, jangan mudah terpengaruh pada apa yang Anda lihat ketika teman anda membagikan cara maupun penempatan unit iklan di blog di blog mereka, belum tentu cara yang dilakukan orang lain akan sesuai dengan blog yang kita miliki. Namun sebagai blogger kita juga tidak bisa lepas dari referensi sesama blogger lain. Yakini dan pantau perkembangan iklan Anda sendiri, kalau memang sudah mempunyai kinerja yang bagus lanjutkan dulu sebelum mencoba cara-cara lain.

9. Jangan Pasang Iklan Lain

Iklan google adsense bisa disandingan dengan program periklanan lainnya asalkan jenis iklan tersebut tidak bertentangan dengan google, namun untuk lebih bagusnya dalah 1 web/blog hanya ada satu jenis program periklanan saja. Bila dalam satu blog ada jenis program iklan jumlah klik yang akan didapat bisa saja akan terbagi dua dan hal itu tentu akan menggurangi pendapatan salah satunya. Oleh sebab itu jika penghasilan dari google adsense Anda ingin meningkat, sebaiknya pasang iklan dari adsense saja.

10. Jangan Lupa Untuk Tetap Berdoa

Sebagai manusia yang tentu menganut suatu agama, entah itu agama apapun pasti mengajarkan untuk tidak lupa dalam berdoa disetiap llangkah kita. Kita sebagai manusia hanyalah wajib untuk berusaha adapun untuk hasil Tuhan-lah yang akan menentukan karena Dialah sang pembagi Rizki pada semua makhluk ciptaanNya di bumi ini. Sekuat apapun kita berusaha, jika Tuhan belum memberikan semua tidak akan terjadi.

Ke 10 Cara Meningkatkan Pendapatan Dari Google Adsense diatas hanyalah analisa saja, namun walaupun hanya analisa setidaknya cara tersebutlah yang selama ini saya terapkan untuk blog ini, dan hasilnya walupun belum seberapa saya sudah merasakannya. Demikian catatan seorang newbie yang mungkin bisa menjadi bahan referensi bagi publisher google adsense yang lain. 

1 komentar so far

Bang.... minimal berapa hari diterima blog kita dia AdSense :)

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda. Maaf link hidup tidak akan tampil disini, berkomentar yang baik itu salah satu cara mendapatkan backlink yang baik.
EmoticonEmoticon