16.9.17

Cara Melindungi Informasi Pribadi Yang Ada Di Internet

Tags

Cara Melindungi Informasi Pribadi Yang Ada Di Internet - Dari kesekian layanan online, pasti semuanya mengatakan telah memiliki tingkat keamanan yang tinggi. Namun hal tersebut tidaklah selamanya benar, karena banyak akun yang bisa di jebol oleh hacker walaupun tingkat pengamanan sudah dilakukan sedemikian rupa, agar informasi pribadi tetap aman.

Berkaca dari berbagai kasus maraknya web dan juga akun pribadi yang dapat diretas oleh orang yang tidak bertanggungjawab, alangkah lebih bijak kalau pengguna media sosial melindungi akun dan informasi pribadi yang ada di dunia maya dengan keamanan yang berlapis untuk meminimalisir tindakan peretasan.

Melindungi informasi pribadi di dunia maya, bukan hanya untuk orang-orang top saja seperti artis, pejabat saya, orang awampun jika mempunyai akun di media sosial juga harus memperhatikan tingkat keamanan ini, agar data-data penting Anda yang ada di internet tetap aman dan tidak disalah gunakan oleh orang yang tidak bertanggungjawab.

Internet-Aman

Nah, berikut ini kami bagikan beberapa cara untuk melindungi informasi pribadi di internet  :

1. Gunakan Passrword Unik Dan Berbeda

Kebanyakan orang, pasti akan menghindari penggunaan passwoard yang rumit pada akun-akun media sosialnya, karena dianggap ribet dan menghindari lupa. Penggunaan password yang unik dan tidak mudah diingat, akan memiliki manfaat yang tinggi, karena para penjahat siber akan lebih sulit untuk mengakses informasi pribadi Anda.

Menggunakan passwoard yang berbeda di setiap akun media sosial yang Anda miliki, juga sangat bermanfaat melindungi serta mengurangi resiko pembobolan akun Anda dari peretasan pada semua akun yang Anda miliki. Dengan passwoard yang berbeda jika akun media sosial yang satu kena peretasan, hacker tidak bisa menggunakan passwoard yang sama untuk masuk dan meretas akun Anda yang lain.

2. Gunakan Verifikasi 2 Langkah

Verifikasi 2 langkah adalah fitur verifikasi dengan menggunakan nomor telephone, setiap pengguna media sosial membuka akun dengan perangkat baru, pasti harus menggunakan kode yang telah dikirim ke nomor telephon yang di daftarkan untuk verifikasi. Berbagai media sosial seperti Facebook, Twetter, Gmail maupun layanan media sosial lain pasti menawarkan layanan ini, cuma terkadang, pengguna internet dan media sosial kurang memperhatikan hal yang satu ini.

Dengan mengaktifkan fitur layanan verifikasi 2 langkah ini, ketika ada seseorang yang mau meretas akun Anda, pasti akan susah masuk, karena harus menggunakan kode yang di kirim ke nomor telephone Anda. Jika Anda memang tidak merasa masuk ke akun Anda dengan perangkat yang belum pernah Anda gunakan namun ada kode sms masuk, itu artinya, ada orang lain yang mecoba meretas akun Anda.

Artikel Terkait  :



3. Pastikan Jaringan Internet Rumah Aman

Jika Anda menggunkan jaringan internet rumah, silahkan buat passwoard pada router wireless yang Anda gunakan. Memang kebanyakan wireless router telah memiliki passwoard default (bawaan), namun sebaiknya ganti passwoard bawaan tersebut dengan passwoard yang Anda buat sendiri. Passwoard bawaan, jika tidak diganti akan mudah di prediksi sehingga mudah untuk diretas oleh hacker.

4. Berhati-hatilah Saat Download Software

Bagi Anda yang suka download software di internet, kami sarankan Anda untuk selalu berhati-hati, pastikan website penyedia software, adalah situs yang benar-benar terpercaya, karena banyak software yang berbahaya bagi perangkat yang Anda gunakan, jika Anda sembarangan dalam download software, apalagi yang didapat dari situs-situs kurang terpercaya..

Adapun cara untuk mengantisipasi software yang berbahaya, ketika akan diinstal di perangkat yang Anda gunakan, caranya adalah dengan Uncheck, atau Anda bisa menerapkan pilihan fitur tambahan yang pada umumnya terdapat pada fitur bawaan ketika software akan dipasang. Cara ini setidaknya bisa menggurangi resiko jika pada kenyataanya software yang Anda download adalah software berbahaya.

5. Selalu Waspada Dengan Email Yang Mencurigakan

Email, adalah akun yang sangat penting, dengan email, Anda bisa berkirim sesuatu dokumen maupun pesan secara cepat. Jika Anda salah satu orang yang sering menggunakan email, Anda harus berhati-hati dengan kiriman email dari orang lain yang belum Anda kenal. Para pencuru informasi online pada umumnya akan melampirkan file pada suatu pesan, ketika file itu Anda unduh, maka file tersebut akan melakukan enskripsi pada perangkat yang Anda gunkan.

Dalam kiriman email, ada beberapa format file yang perlu di waspadai, yaitu file exe, dan bat, fail lain seperti PDF bisa juga merupakan file yang berbahaya. Jika Anda menerima file yang mencurigakan terutama dari orang yang belum Anda kenal, caranya adalh dengan langsung menghapusnya atau dengan cara menandainya sebagai spam.

Di era yang semakin modern dan serba mobile ini, internet memang sudah menjadi kebutuhan bagi setiap orang. Namun, mari jadilah pengguna internet yang pintar dan juga bijak, gunakan internat maupun media sosial untuk hal-hal yang bermanfaat. Dan yang terpenting janganlah lupa, selalu jaga dan lindungi Informasi Pribadi Yang Ada Di Internet serta media sosial agar aman dari tangan-tangan orang yang tidak bertanggungjawab. Semoga bermanfaat.

1 komentar so far

alhamdulilah, penjagaan di account ku. berganda, biar aman. karena verifikasi ke hape langsung. itu caraku om. kalau om gimana ?:)

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda. Maaf link hidup tidak akan tampil disini, berkomentar yang baik itu salah satu cara mendapatkan backlink yang baik.
EmoticonEmoticon