Sambal Terasi Sehat Alami

Apakah Anda suka menikmati sambal terasi,?... Jika iya ada yang perlu Anda ketahui mengenai terasi yang tikak berbahaya untuk dkonsumsi.

Sambal Terasi Sehat Alami

Sambal terasi, banyak orang yang gemar akan sambal ini. Rasa khas dan aroma ikan yang dihasilkan oleh terasi akan memberikan sensasi tersendiri bagi penikmatnya. Terasi terbuat dari udang rebon dan juga ikan petet.

Warna alami dari terasi biasanya berupa warna seperti tanah, yaitu cokelat kehitaman. Oleh karena warna alami terasi seperti itu, terkadang terasi menjadi kurang menarik bagi konsumen. Untuk mensiasati hat tersebut biasanya para produsen terasi menambahkan bahan pewarna anci yang biasa digunakan sebagai bahan pewarna kue, sehingga dihasilkan warna terasi merah yang sangat menarik.

Namun perlu diketahui, sebagai konsumen kita perlu mewaspadai terasi yang mempunyai warna merah mencolok tersebut, karena kemungkinan warna tersebut dihasilkan dari pewarna rhodamin B. Rhodamin B merupakan pewarna tekstil dan kertas yang berbahaya jika dikonsumsi dalam jangka panjang. Rhodamin B dapat memicu kanker karena tidak dapat larut dan dicerna oleh tubuh. Mengenai bahan-bahan pewarna silahkan baca Bahan Pewarna Makanan Berbahaya

Agar selalu sehat alami kita sebagai konsumen saat ini dituntut untuk lebih berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan, apalagi jenis makan olahan yang menggunakan bahan-bahan pewarna berbahaya, Demikian semoga bermanfaat. Salam sehat selalu.

Ada pertanyaan? Diskusikan dengan penulis atau pengguna lain
Tautan disalin ke papan klip!