26/04/17

Cara Memilih Baju Batik Yang Bagus Dan Sesuai Dengan Kebutuhan

Tags

Trend baju batik dari tahun ke tahun semakin meningkat saja, Aneka motif batik baik itu batik tradisional maupun batik modern kian pesat perkembangannya. Dengan semakin banyaknya motif dan model baju batik yang ada, tentu akan semakin memanjakan para pecinta baju batik untuk memilih berbagai model. Namun hal itu juga terkadang bisa membuat pecinta baju batik malah bingung bagaimana cara memilih baju batik yang bagus dan sesuai dengan kebutuhan.

Untuk memilih baju batik yang bagus memang haruslah jeli, terutama didalam memilih pola serta motif yang sesuai, agar saat dikenakan juga enak dan serta tidak kelihatan norak. Selain sesuai dengan kebutuhan baju batik yang bagus adalah baju yang enak dikenakan dan sesuai dengan bentuk tubuh.

Berikut ini, kami bagikan beberapa tips untuk memilih baju batik yang bagus serta berkualitas yang bisa menunjang penampilan Anda agar lebih trendy dengan busana tradisional namun tetap percaya diri.

Batik-Pilihan


4 Tips Memilih baju Batik Yang Bagus

#1. Motif Batik
Saat ini telah banyak terdapat berbagai motif batik, untuk itu Anda harus pandai-pandai memilih motif yang sesuai dengan warna kulit, bentuk tubuh serta kebutuhan Anda. Pilihlah motif batik yang telah memiliki nama yang terkenal. Motif batik yang bagus adalah batik yang dibuat dengan cara tradisional bukan batik cap, walaupun memang harganya akan lebih mahal.


#2. Pola Jahitan
Baju batik yang bagus akan terlihat dari pola jahitan, penjahit yang telah profesional tentu akan menghasilkan jahitan yang bagus. Jika Anda akan memilih baju batik yang telah jadi perhatikan pola gambarnya. Pola jahitan yang bagus akan terlihat pada titik sambungan antara gambar yang satu dengan yang lain akan saling menyambung.

Yang sering terlihat ketara dalam perpaduan gambar motif adalah pada bagian bahu, antara sambungan pada lengan, pola jahitan yang bagus disitu akan tetap terlihat sambungan yang sesuai antara gambar satu dengan yang lainnya.

Jika Anda membeli kain batik, pilihlah penjahit yang bagus agar pola baju yang dihasilkan juga sempurna. Sebagus apapun bahan yang Anda miliki, namun jika hasil potongan pola tidak sesuai dan tidak memperhatikan serat pada bahan yang ada, tentu hasilnya juga akan kurang bagus untuk dilihat saat dikenakan.

#3. Ukuran Baju
Ukuran baju juga akan sangat mempengaruhi penampilan, untuk itu sesuaikan ukuran baju dengan tubuh Anda. Jika Anda memiliki tubuh yang kurus, sebaiknya Anda jangan memilih baju yang kegedean karena akan mengurangi penampilan. Sebaliknya jika Anda memiliki baju yang gemuk, alangkah baiknya Anda jangan memilih baju yang terlalu sempit karena malah akan semakin membuat tubuh Anda terlihat gemuk.

#4. Sesuaikan Kebutuhan
Memilih baju juga harus disesuaikan dengan kebutuhan Anda, supaya Anda tidak ditertawakan oleh orang saat mengenakannya karena tidak sesuai dengan keadaan. Berikut ini beberapa pilihan baju batik menurut kebutuhan.
  • Gaya Kasual : Bagi Anda yang yang membutuhkan baju kasual, sebaiknya pilihlah jenis batik yang memiliki motif dengan corak flora dan fauna. Hal penting yang perlu diperhatikan pula adalah baju batik memiliki perpaduan warna yang cerah, sehingga akan memberi kesan aktif dan juga ceria. Untuk gaya kasual, kenakan busana berpotongan simpel dengan aplikasi atau detail menarik. Dan agar nyaman dipakai, untuk busana kasual pilihlah batik yang terbuat dari katun.
  • Ukuran Tubuh : Bagi Anda yang kebetulan memiliki tubuh yang besar, sebaiknya pilih baju batik yang memiliki ukuran sedang. Selain itu sebaiknya hindari memilih baju yang memiliki ukuran terlalu kecil. Bagi Anda yang memiliki tubuh yang kecil pastikan Anda memilih baju yang memiliki ukuran kecil dan pas dengan tubuh Anda. Jika kamu memiliki tubuh yang besar, pilihlah motif geometris yang berukuran sedang, atau kombinasi motif geometris yang besar dengan yang ukurannya kecil agar sesuai dengan proporsi tubuh kamu. Sedangkan bila kamu memiliki tubuh yang mungil, jangan ragu untuk memilih batik bermotif geometris berukuran sedang agar bentuk tubuh tampak lebih proporsional.
  • Batik Untuk Kerja : Untuk Baju batik yang akan dikenakan saat bekerja, pilihlah baju yang memiliki motif dan kombinasi warna gelap serta memiliki pola geometris agar penampilan terlihat rapi, simpel dan juga formal. Untuk aktivitas kerja, pastikan kamu memilih desain busana yang simpel namun tegas, sehingga tetap berkesan profesional. Hanya jika diperlukan bisa ditambah detail atraktif yang terkesan minimalis, seperti opnaisel, ploi, saku, atau tali pinggang, Terakhir, pilihlah batik yang terbuat dari katun dan tambahkan superlining sebagai pelapis dalam (furing) agar jatuhnya busana terlihat lebih tegas dan rapi.
  • Baju Batik Untuk Pesta : Apabila kamu ingin membuat busana pesta atau resmi dari kain batik, kamu bisa menggunakan berbagai jenis motif dan paduan warna. Untuk acara pesta yang beratmosfer santai atau semiresmi, kamu bisa memilih batik bermotif fauna dan flora dalam paduan warna cerah ataupun terang. Untuk acara pesta yang resmi, batik bermotif fauna dan flora dalam paduan warna cerah ataupun terang.
Itulah beberapa Cara Memilih Baju Batik Yang Bagus Dan Sesuai Dengan Kebutuhan yang bisa dicoba, smoga bermanfaat.

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda. Maaf link hidup tidak akan tampil disini, berkomentar yang baik itu salah satu cara mendapatkan backlink yang baik.
EmoticonEmoticon