15.5.17

Resep Dan Cara Membuat Bakpao Talas

Tags

Resep Dan Cara Membuat Bakpao Talas. Sebenarnya bakpao merupakan makanan tradisional Tionghoa. Bakpao berasal dari bahasa Hokkian yang yang berarti secara harfiah adalah baozi yang berisi daging. Baozi sendiri dapat diisi dengan bahan lainnya seperti daging ayam, sayur-sayuran, serikaya manis, selai kacang kedelai, kacang azuki, kacang hijau,dan sebagainya, sesuai selera.

Bakpao yang berisi daging ayam dinamakan kehpao. Kulit bakpao dibuat dari adonan tepung terigu yang setelah diberikan isian, lalu dikukus sampai mengembang dan matang. Pao itu berati “bungkusan”, Bakpao berarti “Bungkusan-bak” , bak itu artinya daging. Untuk membedakan bakpao tanpa daging (vegetarian) dari bakpao berdaging biasanya di atas bakpao diberi titikan warna.

Di Indonesia sendiri bakpao telah berkembang dengan berbagai varian bahan yang digunakan bukan hanya menggunakan tepung saja, melainkan bisa menggunakan bahan lain, misalnya dengan menggunakan bahan umbi talas atau yang lainnya. Berikut ini Chefsiana akan membagikan resep bakpao dari talas.

Resep-Dan-Cara-Membuat-Bakpao-Talas

Resep Dan Cara Membuat Bakpao Talas
  1. Isi: masak talas, garam, gula pasir, dan daun pandan sambil diaduk. Tuang santan sedikit-sedikit sambil diaduk sampai rata. Masukkan esens talas dan pewarna merah muda. Aduk rata. Tambahkan tepung terigu. Masak sambil diaduk sampai kental. Sisihkan. Dinginkan.
  2. Kulit: buat dengan cara yang sama.
  3. Giling adonan memanjang. Oles tumpuk dengan bahan isi yang sudah digiling di 2/3 bagian adonan. Lipat dari bagian yang tidak diisi ke arah tengah dan bagian yang lain ke arah tengah. Giling melebar setebal 1 cm.
  4. Potong-potong adonan selebar 1 1/2 cm. Pilin adonan dan bentuk melingkar. Alas kertas minyak. Diamkan 30 menit.
  5. Kukus 7 menit dengan api sedang sampai matang.
  6. Untuk 24 buah
Bahan-bahan dan bumbu-bumbu dalam resep kue Bakpao Talas diatas adalah sebagai berikut :

Bahan Kulit:
  • 1 resep bahan kulit
Bahan Isi:
  • 50 gram talas kukus, dihaluskan
  • 1/8 sendok teh garam
  • 35 gram gula pasir
  • 1 lembar daun pandan
  • 50 ml santan dari 1/4 butir kelapa
  • 1/8 sendok teh esens talas
  • 1 tetes pewarna merah muda
  • 25 gram tepung terigu protein sedang
  • Bakpau isi talas?! Wah, ternyata enak juga, lho. Yuk buat menu yang satu ini sebagai antaran spesial di perayaan Imlek kita.
Selamat mencoba, bakpao talasnya, semoga bermanfaat

    1 komentar so far

    wah ide kreatif nih bun, bahan bakpaonya pke talas. warna ungunya jd buat nagih ngunyah teruss :D

    Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda. Maaf link hidup tidak akan tampil disini, berkomentar yang baik itu salah satu cara mendapatkan backlink yang baik.
    EmoticonEmoticon