01/04/17

Artikel Tidak Harus Pageone Untuk Dapatkan Pengunjung Organik

Tags

Tak bisa dipungkiri kalau halaman pertama google atau pageone selalu menjadi incaran para blogger dengan kata kunci yang telah mereka targetkan dalam artikel yang dibuat. Pageone google sangatlah potensial untuk menjaring datangnya pengunjung organik yang masuk ke blog. Artikel yang masuk halaman pertama bisa dikatakan adalah pitu utama jumlah traffic yang akan didapatkan.

Apakah artikel yang tidak masuk pageone google tidak bisa mendatangkan pengunjung organik?

Berdasarkan pengamatan saya pada beberapa artikel milik saya pribadi, tidak selamanya artikel yang tidak bisa nangkring di pageone google itu tidak bisa mendatangkan pengunjung organik. Ada 2 artikel saya yang pertama adalah "Bingung Mau Nulis Apa?", artikel tersebut haya berada di page dua saja, namun sejak publish mulai 29 Januari 2016, artikel tersebut telah mendapatkan pengunjung sebanyak 36 ribuan.

Mendatangkan-Pengunjung-Organik

Kasus yang kedua yang saya amati pada artikel saya adalah artikel tutorial tentang photoshop yaitu "Cara Membuat Banner Iklan Animasi Sederhana Dengan Photoshop". Artikel tersebut sampai dengan kurun waktu saat ini adalah salah satu artikel yang masuk dalam daftar artikel terpopuler yang ada di blog ini yang banyak dikunjungi. Namun yang membuat saya sendiri heran artikel tersebut tidak saya temukan ketika saya cari dengan keywoard tersebut dan entah berada di halaman berapa.

Google Punya Caranya Sendiri Untuk Menempatkan Sebuah Artikel

Berkaca dari kedua artikel yang saya sebutkan diatas, bisa ditarik kesimpulan kalau tidak selamanya artikel yang tidak berada di halaman pertama google itu tidak dapat memberikan kontribusi datangnya pengujung. Lalu pasti Anda bertanya kenapa artikel tersebut bisa dapat banyak pengunjung?. Nah itulah anehnya google, pasti google punya caranya sendiri untuk menempatkan sebuah artikel di hasil pencariannya.

Seperti apa yang banyak dikatakan oleh berbagai webmaster, kalau saat ini algoritma google akan menempatkan artikel yang benar-benar mempunyai keunikan, yang dimaksud keunikan disini adalah artikel tersebut memang mempunyai pembeda dari artikel yang lain, walupun sebenarnya dalam segi konteks yang dibahas tujuannya sama.

Konsep Dasar SEO

Banyak dikatakan kalau untuk mendatangkan banyak pengunjung blog dibutuhkan kemampuan SEO yang baik, hal itu memanglah benar adanya namun tidak selamnya benar juga, he..he.. bingung kan bacanya, begini penjelasannya :

Mesin pencari google maupun mesin pencari lainnya merupakan sebuah layanan produk yang pastinya menginginkan semua penggunanya merasa puas dengan layanan mereka. Sedangkan pengguna menginginkan kalau situs website yang terbaiklah yang muncul di halaman pertama. Oleh sebab itu mesin pencari selalu akan menampilkan hasil terbaik untuk setiap kata kunci yang dimasukkan oleh pengguna.

Pada intinya konsep dasar seo adalah mengacu pada website yang terbaik untuk kata kunci yang diinginkan pengguna, dan biasanya mesin pencari akan menilai yang terbaik itu adalah dari segi,
  • konten yang disajikan, 
  • struktur dan navigasi tertata rapi, 
  • kepuasan pengguna 
  • dan juga popularitas.

Bagaimana Menulis Artikel yang Bisa Mendatangkan Banyak  Pengunjung Organik?

Lain dulu lain pula sekarang, dulu ebuah artikel masih bisa dijejali dengan banyak kata kunci agar artikel bisa masuk di halaman 1 mesin pencari walaupun kalau dilihat dari segi kualitas artikel sangat tidak user friendly. Artikel yang tidak user fiendly adalah artikel yang hanya menitik beratkan pada mesin pencari agar setiap orang yang mengetikkan kata kunci tertentu artikel tersebut bisa ditemukan.

Saat inipun sebenarnya penempatan kata kunci juga masih sangat diperlukan, namun artikel harus tetap menitik beratkan pada kepuasan pembaca, jagan sampai karena terlalu banyak kata kunci malah pesan yang akan di sampaikan menjadi kabur dan membingungkan pembaca. Kata kunci yang terlalu banyak diulang saat ini malah cenderung bisa dikatakan spam oleh mesin pencari dan hal itu yang kadang malah bikin artikel yang dipublish menjadi tenggelam entah kemana.

Point-point penting artikel yang bisa mendatangkan pengunjung

#1. Pertama adalah original. Yang dimaksud original adalah artikel yang kita buat benar-benar hasil dari tulisan kita sendiri bukan copy paste. Jagan harap artikel copy paste akan mampu bersaing di search engine, kalaupun mampu cepat atau lambat jika sang pemilik artikel asli tau dan melaporkan ke google, bersiap-siaplah artikel tersebut ditendang oleh google dan yang lebih parah bisa-bisa blog kita akan di hapus permanen.

#2. Kedua adalah artikel unik. Unik adalah artikel yang punya pembeda dari artikel-artikel yang ada. Walaupun artikel yang kita buat masih baru namun jika ternyata artikel tersebut telah banyak ada bisa dikatakan artikel tersebut sudah tidak unik lagi. Oleh sebab itu jika kita mau membuat artikel yang kebetulan sudah banyak dibahas oleh orang lain, sebaiknya buatlah dalam pembahasan dan juga gaya bahasa yang berbeda dengan artikel lain agar kelihatan keunikannya.

#3. Ketiga menjawab apa yang diinginkan pembaca. Untuk membuat artikel yang bisa mendatangkan pengunjung adalah dengan menyajikan apa yang benar-benar orang cari dan bisa menyelesaikan permasalahan yang sedang mereka alami. Jenis artikel yang seperti inilah yang sebenarnya google sukai, dalan lambat laun walau sebelumnya artikel tersebut tidak berada di pageone, google akan menempatkan artikel tersebut berdasarkan dari kepuasan pengunjung.

Kesimpulan

Pada intinya menjadi blogger itu memang harus kreatif, kreatif dalam artian kita harus mampu untuk selalu menyajikan hal-hal baru yang belum ada. Untuk mendatangkan pengunjung organik memang bukanlah perkara yang mudah dan juga perlu ditunjang dengan ilmu SEO dalam blogging, namun tidak selamanya kita jug harus terpaku dengan Seo yang njlimet, karena cukup dengan pengetahuan seo dasar dan kretifitas serta originallitas yang kita sajikan semua itu bakal tercapai. Semoga bermanfaat..  

8 komentar

blogger itu, tibak boleh kaku yang mas. menulislah dengan gayamu jika temanya bebas. :D

template premium ya mmas...

jika ditanya Apakah artikel yang tidak masuk pageone google tidak bisa mendatangkan pengunjung organik...saya menjawab ...bisa ....tetapi frekuensinya rendah...berbeda dgn artikel yg setidaknya 50 bahkan 70 persen masuk pageone google

Betul mas, harus selalu mengikuti perkembangan, terutama perkembangan alogoritma mesin pencari.

Iya Mas Trik, punyaknya Arlina

Yup betul sekali, walau tidak ada di pageone artikel tetap bisa mendatangkan pengunjung walau tidak sebanyak yg ada di pageone. Tetapi terkadang google jg punya caranya sendiri untuk menempatkatan artikel dengan jenis kata kunci tertentu.

Agak jarang saya menulis si blog sibuk dengan kata kunci, meski bikin artikel apa adanya. Alhamdulillah jumlah pengunjung lumayan meningkat.

Gimana cara mengikuti alogaritma google seperti yang mas Isrofi sampaikan diatas? bisa dijelaskan sedikit mas?

hihi bingung ya mas Riyan, saya sendiri yang nulis jg bingung :) :)

Intinya gini mas, algoritma google saat ini tidak butuk SEO yang muluk-muluk, cukup SSEO dasar aja, yaitu SEO onpage dan juga SEO Offpage.

Setelah itu menulislah apa adanya tanpa terlalu banyak menjejali artikel dengan banyak kata kunci. Karena google tau mana artikel yg bener-benar berkualitas, dan itu yang akan mendapat tempat di hasil pencarian. Seperti apa yang dikatakan Pak Ifrod Maksum diatas.

Sepakat Pak Ifrod, punya saya juga gitu, artikel yang saya tulis asal-asalan dan apa adanya malah kebanyakan yang bisa masuk pageone, sedangkan artikel yg dengan kata kunci tertarget malah entah nyungsep dimana.

Kesimpulannya google sekarang benar-benar memprioritaskan pada artikel yang benar-benar user friendly.

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda. Maaf link hidup tidak akan tampil disini, berkomentar yang baik itu salah satu cara mendapatkan backlink yang baik.
EmoticonEmoticon