12.4.17

6 Tips Jitu Agar Artikel Blog Bisa Masuk Pageone

Tags

6 Tips Jitu Agar Artikel Blog Bisa Masuk Pageone - Bosan buat artikel blog tapi tidak juga bisa masuk di pageone google?... He...he.. sabar Mas Bro... Mbak Bro... jangan keburu berputus asa, semua ada jalannya asalkan tau tehniknya. Sebenarnya kenapa sih halaman pertama google itu selalu menjadi rebutan para penulis online?, terutama blogger. Menurut sebagian orang sumber datangnya traffic itu ialah jika artikel blog banyak yang berada di pageone, walaupun sebenarnya itu semua tidak selamanya benar, karena artikel yang tidak di pageone juga bisa menadangkan pengunjung.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi sebuah artikel blog untuk bisa bersaing dan masuk di pageone-nya google. Faktor-faktor itulah yang harus dipelajari oleh seorang penulis blog. Dari beberapa artikel blog ini yang kebetulan berada di pageone, saya berasumsi kalau sebenarnya tidak perlu ilmu SEO yang muluk-muluk, cukup pengetahuan SEO dasar saja dan cara penulisan artikel yang benar, sebuah artikel kadang sudah mampu untuk bersaing masuk halaman satu google.

Ada 6 tips jitu yang bisa Anda coba praktekkan didalam mengelola blog Anda,Dari keenam tips tersebut, yang pertama Backlink, Artikel Original, Gambar Original, Menulis langsung di blog, Jumlah kata dalam artikel dan yang terakhir adalah kata kunci yang natural. Dari keenam tips tersebut merupakan modal SEO yang paling mendasar agar sebuah blog mampu bersaing dengan blog yang lainnya.

Ilustrasi-Original

6 Tips Jitu Agar Artikel Blog Bisa Masuk Pageone

#1. Backlink

Ada sebagian blogger yang mengatakan kalau backlink saat ini tidak terlalu berpengaruh terhadap posisi blog di SERp. Pendapat tersebut tidaklah salah namun juga tidak benar, kenapa demikian?. Backlink yang tidak mempunyai pengaruh terhadap posisi blog, adalah backlink yang tidak berkualitas, namun jika backlink yang berkualitas tentu akan mempunyai pengaruh yang kuat untuk blog.

Backlink adalah link baling yang menuju ke blog kita dari web lain, adapun untuk mendapatkan backlink caranya bisa macam-macam, cara yang termudah dan aman adalah dengan blogwalking dan berkomentar di blog orang lain, Namun blogwalking disini adalah blogwalking yang baik, yaitu dengan meninggalkan komentar yang relefan bukannya Spam.

Cara lain untuk mendapatkan backlink yang bagus adalah dengan menjadi penulis tamu di blog maupun web lain terutama blog/web yang telah memiliki posisi yang bagus di Serp. Menjadi penulis di web besar akan memiliki manfaat yang bagus bagi blog kita, karena kita akan mendapatkan backlink yang kuat.

Semakin banyak backlink yang berkualitas yang menuju ke blog kita, itu artinya blog kita juga akan dianggap bagus oleh mesin pencari. Untuk itu memperbanyak backlink yang berkualitas sangat diperlukan agar artikel blog kita mampu untuk selalu bersaing untuk memperebutkan halaman pertama.

#2. Artikel Original

Artikel original adalah artikel yang memang dari hasil pemikiran kita sendiri, walaupun terkadang apa yang kita tulis sudah ada yang membahasnya. Namun jika artikel yang kita tulis tersebut benar-benar keluar dari kepala kita pasti pembahasannya akan berbeda dengan artikel yang sama yang sudah ada sebelumnya.

Jangan pernah copy paste artikel orang lain karena itu akan semakin membuat citra blog Anda semakin buruk di mata mesin pencari. Artikel yang memiliki ke-originalan walau ditulis dengan apa adanya malah akan mampu bersaing untuk memperebutkan posisi pageone.

#3. Gambar Original

Untuk pelengkap sebuah artikel, pasti dibutuhkan seuah gambar sebagai ilustrasi agar artikel nampak lebih padat dan berisi dan akan mempercantip penampilan sebuah blog. Terkadang pula orang juga akan mencari sesuatu informasi dengan gambar lewat google image. Untuk itu gambar yang original tentu akan mempunyai peluang besar muncul di google image karena masih unik dan belum ada yang menyamai.

Sebenarnya membuat gambar ilustrasi sebuah artikel itu tidaklah sulit, karena telah banyak aplikasi untuk membuatnya, misalnya Paint dan juga Photoshop. Gambar yang unik itu tidaklah harus bagus yang penting mampu melengkapi artikel yang kita tulis.

4. Tulis Langsung Di Blog

Kenapa saya memasukkan tips ini kedalam 6 tips jitu agar artikel bisa mmasuk pageone?...

Jawabannya sederhana, setiap aktifitas kita disetiap online pasti akan direkam oleh pihak google, untuk itu jika kita menulis langsung di blog, tentu artikel kita akan dipandang unik dan bukan hasil copy paste.

Bagaimana kalau artikel kita tuliis dulu di word atau notepad?

Walupun artikel yang kita tulis terlebih dahulu di word maupun notepad itu benar-benar-hasil dari pemikiran kita, namun jika kemudian kita copy paste kedalam blog, tentu aktifitas kita yang terekam, juga terkesan copy paste dan itu sedikit banyak juga akan mempengaruhi ke-originalan artikel yang kita buat.

Untuk itu walupun harus sedikit mengeluarkan kuota internet yang cukup lumayan, alangkah baiknya jika artikel yang kita buat kita tulis langsung di blog agar lebih optimal.

#5. Jumlah Kata 500 Keatas

Jumlah kata juga sangat menentukan sebuah  artikel untuk mampu bersaing di halaman pertama google. Untuk itu sangat disarankan untuk membuat artikel dengan jumlah kata minimal 500 keatas.

Hal ini sangat masuk akal, karena jika ada artikel yang sama pembahasannya dengan artikel yang kita buat namun dengan jumlah kata yang lebih banyak dan pembahasan lebih lengkap tentu artikel kita akan tidak mampu untuk bersaing dengan artikel yang lainnya.

#6. Biarkan Kata Kunci Natural

Sebelum membuat sebuah artikel, tentu kita telah membidik kata kunci tertentu yang akan kita bahas. Namun akan lebih bijak kalau kata kunci yang kita bidik tersebut kita tulis secara natural dan biarkan apa adanya tanpa terlalu banyak menjejali artikel dengan banyak kata kunci. Artikel dengan terlalu banyak kata kunci, selain bisa membingungkan pembaca juga malah akan dianggap spam oleh robot mesin pencari.

Jika sebuah artikel sudah dianggap spam karena terlalu banyak kata kunci, jangan harap artikel akan muncul di halam pertama, kalaupun muncul itu tidak akan mampu bertahan lama karena akan tersingkir oleh artikel-artikel yang original dan user friendly.

#7. Tips Tambahan

Jika Anda mempublish artikel baru, sebaiknya hindari untuk share artikel terlebih dahulu ke media sosial apapun sebelum sebelum artikel Anda terindeks mesin pencari terlebih dahulu karena hal ini akan berakibat kurang baik untuk posisi artikel di serp.

Kesimpulan

Pada intinya menulis di blog itu mudah, biarkan kita menulis apa adanya tanpa terbebani oleh aturan seo yang begitu rumit, biarkan google yang menentukan apakah artikel yang kita buat itu bermanfaat atau tidak, jika memang bermanfaat google pasti akan menempatkan artikel kita pada posisi yang stratrgis.

Dan perlu Anda mengerti kalau sebenarnya artikel yang ada di pageone juga belum tentu bisa menyumbang traffic yang signifikan, semua tergantung dari apa yang dibutuhkan oleh pembaca. Walaupun tidak berada di pageone tapi jika artikel kita memang dibutuhkan dan bisa menjawab permasalahan yang sedang dicari pembaca tentu artikel juga akan tetap dicari dan mendatangkan traffic. Demikian, semoga bermanfaat.

4 komentar

kalau bisa backlink nya berasal dari yang original ya mas, :D

Mantappp kang,, ini yg saya lakukan memang banyak artikel saya masuk page one walaupun jumlah kata hanya 400san..

He..he.. begitulah kira-kira Pak Ibrahim..

Maksih dah mampir, lama ndak saling sapa lg.

Siip kang... kalau gitu, berarti Mas Fadiansyah Trump sudah mempraktekannya selama ini, buktinya dah banyak artikelnya yang pageone.

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda. Maaf link hidup tidak akan tampil disini, berkomentar yang baik itu salah satu cara mendapatkan backlink yang baik.
EmoticonEmoticon