4 Hal Penyebab Komputer Lambat

Pernahkah Anda merasa jengkel karena kinerja komputer Anda lelet?, Tentunya sangat menjengkelkan sekali saat hal itu terjadi, apalagi pekerjaan menumpuk dan harus segera diselesaikan.

4 Hal Penyebab Komputer Lambat

Penyebab Komputer lambat, sebenarnya ada beberapa faktor yang mempenauhinya, terkadang hal itu terjadi karena ulah kita sendiri yang tanpa kita sadari, misalnya sering instal dan menyimpan aplikasi yang terlalu berlebihan.

Berikut ini beberapa faktor kenapa kinerja komputer Anda lambat  :

1. File temp. Besar.
Bila Anda sering menggunakan komputer Anda untuk mengakses Internet, maka komputer akan menyimpan beberapa data ke dalam folder temp. Ketika folder ini sudah sangat besar, bisa jadi ini akan memperlambat kinerja komputer anda. Maka cara yang paling ampuh adalah dengan membersihkan folder tersebut dengan menggunakan software 'Ccleaner'.

2. Terlalu banyak program yang Anda simpan
Banyak pengguna komputer yang kurang memperhatikan poin ini, terlalu sering menginstall software-software yang sekiranya tidak terlalu penting bagi pekerjaan kita. Akibatnya, komputer akan menjalankan banyak sekali program pada saat komputer pertama kali dihidupkan. Jelas ini sangat membebani komputer. Cara mengatasinya adalah dengan meng uninstal aplikasi yang tidak terlalu penting di komputer Anda. Silahkan baca Cara Uninstal Aplikasi Pada Komputer

3. Spesifikasi komputer rendah
Spesifikasi komputer yang rendah atau sudah terlalu jadul, ditambah lagi dengan terlalu banyaknya Anda menyimpan sofware-sofware yang tidak penting di komputer anda juga akan membuat komputer Anda melambat. Disini terkadang sofware yang Anda simpan sudah membutuhkan spesifikasi yang lebih tinggi lagi. Agar komputer Anda bisa berjalan lancar Anda perlu mengupgradenya. Untuk mengupgradenya Usahakan komputer anda sudah menggunakan processor dual core dan ram minimal sebesar 2GB.

4. Karena virus
Virus sangat berpengaruh sekali dalam lambatnya komputer. Usahakan untuk selalu mengupdate database antivirus anda agar kmputer Anda terhindar dari serangan virus yang bisa memperlambat kinerja komputer anda.

Itulah 4 hal yang bisa memperlambat kinerja komputer Anda. Untuk mengantisipasi hal-hal diatas Anda harus selalu merawat komputer Anda dengan sering-sering scan virus, dan usahakan jangan menginstal sofware sembarangan, apalagi sofware yang tidak terlalu penting buat pekerjaan Anda.

Demikian yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat.
Ada pertanyaan? Diskusikan dengan penulis atau pengguna lain
Tautan disalin ke papan klip!