24.9.17

Cara Klaim BPJS Ketenagakerjaan Secara Online

Tags

Cara klaim BPJS ketenagakerjaan secara online merupakan metode yang tepat dan praktis bila dibandingkan dengan cara klaim secara manual di kantor BPJS secara langsung. Kenapa klaim BPJS ketenagakerjaan secara online bisa dibilang praktis?, Sebab dengan mengirimkan data-data secara online pengajuan klaim tidak harus ribet mengurus data-datanya secara langsung ke kantor BPJS dan harus mengantri.

Meskipun pada saatnya pemilik BPJS ketenagakerjaan juga harus datang ke kantor BPJS yang telah dipilih setelah mengirimkan berkas klaim secara online, namun setidaknya nanti pemilik BPJS ketenagakerjaan tinggal menandatangani berkas saja dan juga pengambilan foto, setelah itu klaim langsung akan diproses karena berkas sudah dikirim melalui online.

Sebelum kita masuk ke pembahasan Cara Klaim BPJS Ketenagakerjaan Secara Online, tidak ada salahnya  kita flasbback sedikit tentang apa itu BPJS Ketenagakerjaan?

BPJS Ketenagakerjaan Adalah merupakan program publik yang memberikan jaminan kepada tenaga kerja untuk mengatasi resiko terjadinya resiko sosial maupun resiko kecelakaan dalam masa kerja. Dan mekanisme nya adalah dengan menggunakan Asuransi Sosial dimana jaminan sosial tersebut dapat dipakai bila terjadi resiko sosial maupun ekonomi.

Apabila dalam masa kerja BPJS ketenagakerjaan belum pernah dipakai sampai dengan Anda berhenti bekerja, baik itu berhenti karena masa kerja telah habis maupun pemutusan hubungan pekerjaan dari perusahaan Anda bekerja, BPJS ketenagakerjaan dapat Anda klaim dan dicairkan dalam bentuk uang dengan nominal yang telah ditentukan selama masa Anda bekerja.

Cara Klaim BPJS Ketenagakerjaan

Bagi yang belum pernah melakukan klaim BPJS ketenagakerjaan pasti akan terasa ribet untuk mengurus segala perlengkapan yang dibutuhkan, belum lagi jika di daerah setempat belum ada kantor BPJS ketenagakerjaan untuk mencairkan, tentu Anda akan pergi ke daerah lain untuk mencairkannya.

Beberapa kantor BPJS ketenagakerjaan bahkan ada yang membatasi jumlah klaim setiap harinya, dari pengalaman yang telah penulis alami di Magelang, tiap harinya hanya menerima 150 klaim saja, dan itupun antriannya bener-bener bikin capek.

Cara Klaim BPJS Ketenagakerjaan Secara Online

Untuk melakukan klaim BPJS Ketenagakerjaan, syarat-syarat yang harus dipersiapkan adalah sebagai berikut.

Ketentuan
  1. Sudah terdaftar e-KTP (soalnya sistemnya online sama data kependudukan)
  2. Sudah menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan
  3. Sudah tidak bekerja (Resign, Habis Kontrak atau PHK)
  4. Belum bekerja di tempat baru (Biasanya walaupun daftar baru BPJS Ketenagakerjaannya, kepesertaan yang lama tetap tidak bisa dicairkan, karena dianggap masih bekerja)
  5. Ada masa tunggu 1 bulan dari masa pemberhentian kerja.

Syarat Online
  1. Email (Email harus sama, dengan yang dipakai untuk mendaftarkan BPJS Kesehatan.
  2. Koneksi Internet Yang Bagus (Koneksi internet yang kurang bagus akan sulit untuk mengakses server BPJS).

Data Yang Harus Dipersiapkan Untuk Klaim BPJS Kesehatan Secara Online
  1. Surat Tanda Pemberhentian Kerja dari Perusahaan.
  2. Kartu BPJS.
  3. KTP
  4. Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  5. Kartu Keluarga (KK)
  6. Buku Tabungan.
Penting  :  Semua dokumen tersebut dibuat dalam betuk file, bisa Jpeg, dan juga PDF yang ukurannya tidak kurang dari 100 kb. File-file tersebut yang nantinya dikirim secara online.

Langkah-langkah Klaim BPJS Ketenagakerjaan Secara Online.

1. Silahkan Anda kunjungi alamat web https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/ Dan Anda akan disuruh masuk dengan alamat email Anda.

Cara-Klaim-BPJS-Ketenagakerjaan-Secara-Online

2. Langkah selanjutnya silahkan klik e-Klaim JHT.

Cara-Klaim-BPJS-Ketenagakerjaan-Secara-Online


3. Langkah selanjutnya silahkan pilih kategori klaim.

Cara-Klaim-BPJS-Ketenagakerjaan-Secara-Online

4. Pada menu ini ada beberapa piliah.
- Pilih Kantor Cabang untuk pencairan klaim
- No. 1, Silahkan upload bukti surat pemberhentian kerja dari perusahaan.
- No. 2, Upload file dokumen buku rekening.
- No. 3, Upload Kartu Identisas diri e-KTP.
- No. 4, Upload file Kartu Keluarga (KK)
- No. 5, Upload file kartu BPJS Ketenagakerjaan.
- Lalu klik proses.

Cara-Klaim-BPJS-Ketenagakerjaan-Secara-Online

6. Jika proses yang Anda lakukan benar, maka akan muncul pemberitahuan sepperti gambar berikut ini.

Cara-Klaim-BPJS-Ketenagakerjaan-Secara-Online

7. Silahkan cek email Anda, akan ada pemberitahuan bahwa proses klaim yang Anda minta akan diselesaikan dalam jangkka waktu 2 x 24 jam.

8. Selanjutnya silahkan Anda tunggu email yang kkedua, setelah email yang pertama, email selanjutnya biasanya akan datang satu hari kemudian berupa panggilan untuk penyyerahan dokumen ke kantor BPJS..

9. Pada saat datang ke kantor BPJS yang telah Anda pilih, silahkan dokumen hard copy seperti yang telah Anda kirim secara online. Kemudian isi formulir tambahan berupa surat pernyataan bahwa telah berhenti bekerja mulai, surat keterangan disertai dengan materai 6000, untuk itu jangan lupa untuk Anda persiapkan.

Berdasarkan dari pengalaman yang ada, antrian dalam kantor BPJS dibedakan antara yang klaim langsung dengan klaim yang secara online. Setelah proses validasi dan pengambilan foto, baru uang akan di transfer ke rekening Anda.

Demikian, Cara Klaim BPJS Ketenagakerjaan Secara Online, bila ada yang belum jelas mengenai apa yang telah disampaikan diatas, kami siap untuk membantu Anda secara sukarela, baik itu cara uploade dokumen maupun yang lainnya. Semoga bermanfaat.

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda. Maaf link hidup tidak akan tampil disini, berkomentar yang baik itu salah satu cara mendapatkan backlink yang baik.
EmoticonEmoticon