5 Penyebab Bau Badan Dan Solusinya

Banyak orang yang tak menyadari kalau dirinya mempunyai masalah bau badan, Dan jarang orang mau menyampaikan soal "aib" yang satu ini pada yang bersangkutan. Oleh karena itu kita harus pandai-pandai mengontrol bau badan kita sendiri. Misalnya sebelum mandi, ciumlah bau pakaian yang baru Anda kenakan. Lalu bayangkanlah diri Anda sebagai orang lain yang baru berdekatan dengan anda, Cukup mengganggukah bau badan Anda?.

Bau Badan alias BB termasuk musuh nomor satu penampilan, Stres, penyakit, keringat dan bakteri, makanan dan wewangian bisa jadi pemicu timbulnya bau badan. Bila Anda merasa tidak yakin akan bau badan Anda cobalah Anda tanyakan pada orang terdekat Anda, misalnya adik maupun kakak atau Ibu Anda tentang aroma diri Anda.

5 Penyebab Bau Badan Dan Solusinya

Bagi Anda yang kebetulan memiliki masalah bau badan, jangan keburu berputus asa. Introspeksi dan perbaiki gaya hidup Anda. Ada beberapa penyebab yang membuat aroma badan menjadi tidak sedap. Untuk itu kenali penyebab bau badan Anda dan cobalah terapkan solusinya.

Berikut ini 5 penyebab bau badan dan solusinya

1. STRES
Gejolak emosi yang berlebihan, gugup, gelisah bisa memicu peningkatan produksi keringat. Yang lebih buruk lagi, jiwa yang tertekan dan depresi menimbulkan rasa malas untuk memperhatikan kebersihan dan kesegaran tubuh.

SOLUSI
Minumlah 2 gelas air putih setiap bangun tidur di pagi hari, setelah itu lakukan olah raga ringan selama 30 menit, misalnya, jogging, aerobik, senam, atu jalan santai. Bisa juga melakukan renang 3 kali dalam seminggu. Olah raga akan membuat tubuh menjadi segar, sehingga pikiran lebih tenang. Sediakan waktu untuk bersantai, minum jus, membaca dan mendengarkan musik

2. KERINGAT DAN BAKTERI
Stres dapat menyebabkan produksi keringat yang berlebihan, akibatnya banyak bagian tubuh yang berpotensi mengeluarkan bau tak sedap, misalnya, rambut, mulut, gigi, ketiak, punggung, tengkuk, telingga, belakang telingga, lipat paha, telapak kaki, sela-sela jemari tangan dan kaki dan lainnya.

SOLUSI
Usahakan minimal mandi dan gosok gigi 2 kali per hari dan keramas 3 kali per minggu. Setiap kali mandi, ganti pakaian Anda termasuk pakaian dalam. Setiap kali mandi gunakan sabun antiseptik. Setelah mandi usapkan body lotion ke seluruh tubuh. Terutama kaki, tangan dan leher agar kulit terasa halus lembut dan senantiasa harum. Pemakaian body lotion juga bisa diulang pada siang hari untuk mendapatkan kesegaran baru.

Kenakan baju yang terbuat dari bahan katun atau kaus, hindari pakaian berbahan nylon dan serat sintetis lainnya. Pilih model pakaian yang sederhana agar Anda tak merasa risih dan grogi. Selain itu pastikan Anda nyaman dan tidak terlalu ketat agar kulit bisa bernafas. Selain membersihkan tubuh dan pakaian Anda, perhatikan juga kebersihan sepatu dan tas Anda. Bau dadan bisa juga bersumber dari sepatu, sandal dan tas Anda.

3. PENYAKIT
Gangguan kesehatan tertentu, seperti radang lambung, radang saluran pernafasan, diabetes, sariawan, telingga, gigi berlubang, keputihan, eksim juga bisa mengakibatkan timbulnya bau badan pada diri Anda.

SOLUSI
Bila Anda mengalami gangguan kesehatan solusi yang terbaik adalah segeralah hubungi dokter dan berobat hingga penyakit Anda sembuh total.

4. MAKANAN DAN MINUMAN
Aroma tubuh kita bisa juga dipengaruhi oleh makanan dan minuman yang kita konsumsi, apalagi makanan dan minuman yang mempunyai bau sangat menyengat.

SOLUSI
Bagi Anda yang mempunyai masalah bau badan, sebaiknya hindari minuman beralk**ol , makanan pedas, makanan berbau menyengat seperti, petai, jengkol, bawang putih, bawang bombay, terasi, bumbu kari dan durian. Perbanyak asupan air putih, jus buah, dan sayur mayur dalam menu makanan Anda.

5. MINYAK WANGI
Bagi Anda yang mempunyai masalah bau badan, Anda harus ekstra hati-hati dalam memilih parfum. Parfum tertentu dengan aroma berat dan menyengat bisa membuat bau badan semakin santer dan bisa-bisa membuat pusing orang-orang disekitar Anda.

SOLUSI
Pilihlah wewangian yang beraroma ringan dan segar, misalnya aroma bunga. Percikkan parfum ke beberapa bagian tubuh yang cukup berjauhan dengan daerah sumber bau badan agar aroma parfum tak bercampur dengan bau badan. Kalau mungkin diperlukan gunakan deodorant yang mengandung anti respirant, selain mengharumkan zat didalamnya bisa mematikan bakteri.

Demikian 5 penyebab bau badan dan solusinya, semoga bisa bermanfaat dan bisa membantu Anda yang mempunyai masalah dengan bau badan. Sekian.

Sumber  :  Kartini/Nomor  : 2056
Ada pertanyaan? Diskusikan dengan penulis atau pengguna lain
Tautan disalin ke papan klip!