29.9.17

Cara Menghapus Artikel Blog Agar Tidak Error Di Webmaster

Tags

Cara Menghapus Artikel Blog Agar Tidak Error Di Webmaster - Bagi para blogger, apalagi blogger yang telah lama berkecimpung di dunia blog tentu tak asing lagi dengan webmaster tool. Webmaster tool adalah alat mengontrol kinerja situs. Dengan webmaster tool, kita bisa tau kesehatan situs blog yang kita kelola. Banyak fungsi yang bisa kita gunakan di webmaster, salah satunya adalah kita bisa melihat dan mengetahui link error.

Link error blog, bisa disebabkan karena link yang mati, link mati bisa diakibatkan karna komentar atau tautan link yang menuju halaman lain yang telah mati. Selain apa yang telah saya sebutkan, link mati juga karena akibat menghapus artikel yang tidak benar. Banyaknya link mati di blog, bisa mengakibatkan buruknya kesehatan situs, oleh karena itu, cek link mati secara berkala sangat disarankan. Untuk cara cek link error, silahkan baca artikel saya yang sebelumnya yaitu Cara Cek Link Error Blog Dan Solusi Mengatasinya.

Cara Hapus Artikel Blog Agar Tidak Error

Ada kalanya, artikel blog yang telah kita publish, terpakasa harus kita hapus karena berbagai alasan. Menghapus artikel blog tidak bisa secara sembarangan, apalagi kalau artikel kita telah terindeks oleh mesin pencari. Jika tidak benar dalam menghapusnya maka akan terjadi error di webmaster, walaupun artikel telah kita hapus dari blog, namun di hasil pencarian link artikel kita masih akan tetap muncul, namun jika di klik link tersebut akan menuju halaman page not found.

Agar tidak terjadi error page not found, satu-satunya cara menghapus artikel dengan benar adalah dengan menghapusnya terlebih dahulu di webmaster sebelum kemudian kita menghapusnya di blog. Adapun cara menghapus artikel dari webmaster adalah sebagai berikut  :

Langkah Menghapus Artikel Blog Dari Webmaster

1.  Pertama, silahkan buka artikel yang ingin dihapus, lalu copy link artikel tersebut pada notepad.
2.  Langkah selanjutnya, silahkan buka Google Webmastertool.
3.  Klik pada blog Anda.
4.  Kemudian klik Google Index.
5.  Remove URLs, lalu klik Temporarily Hide, maka akan muncul tampilan seperti gambar dibawah. Silahkan pastekan link url artikel yang tadi telah Anda copy di notepad pada kolom, kemudian klik Continue.
Cara-Menghapus-Artikel-Blog-Agar-Tidak-Error-Di-Webmaster

6.  Setelah klik Continue, Anda akan dibawa menuju tampilan seperti gambar berikut, silahkan klik Submit Request.

Cara-Menghapus-Artikel-Blog-Agar-Tidak-Error-Di-Webmaster

  7.  Sampai dengan langkah ini permohonan penghapusan artikel Anda masih dalam proses, dan akan ada laporan pending.

Cara-Menghapus-Artikel-Blog-Agar-Tidak-Error-Di-Webmaster

8.  Setelah Anda menghapus artikel Anda di webmaster, barulah kemudian hapus arikel melalui blog Anda secara permanen.

Dengan menghapus artikel di webmaster terlebih dahulu, itu artinya kita telah menghapus artikel kita yang berada di search engin, url artikel tidak akan muncul lagi di hasil pencarian. Dan dengan cara ini tidak akan mengakibatkan terjadi error di webmastertool.

Cara Menghapus Artikel Blog Agar Tidak Error Di Webmaster ini, adalah salah satu trik agar blog kita tetap seo friendly dan untuk mencegah terjadinya banyak link error di blog. Demikian semoga ada manfaatnya. Salam.

3 komentar

memang aturannya seperti itu, kadang hanya hapus di blogger saja

Wah ini berita bagus. Kek mas Idris bilang, biasanya saya hapus di blog aja terus setting redirect artikel ke homepage.
Rupanya masih harus diperbaiki di search console. Tengkiu mas, adalah banyak pe er nih saya

Silahkan di oprek-oprek mas, biar ndak banyak link errornya

Makasih telah berkunjung.

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda. Maaf link hidup tidak akan tampil disini, berkomentar yang baik itu salah satu cara mendapatkan backlink yang baik.
EmoticonEmoticon