09/05/17

Efek Negatif Smartphone Android Bagi Anak - Gunakan Android FamilyTime Untuk Meminamalisir Bahaya

Efek Negaatif Smartphone Android Bagi Anak - Semakin pesatnya perkembangan teknologi serta harga yang lebih murah, membuat semakin mudah bagi anak-anak yang masih berusia belasan tahun untuk memiliki perangkat android. Banyak orang tua yang menganggap bahwa tidak memperbolehkan anak untuk memegang ponsel android bisa mencegah efek negatif smartphone android terutama dari media digital.

Pada kenyataannya, seorang anak juga perlu memiliki perangkat mobile saat ini, banyak pertimbangan baik dari segi keamanan serta kebutuhan untuk tetap bisa berhubungan dengan orang tua. Agar anak-anak tidak terlibat dan juga tidak terpengaruh aktifitas berbahaya secara online, orang tua sangat perlu untuk mendidik dan juga memantau anak-anaknya mengenai perilaku digital yang aman serta tidak menyimpang.

Sisi Negatif Perangkat Anroid Bagi Anak-anak

Ada beberapa sisi negatif yang bisa menyebabkan perilaku menyimpang bagi anak yang terlalu sering bermain andoid. Berikut ini beberapa faktor yang bisa berdampak buruk pada anak. Dengan mengidentifikasi resiko ini, sebagai orang tua dapat membantu anak-anak agar tertap aman.

Andoid-Dan-Anak

1. Efek Negatif Dunia Maya

Bully, di dunia maya adalah hal yang paling umum saat ini di kalangan anak-anak. Bila Anda mengijinkan anak-anak untuk membawa ponselnya ke sekolah, terlebih dahulu pastikan Anda telah mengajarkan etika menggunakan posel pintar yang sesuai dengan anak Anda. Sebagian dari anak-anak akan mengambil gambar temannya maupun gurunya tanpa sepengetahuan mereka dan kemudian mengungah foto ke media sosial, kemudian menambahkan kata-kata yang tidak pantas unutk mereka. Bully sangat mengganggu perkembangan kepribadian positif, baik itu si pengganggu maupun korbannya.

2. Perbuatan Tidak Senonoh

Jika Anda membiarkan anak Anda memiliki perangkat seluler android, pastikan Anda menjaga anak Anda agar tetap aman dari kegiatan yang tidak senonoh. S*x telah menjadi perhatian serius bagi pengasuhan anak, karena saat ini banyak terjadi remaja yang terjebak dalam pergaulan bebas.

3. Kecanduan Game Apps

Sebagian besar aplikasi game banyak yang mem-promosikan konten kekerasan maupun s*ks*al, hal ini sangat merusak perkembangan otak anak. Untuk itu pastikan Anda pantau agar anak hanya memainkan permainan yang sesuai dengan umur di perangkat android-nya. Kan lebih bijak lagi jika permainan yang ada adalah permainan edukasi yang bisa membantu perkembangan otak anak untuk lebih kreatif.

4. Penggunaan Media Sosial Yang Berlebihan

Penggunaan situs jejaring sosial yang berlebihan dapat membuat anak Anda dapat membuat anak terpengaruh orang asing yang belum mereka kenal. Hal ini jika dibiarkan terus-menerus bisa menjadi predator online terutama bagi orang yang berfikiran kriminal. Ajarkan anak Anda untuk mengganti kata sandinya untuk menghindari hacker.

Baca juga : Tips Etika Berkomunikasi Di Media Sosial

Gunakan Aplikasi FamilyTime Android Untuk Dijadikan Kontrol

Saat ini, telah tersedia sebuah tool khusus yaitu Aplikasi kontrol orang tua untuk android. Aplikasi ini sangat disarankan untuk memastikan para orang tua mengetahui android yang digunakan anak tetap aman. Aplikasi kontrol orang tua FamilyTime adalah aplikasi yang dapat membantu orang tua memantau penggunaan digital pada anak-anak.

FamilyTime

FamilyTime Android

Berikut ini adalah fitur yang disediakan oleh aplikasi FamilyTime :

1. Melihat Kontak, Aktifitas Panggilan Dan Riwayat SMS.

Dengan menggunakan aplikasi kontrol orang tua FamilyTime untuk android, orang tua dapat melihat daftar kontak anak-anak mereka, melihat riwayat panggilan serta riwayat sms lengkap dengan waktu dan juga tanggal pengiriman melalui perakat orang tua sendiri. Bukan hanya itu saja dengan aplikasi FamilyTime ini, Anda juga dapat kontak yang mencurigakan di ponsel android anak Anda. atau Anda bisa memasukkan kontak ke daftar blacklist. Anda akan menerima peringatan instan setiap kali kontak dilakukan oleh salah satu pihak baik melalui sms maupun telephon.

2. Mengawasi Aplikasi Yang Terinstal

Aplikasi yang berbahaya dapat menyebabkan mental anak anda kurang baik. Dengan menggunakan FamilyTime, Anda dapat melihat daftar aplikasi yang terinstal di perangkat seluler anak Anda. Anda bisa melihat jenis-jenis aplikasi yang terinstal secara lengkap seperti versi aplikasi yang digunakan oleh Anak, tanggal pemasangan aplikasi, kategori aplikasi dll.

Dengan aplikasi FamilyTime ini, bahkan orang tua dapat melihat frekuensi penggunaan aplikasi, FamilyTime memungkinkan orang tua untuk memblokir aplikasi yang patut dipertanyakan keamanannya dan efek negatif bagi perkembangan anak.

3. Memantau Riwayat Browsing

FamilyTime memungkinkan orang tua untuk melihat riwayat penjelajahan anak-anak baik itu situs yang dikunjungi serta waktu kunjungan. Hal ini memungkinkan para orang tua bisa mengecek bookmark dan juga situs faforit yang sering di kunjungi anak-anak.

4. Membatasi Waktu Layar

Dengan Aplikasi FamilyTime, orang tua dapat membatasi waktu layar dengan menjadwalkan kunci otomatis pada telephon android anak. Dengan FamilyTime, Anda bahkan dapat mengunci telephon anak Anda kapan saja.

Masih banyak lagi yang bisa dilakukan oleh orang tua dengan aplikasi FamilyTime ini. Jadi sangat disarankan bagi orang tua untuk menggunakan aplikasi ini. Anda bisa menggunakannya secara gratis. Silahkan download langsung di palystore.

2 komentar

komplit kang, dalam tulisan ini saya menemukan solusi bagi anak yang kecanduan smartphone

Iya kang Oim, mudah-mudahan bermanfaat, untuk melindungi anak-anak kita dari bahaya android yang bisa merusak fikiran dan perkembangan anak.

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda. Maaf link hidup tidak akan tampil disini, berkomentar yang baik itu salah satu cara mendapatkan backlink yang baik.
EmoticonEmoticon