Pandan Duri Dan Manfaat Kegunaannya

Pasti Anda pernah melihat atau bahkan pernah membeli berbagai macam kerajinan anyaman, baik itu berupa, Tas, Dompet, Tempat tisu sampai dengan Sandal (lihat gambar dibawah). Namun apakah Anda tau dari bahan apakah produk-produk kerajinan itu dibuat,?. Banyak produk kerajinan anyaman yang terbuat dari daun pandan dan salah satunya adalah pandan duri. Nah bila Anda belum tau pandan duri itu apa, silahkan baca ulasannya dibawah ini.

Pandan duri,  adalah sejenis tumbuhan serupa pohon, pohon ini masih dalam anggota suku Pandanaceae. Pohon pandan duri ini biasa tumbuh di tepian pantai maupun ditepian sungai. Pada umumnya banyak varietas dari pandan ini, dan mempunyai nama yang berbeda-beda, bahkan ada yang sengaja membudidayakannya untuk tujuan-tujuan yang bermacam-macam.

Pandan Duri Dan Manfaat Kegunaannya
desanagrak.wordprees.com
Manfaat dan Kegunaan Pandan Duri
Pandan duri mempunyai manfaat dan kegunaan yang beragam, dari daun, bungga, buah maupun akarnya.

1. Daun
Varietas-varietas tertentu disukai karena daunnya yang lembut dan kuat untuk dibuat anyaman. Banyak sekali anyaman yang dapat dihasilkan dari daun pandan ini, misalnya, tikar, sandal, tas, tempat tisu, dompet dan masih banyak lagi yang lainnya.

Pandan Duri Dan Manfaat Kegunaannya
Daun Pandan Duri (Gambar Pribadi)
2. Bunga
Bunga jantannya (Jw., pudak) sangat disenangi karena mempunyai bau yang wangi dapat digunakan untuk mengharumkan ruangan, pakaian, atau minyak wangi.

Pandan Duri Dan Manfaat Kegunaannya
Bunga Pandan (Wikipedia)
3. Buah
Buah dari panda sangat bervariasi dalam bentuk, ukuran dan warnanya, terdiri dari banyak buah tunggal. Bentuk mulai dari bulat telur, menjorong (elipsoid), hampir bulat, dan serupa bola. Buah batu (disebut falang, phalanges) bentuk bulat telur terbalik hingga lonjong, kulit buah (eksokarp) hijau, kuning, jingga, merah bila masak; daging buah (mesokarp) putih menyerabut dan berisi udara di bagian ujung, berdaging kekuningan hingga jingga atau merah-jingga di pangkal. Dalam jenis varietas tertentu buah ini bisa dimakan namun untuk buah pandan duri tidak enak untuk dimakan

Pandan Duri Dan Manfaat Kegunaannya
Buah Pandan (Wikipedia)
4. Akar
Manfaat lain dari pandan duri adalah akarnya, karena akrnya yang bisa tumbuh banyak dan kuat bisa menahan abrasi dan erosi yang diakibatkan oleh air. Di pedesaan umumnya padan ditanam dan tumbuh di pinggir sugai, oleh sebagian orang dimanfaatkan sebagai pelindung sawah agar tidak terkena erosi air sungai jikala banjir tiba.

Pandan Duri Dan Manfaat Kegunaannya
Akar Pandan (Gambar Pribadi)
Pohom pandan menyukai wilayah dengan curah hujan antara 1,500–4,000 mm (59–157 in) pertahun, pandan duri mampu beradaptasi dengan berbagai jenis tanah yang ada di pesisir, termasuk tanah pasir kuarsa, pasir karang, gambut, kapur, dan juga basalt. Tumbuhan ini toleran terhadap kadar garam tinggi dan hembusan angin yang terus-menerus, dan menyenangi tanah dengan pH antara 6-10 (agak asam hingga basah). Ia tumbuh sangat baik di bawah cahaya matahari penuh, meskipun sanggup pula tumbuh baik dengan naungan 30-50%.

Demikian tentang pohon pandan duri dan berbagai macam manfaat kegunaannya, eh iya ada yang kelupaan, pohon ini berkembang biak dengan bijinya, biji yang sudah tua akan gugur ketanah dan dengan sendirinya akan berkecambah.

Itu saya yang bisa saya tulis mengenai pohon pandan duri ini, artikel ini berhasil saya tulis berdasarkan pohon pandan yang tumbuh di daerah saya dan juga dari referensi yang ada di berbagai sumber, Sekian semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pandan Duri Dan Manfaat Kegunaannya"

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda. Maaf link hidup tidak akan tampil disini, berkomentar yang baik itu salah satu cara mendapatkan backlink yang baik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel