Efek Ganti Domain TLD (Top Level Domain)

Mempunyai nama domain sendiri tanpa embel-embel blogspot mungkin adalah impian semua blogger, tak terkecuali saya sendiri. Setelah sekian lama berfikir dan menimbang akan baik buruknya setelah ganti domain dari blogspot menjadi domain TLD (Top Level Domaian) akhirnya saya memutuskan untuk memiliki domain sendiri.

Mengganti nama domain menjadi domain TLD di Blogspot? pastilah akan ada efek terjadi setelah mengganti domain. Seperti yang saya alami efek yang ditimbulkan untuk pertama kali ganti domain adalah:
Efek-Ganti-Domain-TLD-Top-Level-Domain

1. Angka alexa dari blog akan berubah total, yang dulunya sekitar ratusan ribu, namun setelah ganti domain, angka menjadi jutaan kembali. Begitu pula pagerank kembali ke angka awal.

2. Banyak artikel blog yang dulunya sudah teridek mesin pencari jadi menghilang dan itu pasti akan berdampak juga pada jumlah pengunjung, namun setelah beberapa hari akhirnya pengunjug blog sedikit demi sedikit kembali seperti semula.

3. Yang paling signifikan pada blog saya adalah menghilangnya iklan adsense saya, namun itu sangatlah wajar, sebab akun adsense saya adalah akun hosted yang hanya bisa dipasang di youtube dan blogspot.com maupun wordpress.com saja. Dan itu artinya saya harus berjuang untuk upgrade dari akun hosted menjadi akun non hosted.

Walaupun banyak dampak yang terjadi akibat ganti domain, namun saya merasa senang karena bisa memiliki blog yang sudah custom domain, meski untuk membangun semuanya saya harus memulainya dari awal lagi. Demikian sedikit cerita mengenai efek ganti doomain TLD. Terima kasih atas kunjungan anda, Salam Blogger.
Ada pertanyaan? Diskusikan dengan penulis atau pengguna lain
Tautan disalin ke papan klip!