27.8.17

Cara Menghadapi Persaingan Blog Yang Semakin Ketat

Tags

Perkembangan dunia blogging, semakin hari semakin meningkat saja. Ratusan blog baru bermunculan setiap harinya, entah itu blogger pemula maupun blogger yang telah lama menggeluti dunia blogging da kemudian beternak blog. Dengan semakin banyaknya blog yang ada, tentu saja persaingan di dunia blogging semakin ketat.

Dengan persaingan yang semakin ketat, tentu sebagai seorang blogger harus menghadapinya dengan positif. Jika blogger tidak bisa menghadapi persaingan, tentu saja blog-blog lama akan tenggelam dengan adanya blog-blog baru. Lalu bagaimana Cara Menghadapi Persaingan Blog Yang Semakin Ketat ini?

Berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan agar blog tetap mampu bersaing :

Cara-Menghadapi-Persaingan-Blog-Yang-Semakin-Ketat

1. Konsisten

Konsisten adalah salah satu hal yang paling sulit dilakukan, konsisten disini adalah tetap mampu untuk update artikel secara rutin. Pada umumnya blogger lama akan mengalami titik dimana jenuh dan jarang lagi untuk membuat artikel. Ini adalah salah satu faktor yang bisa menyebabkan blog lama akan kalah bersaing dengan blog-blog baru.

Rutin update artikel disini tidak harus selalu update setiap hari. Blog yang sudah mempunyai umur bisa update satu artikel dalam satu minggu, itu sudah sangat bagus sekali. Mesin pencari akan senang jika sebuah situs rutin update, itu artinya blog ter urus dengan baik. Blog yang tidak pernah update lama kelamaan akan tersingkir dengan blog baru yang selalu update secara rutin.

Namun disinilah terkadang letak permasalahan klasik yang sering terjadi pada banyak blogger, yaitu untuk selalu konsisten menggurus blog. Semua kembali kepada diri blogger masing-masih, jika ingin blog tetap mampu untuk bersaing, mau tidak mau, update artikel tetap harus dilakukan walaupun intensitasnya tidak bisa setiap hari.

2. Memahami Algoritma Mesin Pencari

Algoritma mesin pencari setiap waktu selalu berubah, untuk itu sebagai blogger tentu harus selalu mengikuti perkembangan algoritma mesin pencari, terutama google. Teknik blogging beberapa tahun sebelumnya belum tentu bisa diterapkan dengan perkembangan saat sekarang, apalagi tentang teknik SEO yang selalu berubah.

Memahami teknik SEO terbaru sangatlah penting agar blog yang kita kelola tetap mampu untuk bersaing dengan blog baru yang bermunculan yang telah menerapkan teknik SEO terbaru. Oleh sebab itu, menjadi blogger tidak akan pernah berhenti dengan namanya belajar dan terus belajar, terutama hal-hal baru yang berkaitan dengan teknik SEO dan algoritma mesin pencari.

3. Mengikuti Perkembangan Tehnologi

Perkembangan dunia tehnologi, semakin hari semakin berkembang, jaman dulu orang hanya bisa mengakses internet dengan menggunakan komputer. Saat ini jaman sudah berubah, sekarang adalah eranya smartphone, orang bisa dimanapun dan kapanpun terhubung dengan dunia internet dengan adanya smartphone.

Menghadapi perkembangan yang ada, tentu agar blog bisa tetap bersaing blog juga harus mobile friendly, agar tetap enak bila diakses dengan smartphone. Jika ini tidak diperhatikan, tentu blog akan kehilangan traffic yang datang dari perangkat smartphone. Hal yang paling utama di era smartphone ini, blog harus tetap enak bila dibuka dengan smartphone baik tampilan maupun kecepatan saat dibuka pengguna.

4. Artikel Berkualitas

Agar blog mampu bersaing, sajikanlah artikel yang berkualitas. Lalu sebenarnya bagaimanakah artikel yang berkualitas itu? Simpel saja, artikel yang berkualitas adalah artikel yang benar-benar user friendly, yaitu artikel yang memang disajikan untuk menjawab apa yang orang butuhkan, kebanyakn orang mencari informasi di internet adalah mecari solusi dan juga mencari berita yang benar-benar dibutuhkan.

Untuk itu, jika blog menyajikan tips maupun terik, alangkah lebih baik jika apa yang kita sajikan benar-benar bisa diterapkan. Apabila sebuah web/blog menyajikan berita maupun informasi, sebaiknya sajikanlah berita dan informasi yang benar dan bukan sekedar hoax.

5. Evaluasi Peringkat Artikel Di Mesin Pencari

Mengevaluasi peringkat artikel yang ada di di mesin pencari adalah salah satu cara yang bisa dilakukan agar blog bisa tetap bersaing dengan blog-blog baru. Sempatkan untuk selalu memantau perkembangan artikel blog yang ada diperikat pertama google. Dengan banyaknya blog baru, belum tentu artikel yang tadinya berada di halaman pertama akan tetap mampu bertahan.

Jika ternyata artikel kita yang tadinya berada di peringkat pertama google tiba-tiba turun, itu artinya ada artikel dari blog lain yang mampu menyainggi artikel kita. Untuk mengatasi persaingan ini, tentu yang harus kita lakukan adalah memperbaharui artikel kita agar mampu bersaing lagi halaman pertama kembali.

6. Update Artikel Lama Yang Sudah Tidak Relefan

Cara selanjutnya agar blog tetap mampu untuk bersaing adalah dengan meninjau artikel lama kita, apakah artikel yang telah kita buat sebelunya masih relefan dengan kondisi saat ini atau tidak, terutama pada jenis-jenis artikel tutorial. Jika ternyata ada artikel yang sudah tidak relefan lagi, silahkan update kembali dengan perkembangan terkini.

Cara keenam ini ada kaitnya dengan cara pertama, jika memang kita tidak bisa untuk update artikel baru, alangkah lebih baik jika kita update artikel lama kita agar tetap mampu bersaing dan juga tetap relefan dengan perkembangan yang ada pada masanya.

Kiranya enam itu saja yang bisa kami ulas agar blog tetap mampu bersaing dengan blog-blog baru yang semakin hari-semakin menjamur. Pada kesimpulannya, Konsisten, Mau untuk terus belajar, dan mengikuti perkembangan tehnologi adalah kunci utama agar blog mampu bertahan dan tetap bisa bersaing dan tidak lekang oleh waktu.

4 komentar

ya mas, karena sekarang sebagian orang sudah melirik ke blog untuk menghasilkan uang.
tpi saya sih nggak khawatir mas. karena kalau oknum yang hanya ikut ikutan. tidak akan bertahan lama di blogger

Kalau pemula seperti saya hanya bisa update artikel terus"an. Gak paham perubahan algoritma google gan. Mungkin ada caranya untuk mengetahui algoritma google itu gimana?

Tiap beberapa tahun sekali kan ada perubahan di google mas, tinggal kita mengikuti kaidah seo yang berlaku pada saat ini, teknik seo lama blm tentu akan bisa diterapkan dengan teknik-tenik baru. Pada intinya belajar-dan terus belajar mas, saya jg gitu. Maksih kunjungannya.

Betul banget mas, blog yg orientasi awal hanya duit, ketika udah terbentur dengan traffic minim, pasti akan ditinggalkan.

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda. Maaf link hidup tidak akan tampil disini, berkomentar yang baik itu salah satu cara mendapatkan backlink yang baik.
EmoticonEmoticon