Sebuah Imajinasi Dari Lagu Desaku

Desaku yang kucinta
Pujaan hatiku
Tempat ayah dan bunda
Dan handai taulanku

Tak mudah kulupakan
Tak mudah bercerai
Selalu kurindukan
Desaku yang permai



Lagu diatas adalah lagu ciptaan Liberty Manik atau lebih populer dengan nama L. Manik. Beliau adalah seorang pencipta lagu nasional, seorang Intelektual dan orang yang penuh talenta. selain pencipta Lagu Ia juga seorang pemain biola, penyanyi, penyiar radio RRI Yogyakarta, penulis buku dan juga jurnalis majalah.

Dulu anak-anak sekolah pasti hafal dengan lagu ini, karena lagu ini sering diajarkan pada mata pelajaran kesenian.Namun saat ini kemungkinan anak-anak tidak lagi mengenal lagu ini apalagi menghafalnya, anak-anak saat ini akan lebih hafal lagu-lagu melayu ataupun lagu dari boyband.

Lagu ini bercerita tentang suasana pedesaan yang indah dan permai. Mungkin sepenggal lagu tersebut mengingatkan kita akan keadaan sebuah desa yang masih asri, tempat kelahiran yang kita banggakan, tempat menetap ayah dan ibu kita, tempat kita merasakan keriangan semasa kecil.

Tak salah bila isi dari lagu desaku ini saat ini dan kelak akan tinggal sebuah kenangan karena suasana desa kini tak lagi permai seperti dahulu lagi. Seiring dengan lajunya jaman suasana desa mulai terkikis, entah itu budaya, moral, rasa kebersamaan sampai dengan keadaan alam pun kini mulai tercabik-cabik oleh berbagai macam kepentingan.

Keadaan Desa kini tak lagi permai. hamparan sawah mulai berkurang. Tak ada lagi padang rumput yang luas tempat bermain menggembalakan ternak. Gemericik air sungai dengan airnya yang jernih dan bening. mulai hilang. Banyak sawah berganti dengan bangunan=bangunan megah..  sehingga tak ada lagi ruang bebas bagi anak kecil bermain bola.

Namun setidaknya kelak suasana desa masih akan dirasakan walau hanya lewat Lagu Desaku itupun bila kelak anak cucu kita mau mendengarkan lagu ini. Walaupun hanya lewat lagu mudah-mudahan kelak anak cucu kita setidaknya mempunyai gambaran desa meski hanya sekedar imajinasi.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Sebuah Imajinasi Dari Lagu Desaku"

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda. Maaf link hidup tidak akan tampil disini, berkomentar yang baik itu salah satu cara mendapatkan backlink yang baik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel