Fungsi Countif Dalam Microsoft Excel

Seperti kita ketahui bila exel adalah program pengoladah data yang sangat akurat, kita dapat membuat data dengan mudah dalam exel. Fungsi-fungsi dalam exel dapat dimanfaatkan untuk mempercepat pekerjaan dengan hasil yang akurat. Misalnya dalam hal penjumlahan, dan lain sebagainya. Pada artikel kali ini akan kita bahas fungsi dari Countif.

COUNTIF, adalah salah satu fungsi statistik, untuk menghitung jumlah sel yang memenuhi kriteria : misalnya, apabila Anda menjadi PPS dalam pemilu pasti Anda akan menyusun Daftar Pemilih Sementara sampai dengan Daftar Pemilih Tetap. dan dalam daftar tersebut pasti disuruh menentukan berapa jumlah pemilih laki-laki maupun jumlah pemilih perempuan yang terdaftar. Alangkah melelahkan apabila Anda harus menghitung satu persatu (Capek dech.... he..he..) disinilah Anda bisa memanfaatkan fungsi Countif tersebut untuk mempermudah pekerjaan Anda.

Ok, sekarang kita praktek sama-sama, sebagai bahan praktek lihat table berikut ini  :

Fungsi Countif Dalam Microsoft Excel


Contoh rumus  :

COUNTIF(rentang, kriteria)
Misalnya:
=COUNTIF(C2:C16,"Laki-laki")
=COUNTIF(C2:C16,C2)
Nama argumen
Deskripsi
range    (diperlukan)
Tentukan kelompok sel yang ingin Anda hitung. Rentang bisa berisi angka, array, atau referensi yang berisi angka. Nilai kosong atau teks diabaikan.

Lebih simplenya begini, bila Anda ingin menghitung jumlah laki-laki, maka pada kolom C19 ketik =Countif(C2:C16,"Laki-laki) Enter, ulangi pada kolom perempuan.

Pastikan data Anda tidak mengandung karakter yang salah. Ketika menghitung nilai teks, pastikan data di kolom pertama tidak berisi spasi awal, spasi akhir, penggunaan tanda kutip lurus dan lengkung yang tidak konsisten, atau karakter non-cetak. Dalam kasus ini, COUNTIF mungkin mengembalikan nilai yang salah atau tidak diharapkan.

Demikian artikel singkat mengenai fungsi Counif dalam microsoft exel ini, selamat mencoba, semoga bermanfaat. Silahkan simak juga Mengenal Workbook Dan Worksheet Pada Exel.

Ada pertanyaan? Diskusikan dengan penulis atau pengguna lain
Tautan disalin ke papan klip!