15.3.17

Perbedaan Antara Prosesor Intel Core i7 Dan AMD Vision

Tags

Ketika berbicara tentang prosesor baik itu untuk komputer desktop maupun laptop, AMD dan Intel adalah dua nama yang benar-benar patut untuk diperhitungkan. Sementara intel sudah menjadi perysahaan yang besar, namun AMD juga terus berjuang untuk menjadi penguasa chip agar memiliki hak pasar. Oleh sebab itu boleh dikatakan kalau kedua brand ini, adalah penguasa terbesar pasar komputer saat ini.

Kompetisi ini tentu menjadi hal yang baik bagi para konsumen, karena kedua perusahaan ini akan saling bersaing untuk membbangun prosesor yang lebih cepat dan efisien yang berarti para pemakai bisa mendapatkan hasil yang lebih baik dan lebih efisien. Keluaran terbaru CPU mobile dan desktop intel didasarkan pada inti i7, sedangkan AMD prosesor Vision dirancang sama yang menawarkan semua dalam satu CPU dan terintegrasi grafis untuk meningkatkan kinerja pada komputer pribadi.

Core dan Threads

Baik AMD Vision dan Intel i7 Prosesor, menawarkan beberapa core CPU. Core pada dasarnya merupakan prosesor tambahan dalam CPU yang memungkinkan PC untuk multithread atau melakukan perhitungan dan operasi di segi paralel. Tergantung model, Prosesor AMD Vision kemungkinan bisa memiliki empat atau bahkan delapan core. Intel i7 CPU umumnya hanya memiliki empat core, kecuali pada seri ekstrim dengan harga yang mahal.

Intel mencakup teknologi yang dikenal sebagai hyper-threading yang menciptakan tambahan prosesor virtual untuk multithreading atau operasi paralel. Teknologi hyper-threading adalah hal yang unik yang tidak ada  pada AMD. Namun teknologi hyper-threading Intel tidak meningkatkan kinerja dengan menggandakan jumlah prosesor virtual, Anda hanya akan melihat peningkatan kecepatan jika Anda menggunakan sistem operasi dan aplikasi yang baik yang mendukung prosesor virtual. Meskipun semua versi Windows modeern mendukung hyper-threading, namun banyak juga sistem operasi lain yang tidak menggunakannya.
Artikel terkait :  Jenis Prosesor Intel Dari Waktu Kewaktu
Cache Memory

Untuk meningkatkan kinerja prosesor, AMD dan Intel mulai memproduksi jumlah yang berfariasi dari memori cache untuk membantu proses dan mendorong data lebih cepat melalui jaringan kedalam aplikasi. Secara umum, semakin besar jumlah memori cache prosesor makan akan semakin tampil.

Cache Perbandingan

Kebanyakan core i7 memiliki minimal 8MB cache memory sementara berbasis Visi rendah-end, prosesor mungkin memiliki sesedikit hanya 2MB. jumlah cache pada kedua seri prosesor sedikit berbeda dari model ke model, tapi prosesor Intel umumnya memiliki rasio cache-to-core yang lebih baik. Misalnya, Intel i7 2700K prosesor dan berbasis Visi AMD FX-8150 CPU keduanya memiliki 8MB cache memory L3-tingkat. Namun, jika Anda mempertimbangkan bahwa Intel i7 2700K hanya memiliki empat core dan AMD FX-8150 memiliki delapan, Anda dapat melihat bahwa prosesor Intel menawarkan jumlah yang lebih besar dari memori cache per core. Akibatnya, empat core di 2700K i7 dapat bekerja lebih efisien; mereka tidak harus mengirimkan data yang diminta ke dan dari hard drive sesering.
Artikel terkait : Cara Tercepat Mematikan Laptop Maupun Komputer (Shutdown)
Perbedaan terintegrasi Video

Sementara prosesor Intel i7 memiliki sedikit keuntungan dalam kinerja CPU murni atas rekan-rekan AMD nya, seri Visi prosesor memiliki tinggi-end GPU terintegrasi. prosesor Intel i7 menggunakan HD perusahaan tahun 2000, HD 2500, HD 3000, HD 4000 dan HD 5000 chipset grafis terintegrasi. Intel dirancang chipset grafis yang lebih untuk digunakan multidisplay dan encoding video. CPU berbasis Vision AMD menggunakan chipset HD yang dibuat oleh ATI. chipset ATI umumnya memberikan jauh lebih baik 3-D dan game kinerja daripada yang digunakan dalam prosesor Intel. AMD membeli ATI pada tahun 2006 khusus untuk tujuan katering untuk pengguna yang membutuhkan kinerja grafis high-end.

Harga dan Tujuan Penggunaan

Jika Anda ingin daya prosesor baku, memilih i7 CPU Intel. Jika Anda ingin semua terjangkau dalam satu solusi yang menawarkan kinerja yang cukup cepat dan grafis game yang lebih baik, pilih salah satu prosesor seri AMD Vision. Bagi Anda yang suka bermain game dan membutuhkan daya baterai yang lama, menggunakan i7 CPU Intel dengan kartu video diskrit ATI atau NVidia merupakan pilihan yang terbaik dari kedua nya. Kinerja lebih cepat dan kinerja grafis yang luar biasa. Ingat bahwa prosesor Intel i7 membutuhkan biaya yang cukup signifikan bila dibandingkan dengan AMD Vision. Harga prosesor 3960X flagship i7 Intel adalah sekitar empat kali lipat harga sebuah AMD.

Kesimpulannya

Baik AMD vision maupun Intel core i7 memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, semua tergantung pada kebutuhan penggunanya. Kiranya itu yang bisa saya tulis mengenai Perbedaan Antara Prosesor Intel Core i7 Dan AMD Vision, Semoga bermanfaat.

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda. Maaf link hidup tidak akan tampil disini, berkomentar yang baik itu salah satu cara mendapatkan backlink yang baik.
EmoticonEmoticon