10 Pulau Terbesar Di Dunia 3 Diantaranya Di Indonesia

KemejingNet.Com. 10 Pulau Terbesar Di Dunia 3 Diantaranya Di Indonesia. Seperti yang pernah saya tulis di artikel yang sebelumnya Indonesia adalah sebuah Negara kepulauan. Banyak sekali pulau-pulau yang ada di Negeri kita tercinta ini. Mengenai berapa jumlah pulau yang ada di Indonesia silahkan simak Tahukah Anda Berapa Jumlah Pulau Di Indonesia

Dari banyaknya jumlah pulau yang ada di Indonesia ternyata, ada 3 pulau pulau yang termasuk dalam jajaran 10 pulau terbesar di dunia. Sebagai warga negara kita patut bangga dengan hal ini, karena itu menandakan Bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar dan kaya akan sumber daya alamnya.

Nah, anda penasaran pulau mana saja yang ada di Indonesia yang termasuk dalam 10 pulau terbesar di dunia?, berikut ini jawabannya.

1. Pulau Papua/Irian
Papua adalah pulau pertama yang termasuk dalam 10 pulau terbesar besar di dunia. Pulau ini mempunyai luas 820.032.000 km2. Papua sangat kaya akan sumber daya alam, budaya, serta tradisinya. Salah satu sumber daya alam yang sangat populer dan masih hangat diperbincangkan adalah tambang emas freeport.

10 Pulau Terbesar Di Dunia 3 Diantaranya Di Indonesia

Selain sumber daya alam seperti emas, papua juga mempunyai pemandangan alam yang indah, terutama pantai-pantainya. Salah destinasi wisata yang sering dikunjungi oleh wisatawan asing maupun domestik adalah Raja Ampat, banyak sekali di Raja Ampat terdapat pantai-pantai yang begitu indah.

Satu lagi kekayaan yang banyak dimiliki oleh papua yaitu pemain bolanya, banyak pemain bola yang bagus-bagus lahir dari pulau ini diantaranya adalah, Boas Salosa, Titus Bonai, Patrick Wangai, Octo Maniani dan masih banyak lagi pemain yang sering menjadi langganan masuk Timnas Indonesia. Dan di Papua juga juga terdapat sebuah club sepakbola yang menjadi kebanggaan warga papua dan juga Indonesia yaitu Persipura Jayapura.

2. Pulau Kalimantan
Pulau Kalimantan adalah pulau kedua di Indonesia yang masuk dalam jajaran 10 pulau terbesar yang ada di dunia. Luas pulau kalimantan adalah 743.107.000 km2, sebenarnya pulau ini bukan hanya milik Indonesia, karena ada 3 Negara yang memilikinya yaitu, Indonesia. Malaysia, dan Brunei Darussalam.

10 Pulau Terbesar Di Dunia 3 Diantaranya Di Indonesia

Borneo adalah sebutan lain dari pulau kalimantan, pulau ini terbagi dalam 5 Provinsi yaitu, Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah, Kalimantan timur, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Selatan. Pada dulunya kalimantan adalah satu provinsi sebelum adanya pemekaran wilayah.

Pulau Kalimantan terkenal juga dengan julukan "Pulau Seribu Sungai" karena banyaknya sungai yang mengalir di pulau ini. Ada 4 buah sungai yang termasuk dalam jajaran 10 sungai terpanjang di Indonesia, sugai-sungai tersebut adalah, Sungai Kapuas, Sungai Mahakan yang tepatnya berada di Kalimantan Timur, Sungai Barito, dan sungai Seruyan.

3. Pulau Sumatera
Pulau Sumatera adalah pulau ketiga yang termasuk dalam 10 pulau terbesar di dunia. Sumatera memiliki luas 473.604.000 km2. Pulau sumatera terbagi dalam 10 Provinsi diantaranya adalah, Provinsi Nangroe Aceh Darussalam, Provinsi Sumatera Utara, Provinsi Sumatera Barat, Provinsi Riau, Provinsi Kepulauan Riau, Provinsi Jambi, Provinsi Bengkulu, Provinsi Sumatera Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Provinsi Lampung

10 Pulau Terbesar Di Dunia 3 Diantaranya Di Indonesia

Secara umum, pulau Sumatera didiami oleh bangsa Melayu, yang terbagi ke dalam beberapa suku. Suku-suku besar ialah Aceh, Batak, Melayu, Minangkabau, Besemah, Suku Rejang, Ogan, Komering, dan Lampung. Di wilayah pesisir timur Sumatera dan di beberapa kota-kota besar seperti Medan, Batam, Palembang,Pekanbaru, dan Bandar Lampung, banyak bermukim etnis Tionghoa. Penduduk pulau Sumatera hanya terkonsentrasi di wilayah Sumatera Timur dan dataran tinggi Minangkabau. Mata pencaharian penduduk Sumatera sebagian besar sebagai petani, nelayan, dan pedagang.

Andalas adalah sebutan lain dari pulau Sumatera, di pulau Sumatera dulu juga terdapat sebuah kerajaan besar yang bernama Kerajaan Sriwijaya. Hasil-hasil utama pulau Sumatera ialah kelapa sawit, tembakau, minyak bumi, timah, bauksit, batu bara dan gas alam.

Dan berikut ini adalah daftar 10 pulau terbesar yang ada di dunia.

10 PULAU TERBESAR DI DUNIA
NO
NAMA
PEMILIK
LOKASI
LUAS
1
Tanah Hijau
Denmark
Atlantik Utara
2.175.597.000 km­­­2
2
Papua/Irian
Indonesia
Pasifik Barat Daya
820.032.000 km2
3
Kalimantan
Ind/Maly/Brunei
Pasifik Barat Tengah
743.107.000 km2
4
Madagaskar
Madagaskar
Lautan Hindia
587.041.000 km2
5
Baffin
Kanada
Atlantik Utara
476.067.000 km2
6
Sumatera
Indonesia
Lautan Hindia
473.604.000 km2
7
Honshu
Jepang
Laut Jepang/Pasifik
230.315.000 km2
8
Inggris Raya
Inggris
Laut Utara
229.883.000 km2
9
Victoria
Kanada
Laut Arketik
217.290.000 km2
10
Ellesmere
Kanada
Laut Arketik
196.236.000 km2

Demikian mengenai 10 pulau terbesar yang ada di dunia dan 3 diantaranya berada di negeri kita Indonesia ini, semoga bisa memberi tambahan tentang ilmu pengetahuan bagi kita semua. Maaf bila banyak salah tulis dan banyak kekurangan. Salam.

Ada pertanyaan? Diskusikan dengan penulis atau pengguna lain
Tautan disalin ke papan klip!