Cara Mencegah Penyebaran Penyakit Pohon Pisang

Penyakit pohon pisang saat ini sudah seperti momok yang sulit untuk diobati. Hal ini tentu sangat meresahkan bagi petadi budidaya pisang. Akibat yang ditimbulkan dari penyakit pohon pisang ini tentunya produksi pisang menjadi semakin berkurang, dan hal ini pasti akan menurunkan pendapatan yang diperoleh.

Cara Mencegah Penyebaran Penyakit Pohon Pisang

Cara paling mendasar agar pohon pisang tidak terkena penyakit adalah dengan cara mencegahnya, karena lebih baik mencegah daripada mengobati. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah semakin menyebarnya penyakit pada pohon pisang. Penyakit pada pohon pisang yang lagi trend saat ini adalah layu pusarium. Mengenai layu pusarium silahkan simak Ciri-ciri Hama Penyakit Pohon Pisang Dan Cara Pencegahannya

Cara Mencegah Penyebaran Penyakit Pohon Pisang

1. Usahakan tidak ada air yang menggenang pada lahan pohon pisang. Hal ini bisa ditanggulangi dengan membuat drainase yang baik agar air yang ada bisa terbuang dengan lacar dan tidak lagi menggenang. Kenapa hal itu harus dilakukan,? Karena penyebaran penyakit layu pusarium dapat menular melalui air, oleh karena itu bila drainase tidak lancar otomatis bila ada salah satu pohon yang terkena penyakit akan menularkannya melalui air tersebut.

2. Bila ada salah satu pohon yang sudah terkena penyakit sebaiknya pohon tersebut langsung ditebang saja. Karena bila tidak ditebang pohon-pohon pisang yang lain berpeluang besar untuk tertular.

3. Segeralah buang jantung atau bunga setelah pisang mulai kelihatan, karena penularan penyakit pohon pisang dapat melalui bunga. Penularan melalui bunga bisa disebarkan oleh serangga, serangga yang mengerumuni bunga akan menularkannya melalu buganya pula.

4. Hal yang paling mendasar yang sering terjadi pada penularan penyakit pohon pisang adalah dari bibitnya. Oleh karena itu jika ingin memperbanyak tanaman pohon pisang usahakan untuk menanan bibit yang benar-benar sehat. Terutama bibit yang didapat tidak dari rumpun pisang yang sudah terkena penyakit.

Selain dari keempat hal diatas Anda juga bisa menggunakan pupuk yang mempunyai kadar kalium yang tinggi agar pohon pisang selalu sehat dan tahan terhadap penyakit. Terlepas dari itu semua kita sebagai manusia hanya wajib berikhtiar tetapi kalau soal hasil Allah SWT yang menentukan.

Demikian cara mencegah penyebaran penyakit pada pohon pisang yang bisa disampaikan, semoga apa yang tertulis disini bisa bermanfaat.

Ada pertanyaan? Diskusikan dengan penulis atau pengguna lain
Tautan disalin ke papan klip!