9.9.17

Cara Optimasi SEO On Page Pada Blog

Tags

Cara Optimasi SEO On Page Pada Blog, adalah salah satu cara yang bisa mendongkrak posisi artikel di mesin pencari. Sebuah artikel tanpa optimasi SEO, akan lemah dalam segi persaingan dengan artikel-artikel lain yang sejenis, walaupun kadang ada juga artikel yang tanpa optimasi SEO juga mampu berada di halaman pertama mesin pencari Google.

Teknik SEO itu bermacam-macam dan salah satunya adalah Optimasi SEO On Page Pada Blog. SEO On Page pada artikel, adalah dimana kita menempatkan beberapa kata kunci (Keywoard) yang tepat pada artikel yang kita buat, agar kata kunci bisa tertarget dan mudah ditemukan di hasil pencarian.

Optimasi-SEO-On-Page

Pada kesempatan ini, saya akan sedikit berbagi, bagaimana mengoptimalkan SEO On Page didalam sebuah artikel. Bukan maksud untuk menggurui, disini saya hanya berbagi pengetahuan tentang SEO yang saya bisa dan ketahui dan Saya Lakukan pada tulisan-tulisan yang saya buat di blog ini. Walupun tidak semua artikel saya ada di pageone, namun dengan apa yang saya praktekkan kebanyakan artikel yang saya buat bisa bersaing di mesin pencari.

Cara Optimasi SEO On Page Pada Artikel

1. Tentukan Keyword Bidikan Anda

Hal pertama yang paling penting didalam membuat artikel adalah keywoard yang akan dijadikan target, untuk itu tentukan keywoard bidikan Anda terlebih dahulu. Anda juga bisa cek seberapa besar persaingan pada keywoard yang akan Anda pakai. Keywoard dengan nilai persaingan tinggi, tentu akan semakin sulit. Disinilah peran kemampuan mengolah kata di uji agar artikel bisa bersaing dengan yang lainnya.

2. Tempatkan Keywoard Pada URL Post (judul post/artikel)

Setelah menentukan keywoard bidikan, tempatkan keywoard pada judul artikel yang nantinya akan menjadi URL Post. Menempatkan dan membuat judul yang tepat akan semakin membuat artikel lebih SEO dan mudah ditemukan ketika orang mengetikkan keywoard di hasil pencarian.

Artikel terkait :


3. Isikan keywoard pada 100 kata pertama

Untuk menunjang keywoard yang telah ada di Judul Artikel agar lebih kuat, tempatkan juga keywoard pada 100 kata pertama dalam artikel Anda. Carilah kata yang tepat untuk ditempatkan dalam paragraf pertama artikel yang Anda buat. Namun, yang harus diperhatikan disini adalah, jangan terlalu banyak keywoard karena malah akan memperburuk artikel dalam hal SEO.

4. Tempatkan Keywoard Bidikan Pada Subtittle, bisa di (h1/h2/h3).

Sub-sub judul juga sangat menunjang SEO On Page didalam sebuah artikel, untuk itu tempatkan juga keywoard pada su-sub judul pada h1,h2,h3, silahkan pilih salah satu menurut susunan template yang Anda gunakan.

5. Gunakan Underline (garis bawah), Bold (huruf tebal) dan Italic (garis miring), pada beberapa keywoard.

Underline, bolt, italic, juga diperlukan pada beberapa keyworad, silahkan pakai cara ini dengan bijak pada beberapa keywoard artikel Anda. Dengan memberikan Underline, Bolt, Italic pada keywoard, kita akan memberitahukan pada robot mesin pencari kalau kata-kata tersebut adalah penting. Seperti halnya pada point 3, pakailah cara ini secara bijak, jangan sampai terlalu banyak, karena malah akan membuat artikel kurang enak untuk dibaca.

6. Tempatkan Keywoard Pada Akhir Artikel

Cara SEO On Page selanjutnya adalah dengan menempatkan kata kunci di akhir artikel, cara ini juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan sebuah artikel untuk bersaing dengan artikel-artikel blog lain.

7. Isikan Keywoard Pada Image : Alt Text

Cara ini, terkadang banyak yang terlewatkan. Menempatkan keywoard pada gambar, selain akan menambah kemampuan SEO juga akan memudahkan gambar muncul di hasil pencarian. Banyak yang tidak menyadari kalau sebenarnya banyak juga yang menggunakan penelusuran dengan hasil pencarian gambar. Untuk itu, silahkan tempatkan keywoard pada Alt Text didalam gambar postingan artikel Anda.

8. Isi Keywoard Pada Deskripsi Blog

Deskripsi artikel adalah potongan kata yang akan muncul dibawah judul artikel yang bisa dilihat oleh orang. Deskripsi ini sangat penting, terkadang orang akan tertarik membuka artikel kita karena deskripsi yang muncul sangat menarik dan mengundang minat pembaca. Silahkan buat deskripsi yang menarik dengan menempatkan keywoard bidikan yang kita target.

9. Gunakan Internal Link Yang Berkaitan 

Internal link, adalah link yang menuju artikel lain yang ada di blog kita. Agar artkel semakin SEO gunakanlah internal link yang menuju artikel lain yang masih ada kaitannya dengan artikel sebelumnya (namun yang mengandung kata kunci). Jumlah penempatan internal link yang bagus pada sebuah artikel adalah diantara 2-3 internal link.

10. Artikel Original

Dari kesembilan point yang telah disebutkan diatas, akanlah sia-sia jika artikel yang kita buat tidak original. Teknik SEO yang paling kuat adalah dengan membuat artikel itu unik dan juga original yang memang dihasilkan dari pemikiran kita tanpa copy paste artikel milik orang lain. Apabila memang terpaksa kita harus mengambil dari orang lain, cukuplah ide saya namun buatlah artikel dengan gaya dan penulisan kita sendiri agar artikel tetap unik di mata mesin pencari.

Itulah 10 Cara Optimasi SEO On Page Pada Blog yang biasa digunakan, teknik SEO itu bermacam-macam dan teknik SEO On Page ini hanyalah sebagian kecil dari cara optimasi SEO yang ada didalam mengelola blog dan membuat artikel, demikian, semoga dapat difahami dan mudah-mudahan ada manfaatnya. Salam Blogger.

1 komentar so far

SEO nya sangat lengkap gan. Ternyata selama ini yang saya terapkan masih kurang. Selama ini saya tidak memanfaatkan deskripsi blog, sebab bingung juga dihasil penelusuran kayak gimana. Thanks ilmu tambahannya..

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda. Maaf link hidup tidak akan tampil disini, berkomentar yang baik itu salah satu cara mendapatkan backlink yang baik.
EmoticonEmoticon